Gaming News

John Wick Diangkat Jadi Game, Hidangkan Gameplay Hybrid Strategi Action

10 May 2019 | Yoga Wisesa
Versi PC dan Mac permainan ini didistribusikan secara eksklusif di Epic Games Store. Akan tersedia pula di console.

Mungkin makna yang bisa diambil dari film John Wick ialah jangan pernah menganiaya binatang, apalagi jika hewan itu dipelihara oleh Keanu Reeves. Bagian ketiga – ber-subtitle Parabellum – seri ciptaan Derek Kolstad itu merupakan salah satu film yang paling dinanti di 2019, rencananya akan tayang pada tanggal 17 Mei. Lionsgate ternyata juga punya satu kejutan lagi buat para penggemar berat John Wick.

Menggandeng publisher Good Shepherd Entertainment, minggu ini Lionsgate Games resmi mengumumkan permainan John Wick Hex. Diadopsi dari film, game digarap oleh tim pimpinan developer Mike Bithell (di bawah nama Bithell Games). Bagi Anda yang kurang familier dengannya, Bithell adalah desainer  game asal Inggris, kreator dari judul-judul indie fenomenal seperti Thomas Was Alone, Subsurface Circular, dan Volume.

Premis John Wick Hex berbeda dari bayangan saya terhadap penyajian adaptasi film ke video game pada umumnya. John Wick Hex menghidangkan gameplay strategi bertempo cepat yang diorientasikan pada elemen action. Dengan pendekatan seperti ini, developer ingin Anda berpikir cepat seperti John Wick. Permainan saat ini tengah dikembangkan untuk console, PC serta Mac.

Penggarapan John Wick Hex dilakukan oleh Bithell Games secara kolaboratif bersama tim kreatif dan stunt film. Lionsgate mendeskripsikan game ini sebagai ‘permainan catur dengan pertempuran ter-koreografi’, menjanjikan aksi-aksi ‘gun fu‘ yang ikonis sembari memperluas jagat John Wick. Pemain ditantang untuk memandu sang protagonis dalam mengambil keputusan secara cermat serta selalu siap menghadapi konsekuensinya.

Segala gerakan John Wick di permainan dirancang agar terasa seperti adegan film dan pertempuran menuntut pemikiran strategis. Penjelasan Lionsgate Games mengindikasikan konten utama berupa mode campaign single-player yang difokuskan pada cerita. Tampaknya level-level di sana dirancang untuk dimainkan berulang-ulang, dan semakin baik Anda menyelesaikannya, terbuka pula kesempatan buat membuka lokasi dan senjata baru.

Menariknya lagi, tiap senjata yang John Wick gunakan akan mengubah taktik serta cara bermain. Persediaan amunisi selalu terbatas dan ‘disimulasikan secara realistis’. Kita dituntut untuk mengeksekusi apapun dengan akurat, misalnya menggunakan senjata seefisien mungkin serta mengisi ulang peluru di waktu yang tepat.

Berbicara soal talenta, aktor-aktor kawakan seperti Ian McShane dan Lance Reddick kabarnya turut berpartisipasi mengisi suara karakter-karakter game, namun saya belum bisa memastikan apakah John Wick juga diperankan oleh Keanu Reeves atau orang lain.

Untuk sekarang belum diketahui kapan tepatnya John Wick Hex dirilis, tetapi Lionsgate telah mengonfirmasi bahwa versi Windows dan Mac game ini akan didistribusikan secara eksklusif lewat Epic Games Store.

Via Gamespot.