Esports Ecosystem

Prize Pool The international 10 Menembus Angka 30 Juta Dolar Amerika

28 Jul 2020 | Narendra Soejoedi
Keadaan pandemi tidak menyurutkan antusiasme gamers Dota 2 untuk berkontribusi menambah jumlah prize pool untuk gelaran turnamen The International 10 mendatang.

Sekalipun bisa belum terselenggara, salah satu bagian dari gelaran turnamen The International 10 sudah mencatatkan rekor. Dengan total prize pool sebesar 30.136.000 Dolar Amerika dan masih terus bertambah, kemungkinan besar Dota 2 akan menuliskan sejarah baru di dunia esports dari sisi jumlah hadiah.

Berkaca dari jumlah prize pool The International 2019, sampai berita ini diturunkan jumlah prize poolThe International 10 hanya terpaut kurang dari 4 juta Dolar Amerika. Jika Dota 2 dibandingkan dengan disiplin esports yang lain, salah satu game yang bisa disandingkan adalah Fortnite yang tahun kemarin sukses diadakan dengan total  prize pool 30 juta Dolar Amerika.

Baby Pudge Persona | via: Dota 2
Baby Pudge Persona | via: Dota 2

Dota 2 sejauh ini masih menjadi pionir sebagai disiplin esports yang menerapkan sistem crowdfunding dalam mengisi prize poolnya. Berulang kali Valve mencatatkan rekor dalam hal total hadiah yang terkumpul untuk gelaran turnamen The International.

Dari setiap pembelian level battle pass The International 10, sejumah 25% dari harga pembeliannya akan langsung ditambahkan ke dalam prize pool. Dengan jumlah prize pool yang tercatat saat ini, 30.136.000 Dolar Amerika, sudah bisa ditaksir berapa banyak jumlah uang yang sudah dihabiskan komunitas gamers Dota 2.

Adapun faktor yang mengundang terus meningkatnya jumlah prize pool adalah hadiah cosmetic item yang dirilis Dota 2 selama periode battle pass. Gimik berupa cosmetic item, persona, arcana, atau item lainnya berulang kali sukses mengundang antusiasme yang tinggi dari komunitas gamers Dota 2.

Selama 63 hari sejak gelaran battle pass The International 10, setiap gamers Dota 2 berkesempatan bermain dalam special event Aghanim’s Labyrinth untuk memenangkan hadiah. Selain daripada banyak in game item yang bisa didapatkan, pada battle pass level 1000 siapapun berkesempatan mendapatkan replika dari Aegis of The Champion dan replika dengan skala 1:5 dari Roshan di level 2000.

Di sisi lain, sejauh ini baru ada 2 treasure yang dirilis dari total 3 treasure yang dijadwalkan akan dirilis oleh Valve. Item Arcana dari Wraith King, Queen of Pain, dan Windranger sudha dapat dipastikan sangat diantisipasi gamers Dota 2.

Tidak ketinggalan hadir Baby Pudge dan Anti Mage persona menanti untuk dikoleksi. Di tahun yang lalu Valve merilis persona Baby Invoker yang menarik minat gamers Dota 2 untuk dapat memilikinya.

Akhirnya, mari kita nantikan angka akhir dari jumlah prize pool yang terkumpul di tahun 2020. Masih sangat kuat kemungkinan total prize pool The International 10 akan melampaui prize pool The International 2019 dengan menyisakan kurang lebih 50 hari lagi.