13 January 2023

by Glenn Kaonang

Koleksi NFT Baru Kreator Bored Ape Hanya Bisa Didapat dengan Bermain Game

Game berjudul Dookey Dash ini dapat dimainkan dari 18 Januari sampai 8 Februari, tapi ada syarat yang harus dipenuhi

Yuga Labs, pencipta koleksi NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan Mutant Ape Yacht Club (MAYC), sedang mempersiapkan sesuatu yang cukup spesial bagi para kolektor NFT kelas elit tersebut. Usai merilis video teaser menjelang akhir 2022 kemarin, Yuga Labs kini menyingkap detail dari proyek terbarunya tersebut, yakni sebuah koleksi NFT anyar yang hanya bisa didapat dengan cara bermain game.

Game yang dimaksud adalah Dookey Dash, semacam endless runner yang dapat dimainkan di browser komputer maupun smartphone. Namun untuk bisa bermain, Anda harus punya yang namanya Sewer Pass terlebih dulu. Sewer Pass pada dasarnya merupakan aset NFT baru yang dapat diklaim secara cuma-cuma oleh para kolektor BAYC maupun MAYC mulai 17 Januari mendatang.

Kalau tidak punya NFT BAYC atau MAYC, maka satu-satunya opsi untuk bisa berpartisipasi dalam Dookey Dash adalah dengan membeli NFT Sewer Pass secara terpisah di secondary market. Ya, yang diperlukan untuk bisa mengakses Dookey Dash hanyalah Sewer Pass-nya, bukan NFT BAYC ataupun MAYC.

Sewer Pass sendiri terbagi menjadi empat tier yang berbeda. Berdasarkan informasi di laman FAQ Yuga Labs, para kolektor bisa menggabungkan NFT BAYC atau MAYC-nya dengan NFT Bored Ape Kennel Club (BAKC) yang dimiliki untuk mendapatkan Sewer Pass dengan tier yang lebih tinggi. Semakin tinggi tier Sewer Pass, semakin besar bonus skor yang bisa didapat dalam setiap sesi permainan Dookey Dash.

Akses ke Dookey Dash sendiri akan dibuka mulai 18 Januari hingga 8 Februari. Selama tiga minggu tersebut, partisipan dipersilakan untuk bermain sebanyak mungkin dan mencatatkan skor terbaik. Setelahnya, pada tanggal 15 Februari, Sewer Pass milik masing-masing pemain akan bertransformasi menjadi sebuah aset NFT baru, berdasarkan skor tertinggi yang pernah diraihnya.

Yuga Labs mendeskripsikan Dookey Dash sebagai sebuah pengalaman minting berbasis skill, dan itu berarti partisipan harus berhasil mencetak skor di permainan. Kalau skornya 0 atau mereka tidak sempat bermain sama sekali, maka NFT Sewer Pass-nya tidak akan bisa bertransformasi.

Hasil transformasi dari Sewer Pass tersebut bakal menjadi bagian dari pengalaman naratif bab pertama yang Yuga Labs persiapkan, dan kita pun tidak perlu terkejut kalau ternyata semua ini nantinya bakal punya kaitan erat dengan Otherside, proyek metaverse ambisius yang sedang Yuga Labs bangun.

Yuga Labs sendiri belakangan terus menunjukkan keseriusannya mendalami ranah gaming. Pada bulan September 2022, Yuga Labs merekrut seorang veteran di industri mobile gaming sebagai Chief Gaming Officer. Kemudian di bulan Desember, Yuga Labs merekrut Daniel Alegre (eks COO Activision Blizzard) sebagai CEO baru mereka. Di titik ini, tidak berlebihan jika mereka mengklaim bahwa gaming adalah salah satu prioritas utamanya.

Via: The Crypto Times.