Esports Ecosystem

Capcom Cup 2019 Akan Dihiasi Rivalitas Para Jawara Amerika dan Jepang

04 Jul 2019 | Ayyub Mustofa
Street Fighter League World Championship mengingatkan kita pada pertemuan Alex Valle vs Daigo Umehara, 21 tahun lalu.

Perhelatan fighting game akbar CEO 2019 telah berakhir. Apa yang menanti ekosistem kompetitif Street Fighter berikutnya? Di bulan Agustus sudah jelas kita akan menyambut datangnya EVO, namun Capcom punya acara lain yang tak kalah meriah. Pada tanggal 13 – 15 Desember nanti kita akan kedatangan turnamen puncak Capcom Pro Tour 2019, yaitu Capcom Cup 2019, dengan lokasi pertarungan di Los Angeles.

Capcom Cup 2019 mempertandingkan 32 pemain Street Fighter terbaik dari seluruh dunia lewat berbagai jalur kualifikasi. Hingga saat ini baru satu orang pemain yang dipastikan tampil, yaitu Gachikun yang merupakan juara Capcom Cup 2018. 26 orang lainnya diambil dari para pemain dengan CPT Point tertinggi di Global Leaderboard, ditambah 4 orang pemenang Regional Finals (dari wilayah NA, EU, LATAM, dan Asia), serta 1 orang pemenang Last Chance Qualifier yang digelar menjelang hari-H Capcom Cup.

Gachikun - Capcom Cup 2018 Champion
Gachikun otomatis lolos ke Capcom Cup 2019 | Sumber: Capcom

North American Regional Finals punya posisi yang unik dibanding Regional Finals lainnya, sebab acara ini masuk dalam kategori Super Premier Event. Artinya meski sifatnya regional, turnamen ini dianggap sebagai kasta tertinggi setara EVO. Dengan format turnamen terbuka (open tournament), penantang bisa datang dari mana saja sehingga persaingan akan sangat berat. Nilai CPT Point yang diberikan pun lebih tinggi dari turnamen regional lainnya. North American Regional Finals akan digelar di HyperX Esports Arena, Las Vegas, pada tanggal 16 – 17 November 2019.

Capcom Cup tahun ini sendiri rupanya juga memiliki keunikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Anda mungkin sudah tahu bahwa selain Capcom Pro Tour, terdapat satu kompetisi resmi lain yang berjalan berbarengan yaitu Street Fighter League (SFL). Liga dengan format 3-lawan-3 ini digelar di dua wilayah: Amerika Serikat dengan nama Street Fighter League Pro-US dan Jepang dengan nama Street Fighter League Pro-Japan.

Para pemenang SFL Pro-US dan SFL Pro-Japan ini akan diadu dalam turnamen berjudul Street Fighter League World Championship. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Capcom akan mempertemukan langsung tim perwakilan Amerika Serikat dan tim perwakilan Jepang untuk menentukan wilayah mana yang mampu menghasilkan talenta Street Fighter terkuat. Pertemuan ini mengingatkan kita pada momen bersejarah di era Street Fighter Alpha 3 dulu, ketika Alex Valle yang merupakan juara Amerika berhadapan dengan Daigo Umehara sang juara Jepang. Apakah hasil yang sama akan terulang, ataukah Amerika dapat membalas kekalahan 21 tahun lalu itu?

Street Fighter League World Championship akan digelar bersamaan dengan Capcom Cup 2019. Bila Anda penggemar Street Fighter, jangan sampai melewatkan momen “ultra weekend” tanggal 13 – 15 Desember nanti, karena momen ini akan menjadi salah satu akhir pekan bersejarah di dunia esports Street Fighter.

Sumber: Capcom