Dark
Light

Klout Dapat Suntikan Dana Baru

2 mins read
April 29, 2010

Klout mendapatkan suntikan dana dari para investor dengan jumlah total sebesar $1,5 juta dan mempersiapkan berbagai perkembangan baru dari aplikasi mereka.

Klout merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan user untuk melakukan pengukuran atas pengaruh mereka di social web. Dengan Klout user bisa melakukan pelacakan atas pengaruh dari opini, link, serta rekomendasi yang user lakukan lewat tweet mereka. Klout mengumpulkan berbagai data dari konten yang user buat, kemudian melakukan analisa untuk menemukan indikator-indikator dari pengaruh yang user berikan ini pada lingkungan sosial mereka di web.

Investasi yang didapatkan oleh Klout merupakan investasi round A yang mereka dapat dari berbagai investor antara lain ff Asset Management, Bobby Yazdani, Allen Morgan, Nova Spivack, Zelkova Ventures, Grape Arbor,Paige Craig,Tom McInerney, Michael Yavonditte, Shervin Pishevar, Ofer Ronen, dan seperti yang diumumkan lewat blog mereka, Klout juga sedang mempersiapkan pengembangan baru dari berbagai layanan yang telah ditawarkan Klout sekarang.

Dengan tingkat perkembangan Twitter serta penggunaannya yang semakin luas, aplikasi seperti Klout ini cukup berguna dalam memberikan data bagi para user untuk melakukan pengukuran posisi diri mereka di social web, bagaimana mereka mempengaruhi orang lain maupuan siapa saja yang mempengaruhi diri mereka.

Belum lagi berbagai aplikasi social network client juga menggunakan API mereka, salah satunya HootSuite yang memberikan fitur yang memungkinkan user untuk melihat skor Klout langsung dari HootSuite. Selain itu juga ada sekitar 300 perusahaan yang menggunakan layanan Klout.

Jika anda pengguna Klout mungkin anda menyadari ada beberapa perubahan tampilan seperti logo dan dibeberapa bagian ada warna-warna baru di situs mereka, tapi yang paling saya sukai dari Klout adalah kemudahan dalam penggunaannya, anda tinggal mengetikkan nama user, topik atau list untuk melihat seberapa jauh kadar pengaruh yang anda miliki.

Misalnya saya ketikkan DailySocial, maka nantinya akan muncul graphic dengan 4 quadrant yang menjelaskan ada di posisi mana DailySocial dalam social web, apakah connector, persona, casual atau climber. Termasuk juga terdapat angka yang menunjukkan seberapa jauh pengaruh user melakukan relasi di social web, serta seberapa jauh mereka engage dengan followers maupun following user mereka.

Dibagian kiri terdapat beberapa tab seperti summary, stats, content, serta influence tracker yang masing-masing memberikan data tentang kegiatan yang dilakukan user di social web dan relasi mereka dengan user lain. Misalnya ketika tab content akan menjelaskan keterangan user tertentu atas konten yang mereka post lewat tweet, termasuk tag yang mereka buat, top retweets, serta konten yang paling populer yang disebarkan di social web.

Klout juga dilengkapi dengan berbagai keterangan tentang istilah yang ada di berbagai fitur mereka yang membuatnya mudah untuk dipelajari, meski untuk penggunaan lebih lanjut memang harus menyediakan waktu untuk mempelajari berbagai fitur yang ada di Klout.

Selain untuk penggunaan, pertumbuhan para developer yang memberikan nilai tambah bagi perkembangan Twitter seperti Klout ini juga menarik untuk terus dipantau, sejak akuisi atas Tweetie yang membuka mata para developer tentang kemungkinan Twitter untuk mengembangkan atau mengakuisi apa yang dikembangkan oleh developer, maka melihat pertumbuhan Klout bukan hanya melihat fitur yang disediakan Klout saja tetap juga melihat ekosistem, dari Twitter itu sendiri, apalagi pengukuran menjadi salah satu unsur utama dari penggunaan social media, dan layanan yang diberikan Klout bisa jadi akan menarik bagi Twitter.

Dana investasi biasanya memang digunakan untuk pengembangan, semoga saja investasi yang diterima Klout bisa membuat fitur-fitur ada menjadi lebih lengkap dan menarik lagi, dan pengguna social web bisa terus menggunakan layanan Klout untuk mengukur tingkat kehadiran dan peran mereka di social web termasuk user dari Indonesia

Jika anda belum mengenal Klout, anda bisa menuju link ini, dan jika anda penggua Klout, bagaimana pendapat anda  tentang tampilan serta fitur yang ada di Klout sekarang? Apakah dana invenstasi ini juga bisa membuat Klout semakin berkembang serta membuatnya menjadi pelayanan pengukuran di social web yang keren? Atau jangan-jangan Klout akan diakuisi oleh Twitter? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

6 Comments

  1. Don't so proud because of it. Beside, He is a IT consultant and developer. that's usual…
    Moreover, He started to develop Klout when outside from Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Versi Terbaru, The World Fastest Browser on Earth for Mac

Next Story

Raksasa Internet Rusia Lahap ICQ

Latest from Blog

Don't Miss

Pengguna X Premium Kini Bisa Gunakan Grok AI

Secara global, Elon Musk mengumumkan peluncuran Grok 1.5 pada akhir
Twitter X

Setelah Twitter Ganti Nama, Merek Dagang “X” Ternyata Dipegang oleh Meta

Pada 23 Juli 2023, Elon Musk secara terbuka mengumumkan perubahan