Esports Ecosystem

Filipina akan Luncurkan Aplikasi Esports Social Platform, Kalaro

25 Jun 2020 | Narendra Soejoedi
Perkembangan ekosistem esports di Filipina yang sangat pesat membutuhkan dukungan esport platform yang inovatif

Sebuah jejaring sosial yang berfokus kepada gamers dan pelaku esports dikabarkan akan dirilis akhir Oktober 2020 di Filipina. Aplikasi jejaring sosial bernama Kalaro menargetkan diri untuk dapat melayani komunitas esports yang berkembang pesat di Filipina.

Rencananya aplikasi jejaring sosial Kalaro tidak saja berfokus kepada atlet esports dan gamers. Kalaro juga akan memberikan ruang kepada perusahaan dan pemilik brand untuk berekspansi ke dalam ekosistem esports yang dibangun di dalamnya.

kalaro_ui-2_9DB9AB3D5A8D400FA48454F37B6A4670 kalaro ui, from kalaro

Ide awal dikembangkannya Kalaro oleh Jun Lasco adalah menghubungkan antara gamers dan atlet esports dengan perusahaan atau brand yang berminat berinvestasi ke ranah esports.

Jun lasco, selaku  Software Architect aplikasi Kalaro menyatakan, “salah satu pain point industri esports adalah fragmentasi di dalamnya, terutama di region Asia Tenggara dan negara di sekitarnya.”

Jun D. Lasco | via:yugatech.com
Jun D. Lasco | via:yugatech.com

Lebih jauh lagi mengenai Kalaro, mereka menargetkan untuk bisa mengukuhkan dirinya sebagai end-to-end esports platform di Filipina. Di tengah laju perkembangan esports di Filipina, paling tidak secara kasar ada 27 juta gamers di Filipina. Itu bukanlah angka yang kecil untuk diabaikan.

Adapun di dalam aplikasi Kalaro, user nantinya akan terbagi menjadi 2 kelompok. Akan ada free tier user dan tersedia juga premium tier user. Dengan membayar biaya langganan per tahun yang ringan, beberapa fitur ekslusif premium tier akan tersedia.

Sedangkan untuk loyalty program, Kalaro akan memberikan sejumlah point yang disesuaikan dengan tingkat keaktifan seorang user. Nantinya point bisa ditukarkan dengan gaming dan esports merchandise.

via: Kalaro
via: Kalaro

Jika ditilik dari sisi player, maka player bisa dengan lebih mudah mengasah kemampuan mereka. Di dalam Kalaro akan tersedia banyak turnamen dari level lokal maupun internasional yang dapat diakses lebih mudah bagi user Kalaro. Tidak ketinggalan juga dari sisi streamer dan shoutcaster, bergabung ke dalam Kalaro akan memudahkan mereka dalam membangun audiensnya.

Dengan mengumpulkan esports stakeholders di satu tempat, Diharapkan Kalaro akan menjadi ruang digital yang luas bagi gamers dan esports enthusiast di Filipina.

Selebihnya Kalaro mempunyai fitur seperti layanan jejaring soasial lainnya. Di dalamnya user dapat berinteraksi secara real-time misalnya seperti mengadakan watch party event atau menonton stream dari gaming personalities.