Dark
Light

Klout Kini Tambahkan Pengukuran Data dari Facebook pada Layanan Mereka

2 mins read
October 15, 2010

Klout kini menambahkan data yang mereka ukur tidak hanya dari Twitter namun kini mereka melakukan pengukuran atas pengaruh pengguna di jejaring sosial Facebook.

Dengan Klout pengguna Twitter bisa melakukan pengukuran atas pengaruh mereka di social web. Klout bisa melakukan pelacakan atas pengaruh pengguna yang datanya didapatkan dari opini, tautan yang dibagikan, serta rekomendasi yang dilakukan pengguna lewat tweet mereka. Klout akan mengumpulkan berbagai data ini dan melakukan analisa untuk menemukan indikator-indikator dari pengaruh yang pengguna berikan pada lingkungan sosial mereka di web.

Kini Klout juga akan menambahkan data untuk dianalisa pada layanan mereka yang akan mereka dapatkan dari Facebook. Jadi para pengguna kini tidak hanya bisa melakukan pengukuran atas interaksi mereka di Twitter tetapi juga di Facebook. Klout, lewat blog resmi menjelaskan bahwa selama beberapa bulan ke belakang mereka telah berusaha untuk melakukan analisis akun Facebook untuk mengerti tingkat pengaruh yang terdapat pada jejaring terbesar di dunia ini.

Klout juga memberi penjelasan bahwa, seperti yang telah mereka lakukan pada Twitter, analisis yang mereka hasilkan bukan dari jumlah teman atau pengikut, tetapi kemampuan pengguna dalam mengarahkan aksi dari pengguna lain. Klout akan menganalisis bagaimana percakapan serta konten yang ada di Facebook memberikan ketertarikan serta keterikatan pada pengguna.

Untuk menggunakan fasilitas ini, Anda perlu melakukan log masuk ke Klout, gunakan akun Twitter Anda, nanti akan muncul keterangan pada halaman utama Klout yang akan mengarahkan Anda untuk melakukan koneski ke akun Facebook Anda. Waktu yang dibutuhkan Klout untuk menganalisis data ini, paling lama 72 jam, sepertinya ini dikarenakan data yang harus dianalisis dari berbagai kegiatan Anda di Facebook cukup rumit, termasuk berbagai tipe konten serta interaksi yang lebih kompleks dengan relasi pengguna di Facebook.

Hasil data yang muncul, nantinya tidak akan berdiri sendiri, jika Anda telah melakukan koneksi dengan Twitter dan Facebook, Klout akan menampilkan data gabungan pada analisis Klout Score. Sedangkan untuk data dari Facebook nantinya akan muncul keterangan tentang pencapaian pengguna yang berkaitan dengan aktivitas pemberian komentar, Likes, komentar unik serta unique Likes. Informasi dari Facebook juga akan tersedia pada halaman analisis yang merupakan salah satu fasilitas dari Klout, dimana pengguna bisa melihat berbagai data tentang aktivitas mereka di social web serta data tentang kualitas online influence mereka atas pengguna lain.

Contoh Klout Score dari akun Twitter DailySocial

Pengukuran menjadi sebuah kata penting di ranah social web, terutama bagi perusahaan yang masih ‘takut’ untuk memasuki berbagai aplikasi dari sosial media seperti Twitter atau Facebook, salah satu faktornya adalah ketiadaan tingkat pengukuran yang jelas serta analisis yang bisa memberikan data.

Dengan Klout, pengguna bisa mendapatkan berbagai data ini, minimal data tentang pengukuran posisi diri pengguna di social web, bagaimana mereka mempengaruhi orang lain maupun siapa saja yang mempengaruhi diri mereka, apalagi Klout juga terintegrasi di berbagai layanan social dashboard seperti HootSuite dan Seesmic. Meskipun demikian Klout memang tidak sendirian, seperti yang dituliskan GigaOm, beberapa layanan yang menyediakan fasilitas serupa adalah PeerIndex serta TwitterGrader.

Data analisis yang ada, nantinya memang tidak terpisah antara Twitter dan Facebook, jadi jika Anda tidak aktif di salah satu layanan, Anda tetap bisa mendapatkan nilai Klout yang tinggi, karena Anda sangat aktif pada layanan yang lain. Analisis data yang dihasilkan juga kemungkinan besar hanya baru berlaku pada akun pribadi Facebook, menjadi pertanyaan apakah analisis ini juga akan bisa dilakukan untuk Facebook Pages yang banyak digunakan oleh pemilik bisnis/merek. Tetapi untuk akun pribadi atau akun Twitter, Klout bisa menjadi salah satu pilihan dalam mengukur tingkat relasi serta pengaruh seseorang di dunia social web, yang menjadi informasi tambahan dalam pengukuran efektifitas sosial media.

Anda pengguna Klout? Bagaimana pengalaman Anda selama ini dalam mengunakan layanan ini? Bagaimana pendapat Anda tentang analisis data dari Facebook yang kini telah tersedia di Klout?

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Semakin Sosial, Bing Kembali Tambahkan Hasil Pencarian dari Facebook

Next Story

Rekomendasi, “Like”, dan Menang di Hip10

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut