4 October 2023

by Dimas Galih W.

Smartphone Leica Xiaomi 13T Hadir di Indonesia, Gunakan Dimensity 8200 Ultra

Xiaomi pada akhirnya meluncurkan perangkat smartphone dengan teknologi Leica dan juga 2 perangkat wearables lainnya

Beberapa bulan yang lalu, Wen Tao selaku Country Director Xiaomi Indonesia berjanji untuk membawa smartphone Leica ke Indonesia. Pada tanggal 3 Oktober 2023, janji tersebut dilaksanakan pada Ciputra Artpreneur Jakarta dengan meluncurkan Xiaomi 13T. Selain Xiaomi 13T, ternyata ada perangkat wearables pula yang diluncurkan, yaitu Xiaomi Watch 2 Pro dan Xiaomi Band 8.

Xiaomi 13T merupakan seri 13 satu-satunya yang meluncur di Indonesia. Tentunya, perangkat ini sudah menggunakan teknologi Leica pada kameranya dengan lensa Leica Summicron serta tersedianya beberapa filter seperti Leica Authentic dan Vibrant. Kamera utamanya sendiri menggunakan Sony IMX 707.

Perangkat ini juga merupakan smartphone pertama Xiaomi dan di Indonesia yang memakai SoC Mediatek Dimensity 8200 Ultra. Sebagai informasi, kata Ultra menandakan bahwa Xiaomi bekerja sama dengan Mediatek untuk meningkatkan performa kameranya. Varian yang diluncurkan adalah dengan RAM 12 GB dan internal 256 GB.

Hal baru yang ada di Xiaomi 13T adalah dukungan eSIM yang mencapai 8 nomor. Selain itu, perangkat ini juga sudah memiliki sertifikasi IP68. Untuk layarnya sudah memakai AMOLED 144 Hz dan memiliki kecerahan 2600 nits.

Wearables

Selain meluncurkan smartphone, Xiaomi juga mengeluarkan 2 produk wearables. yang pertama adalah jam tangan pintar Xiaomi Watch 2 Pro dan selanjutnya adalah Xiaomi Band 8.

Xiaomi Watch 2 Pro merupakan jam tangan pintar yang menggunakan sistem operasi Android Wear. Jam tangan ini memakai SoC Qualcomm Snapdragon W5+ Gen 1 dengan empat inti Cortex A53 dan satu inti efisiensi Cortex M55 pada 250 MHz. Jam tangan ini juga memiliki Google Map tersendiri dengan dual band GNSS. Ketahanan baterainya sendiri mencapai 65 jam atau sekitar hampir 3 hari.

Xiaomi Band 8 menggunakan layar 1,62 inci dan refresh rate 60 Hz. Gelang pintar ini juga sudah mendukung sertifikasi 5 ATM sehingga bisa digunakan untuk diving. Xiaomi juga akhirnya memberikan banyak aksesoris pada perangkat yang satu ini seperti straps dan mode pebble di sepatu.

Harga

Smartphone Xiaomi 13T dijual oleh Xiaomi Indonesia dengan harga Rp. 6.499.000. Untuk jam tangan pintar Xiaomi Watch 2 Pro dijual pada harga Rp. 3.199.000. Smartband Xiaomi Band 8 pada harga Rp. 549.000. Aksesoris Band 8 dijual mulai dari harga Rp. 99.000.

Coba Kamera

Dengan Leica, tentu saja kamera menjadi salah satu daya tarik dari perangkat ini. Oleh karena itu, saya mencoba kamera pada perangkat yang satu ini. Agar bisa terlihat, saya mencoba filter Leica B/W HC pada Xiaomi 13T. Berikut adalah beberapa hasilnya: