14 January 2023

by Yubian Asfar

Lotus, Map VALORANT Terbaru yang Hadir dengan Arsitektur Unik

Selain membawa desain unik, Lotus juga menghadirkan tiga lokasi untuk memasang Spike atau bom

Riot Games baru saja menghadirkan update terbaru untuk VALORANT, yaitu Episode 6 - Act I: Revelation. Pada update kali ini, salah satu pembaruan yang paling menarik adalah sebuah map anyar bernama Lotus.

Benar, map ini sangat dinantikan setelah banyak rumor yang beredar. Apalagi kalau bukan three-site map atau map dengan lokasi memasang Spike sebanyak 3 tempat.

Selain Lotus, ada map lain yang memungkinkan tim Attacker memasang Spike di 3 lokasi yaitu Heaven. Tentu kehadiran map ini menjadi masalah bagi para Defender karena harus menjaga 3 lokasi berbeda.

Bawa Budaya dan Arsitektur India

Lotus sendiri kental dengan unsur atau budaya India, bahkan di video cinematic trailer disebutkan bahwa map ini berlokasi di Western Ghats. Western Ghats, buat yang kurang familier, adalah sebuah wilayah pegunungan di India.

Joe Lansford yang memiliki peran sebagai desainer game dari Riot Games memaparkan komentarnya tentang map Lotus. “Ada beberapa kultur arsitektur tradisional dan lokasi di India yang kami jadikan sumber inspirasi, di antaranya Badami Cave Temples, Ellora Caves, dan Rani Ki Vav,” ucap Joe.

Lalu dalam map, Riot mencoba menghadirkan nuansa petualangan bagi para pemain. Selain memastikan Lotus sebagai map kesembilan di VALORANT, map ini juga menjadi three-site map kedua setelah Heaven. Tapi bila dibandingkan dengan map Heaven, tentu Lotus memiliki kendala dan gameplay mekanis yang berbeda.

Lotus, Mimpi Buruk Defender Setelah Heaven

Sumber: Riot Forum

Bermain game VALORANT sendiri memang melatih kerja sama tim dan tentunya skill membidik yang akurat. Namun hal lain seperti strategi juga tidak bisa dianggap remeh, apalagi setelah kehadiran map Lotus.

Saat bermain Anda akan dibagi menjadi 2 tim yaitu Defender yang menjaga site Spike, dan Attacker yang menyerang site Spike. Tentu kehadiran map Lotus menjadi masalah karena Anda harus menjaga ekstra keras di berbagai lokasi sekaligus.

Bila dari 5 pemain pada map dengan dua lokasi Spike, maka Anda bisa membagi ke formasi 3 dan 2 di masing-masing site. Namun dengan tiga lokasi, maka harus ada satu site yang hanya dijaga oleh satu pemain saja.

Sumber: Sportskeeda

“Kami mencoba menghadirkan 3 site map lain dan menunjukan bahwa ke depannya kami akan lebih mengedepankan format ini daripada map tunggal. Sebagai tambahan, kami menargetkan untuk membuat map yang memungkinkan pergerakan dan fleksibilitas tinggi bagi kedua tim," terang Joe.

Map baru Lotus sendiri sudah tersedia di VALORANT mulai 10 Januari 2022.