Gadget News
for SEO
Gadget News

Kesan Awal Mencicipi ColorOS 12 Beta Berbasis Android 12 di OPPO Reno6

10 January 2022Lukman Azis

Bahas dari segi desain antarmuka dan beberapa fitur barunya

OPPO mengumumkan sistem operasi ColorOS 12 terbaru berbasis Android 12 pada bulan September 2021 lalu di Tiongkok. OPPO kemudian mengungkap jadwal update untuk ColorOS 12 versi beta secara global pada Oktober dimulai dengan smartphone flagship Find X3 Pro.

Kalau Anda adalah pengguna perangkat Find X2, Find X2 Pro, Reno6 (versi 4G), Reno6 5G, Reno6 Pro 5G, Reno5, Reno5 Marvel Edition, dan Reno5 5G. Kalian juga telah mendapatkan kesempatan untuk mencoba lebih awal ColorOS 12 versi beta.

Untuk menginstall ColorOS 12 beta di smartphone caranya cukup mudah, buka settings dan pilih software update. Kemudian klik ikon pengaturan di pojok kanan atas, pilih menu trial version dan selanjutnya mendaftar sebagai beta tester.

Cukup masukkan nomor telepon atau alamat email, menyetujui persyaratannya, dan submit. Pengajuan akan ditinjau oleh sistem, kita perlu menunggu beberapa jam sampai notifikasi update muncul atau cek secara berkala di menu software update.

Saya telah menginstall ColorOS 12 beta di OPPO Reno6 4G. Berikut kesan awal saya setelah mencicipinya selama beberapa hari.

Antarmuka Baru

ColorOS 12 mengusung Infinite Design baru, dirancang dengan pertimbangan konsep mengurangi gangguan visual untuk menghadirkan pengalaman interaktif serta visual yang simpel dan nyaman. Dibuat dengan bahasa desain inklusif yang benar-benar adaptif dan dirancang untuk beroperasi dengan 67 bahasa.

Dari segi desain, antarmukanya memang tampak tidak berubah secara drastis, tetapi ada banyak penyesuaian dan perbaikan di sana-sini. OPPO memperbanyak ruang berwarna putih, meningkatkan kontras teks, dan membedakan corak warna untuk mengatasi padatnya informasi yang harus ditampilkan ke pengguna.

Desain yang lebih efisien ini berfokus pada hal-hal penting, pengguna dapat fokus pada hal-hal yang perlu dilakukan dengan lebih cepat, halus, dan mulus. Berkat Quantum Animation Engine 3.0, animasi yang disuguhkan menjadi lebih hidup dan OPPO mengoptimalkan lebih dari 300 animasi untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih natural.

Selain itu, OPPO mendesain ulang ikon aplikasi menggunakan materi baru untuk memberikan efek dimensi dan tekster yang lebih mendalam pada ikon. Panel notifikasi dan quick settings juta tak luput dari penyesuaian.

Fitur Always-on Display versi 2.0 juga lebih dapat disesuaikan, pengguna bisa menempatkan Omoji, teks, pola, warna, dan informasi unik lainnya. Omoji merupakan fitur baru lainnya, dengan algoritme advanced face capture yang menggunakan 77 titik di wajah dan lebih dari 200 elemen gaya untuk membuat refleksi pengguna secara real-time.

Namun kesan awal yang paling berkesan ketika menjajal ColorOS 12 beta di Reno6 adalah pengalaman multitasking yang telah ditingkatkan. OPPO mengganti nama FlexDrop menjadi floating window saja dan menghapus opsi mini window yang sebelumnya ada di ColoOS 11.

Selain bisa digeser dan kecilkan atau disembunyikan ke sisi kanan atau kiri layar, floating window yang baru kini bisa disesuaikan ukurannya, di ColorOS 11 hanya tersedia dalam dua ukuran. Multitasking dalam mode floating window maupun split screen bisa diakses lewat recent task dan smart sidebar.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Play video

28 May 2022

Platform Game Streaming di Indonesia: Mereka yang Gagal Menjual Mimpi

Kenapa banyak platform game streaming di Indonesia itu tutup? Mungkin, ini jawabannya. Untuk penjelasan versi lengkapnya, ...

Others from #HybridTV