26 October 2023

by Lukman Azis

Manjakan Pencerita Visual, Ini Kecanggihan Pemrosesan Gambar Xiaomi 13T dengan Leica Authentic

Selain optik Leica, pengalaman fotografi premium di Xiaomi 13T terletak pada kecanggihan pemrosesan gambar HDR-ISP 14-bit tingkat flagship

Dalam acara Xiaomi Masterclass Media Workshop yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah. Xiaomi mengajak sejumlah rekan media dan tech reviewer untuk merasakan pengalaman bercerita lewat medium foto bersama fotografer profesional Beawiharta untuk mengeksplorasi visual storytelling.

Acara yang membawa tema β€œCapturing Sight of Java through the First-Ever Smartphone with Leica Authentic Experience” ini mengandalkan smartphone semi-flagship terbaru Xiaomi 13T yang mengusung lensa Leica Summicron. Di Indonesia, dijual dengan harga Rp6.499.000.

Perangkat ini tergolong istimewa karena membawa karakter warna Leica yaitu Leica Authentic yang dapat menghasilkan foto dengan warna estetik khas Leica. Ditambah beberapa filter monokrom yang diadaptasi dari kamera Leica.

Selain sistem kamera belakang dengan lensa Leica, kunci pengalaman fotografi premium di Xiaomi 13T juga terletak pada kecanggihan pemrosesan gambarnya. Perangkat ini ditenagai chipset hasil kolaborasi eksklusif MediaTek dan Xiaomi, Dimensity 8200-Ultra.

SoC yang dibangun pada proses fabrikasi 4nm yang powerful dan efisien dalam manajemen daya ini dibekali teknologi ISP (Image Signal Processor) Imagiq 785, HDR-ISP hingga 14-bit premium yang setingkat flagship. Lengkap dengan dukungan berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) seperti pengenalan wajah (facial recognition) dan smart imaging.

Kecanggihan ISP pada MediaTek Dimensity 8200-Ultra di Xiaomi 13T tidak hanya memungkinkan pengguna mengabadikan momen dari berbagai sudut pandang dengan peralihan mulus antar lensa. Namun termasuk kemampuan mereproduksi warna, mode HDR yang nyata, menangkap setiap detail objek, hingga performa pengambilan gambar di kondisi minim cahaya.

Chipset Mediatek Dimensity 8200-Ultra sendiri mampu mendukung foto berukuran hingga 320MP dan menangkap video HDR 14-bit hingga tiga kamera secara bersamaan. Selain itu, mendukung rekaman video sinematik dengan tangkapan kamera ganda untuk efek bokeh yang terlihat alami.

Untuk Xiaomi 13T memiliki sistem triple-camera Leica yang tentu memanjakan dalam penceritaan visual yang mampu menangkap cahaya dan bayangan dengan presisi. Kamera utamanya mengandalkan sensor gambar 50MP Sony IMX707, dengan lensa Leica Summicron wide 24mm f/1.9, dan dilengkapi OIS.

Bersama kamera 50MP dengan lensa Leica telephoto 50mm yang memberikan fitur 2x optical zoom dan kamera dengan lensa Leica ultrawide 15mm beresolusi 12MP. Di bawah ini beberapa hasil fotonya:

Fitur tambahan dari MediaTek Dimensity 8200-Ultra lainnya sebagai berikut:

  • Unit pemrosesan AI yang kuat untuk memaksimalkan efisiensi tugas AI khusus dan pemrosesan fusi.
  • SDK Vulkan yang sangat efisien memberikan efek ray tracing yang lebih cepat dan lebih efektif.
  • Dukungan layar 120Hz WQHD+ dan 180Hz FullHD+.
  • Pengalaman menonton imersif dengan dukungan HDR10+ Adaptive, 4K AV1 media decoding, dan pemutaran video AI SDR-ke-HDR.
  • Kualitas audio luar biasa dengan teknologi Bluetooth LE Audio dan Dual-Link True Wireless Stereo Audio.