7 November 2022

by Lukman Azis

Kamera Vlog Terbaru Sony ZV-1F Hadir di Indonesia Akhir Tahun Ini

Sony Indonesia memastikan bahwa ZV-1F akan hadir di Tanah Air mulai bulan Desember 2022 mendatang

Pada bulan Oktober lalu, Sony memperkenalkan kamera vlog terbaru ZV-1F. Ini bukanlah penerus ZV-1 yang dirilis tahun 2020 lalu, bisa dibilang varian baru dengan harga lebih terjangkau.

Sensor yang digunakan sama, Exmor RS CMOS tipe 1 inci beresolusi 20,1 MP. Perbedaan utamanya terletak pada lensanya, Sony ZV-1F menggunakan lensa ultrawide dengan focal length tetap 20mm (ekuivalen 35mm) dan aperture f2.0.

Kabar baik bagi yang sudah menunggu Sony ZV-1F. Sony Indonesia telah memastikan bahwa kamera compact premium tersebut akan hadir di Tanah Air mulai bulan Desember 2022 mendatang.

Keunggulan Sony ZV-1F adalah dikemas dengan fitur-fitur yang menunjang kreatifitas dan vlogging yang mudah. Ditujukan untuk para vlogger dan kreator muda yang ingin meningkatkan kualitas konten menjadi lebih baik dan menonjol.

Sony ZV-1F dapat merekam video hingga 4K 30 fps atau 1080p hingga 120 fps. Sony juga memberikan berbagai picture profile, termasuk S-Log2, S-Log3, dan HLG. Serta creative look dengan berbagai opsi preset untuk menciptakan suasana yang diinginkan dengan perbedaan dalam tone, kecerahan, kedalaman warna, dan masih banyak lagi.

Kamera vlog ini juga dilengkapi dengan mode S&Q untuk pengambilan gambar slow motion pada kecepatan 5x lebih lambat dan quick motion pada kecepatan hyper lapse 60x lebih cepat untuk mendapatkan efek yang diinginkan.

Terkait audio, Sony ZV-1F dibekali mikrofon directional 3-capsule dan wind screen. Ada port mikrofon 3,5 mm dan hot shoe untuk memasang mikrofon eksternal, port lainnya micro HDMI dan portUSB-C. Fitur layar sentuh 3 inci vari-angle disempurnakan dengan fungsi touch zoom dan step zoom, serta punya tombol bokeh switch.

Fitur video utama ZV-1F meliputi optimalisasi warna kulit dengan opsi ‘Soft Skin Effect’ yang menghaluskan dan mengurangi kerutan saat merekam video dan menciptakan efek warna kulit natural untuk foto. Saat merekam video, tersedia stabilisasi gambar dalam Mode Aktif (elektronik) untuk memastikan rekaman stabil saat berjalan.

Face Priority AE secara otomatis menyesuaikan kecerahan saat pengambilan gambar agar dapat mempercerah wajah secara optimal. Sony ZV-1F juga menawarkan pemfokusan yang presisi dengan Eye AF dan pengguna dapat dengan mudah mengubah subjek melalui layar sentuh kamera.

Kamera ini juga dilengkapi dengan pengaturan Product Showcase, sehingga pengguna dapat mengalihkan fokus secara halus antara wajah dan produk, berguna saat me-review produk.

Sony ZV-1F mendukung aplikasi Sony Imaging Edge Mobile Plus memungkinkan pengguna untuk terhubung ke kamera melalui Bluetooth atau WiFi, serta mentransfer gambar dan video. Konten yang diambil dapat dengan mudah ditransfer ke smartphone dan kemudian diunggah ke platform sosial.

Pengguna dapat menggunakan ZV-1F sebagai perangkat live-streaming, ia dapat berfungsi sebagai webcam saat dihubungkan ke komputer atau smartphone melalui USB. Berbagai kisah eksklusif, video dan konten baru menarik yang diambil menggunakan kamera terbaru dan produk lainnya dari Sony dapat ditemukan di sini.

Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Karena audiens mendorong permintaan akan konten berkualitas tinggi, para kreator membutuhkan solusi kamera all-in-one yang memberikan kualitas superior dengan opsi kreatif, sekaligus mudah digunakan dan dirancang untuk berbagi konten secara nirkabel. Ini juga sangat membantu para calon kreator muda dalam membagikan kontennya secara instan ke sosial media, seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.