11 May 2022

by Galih

Instagram Gelar Uji Coba Integrasi NFT

Instagram akan mendukung NFT dalam jaringan Ethereum, Polygon, Solana, dan Flow.

Non-fungible tokens atau NFT kelihatannya terus mendaki popularitasnya dan ke depannya terus memasuki ranah yang lebih mainstream. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya media sosial yang ingin membawa NFT ke dalamnya.

Setelah Twitter yang telah mengintegrasikan NFT dengan profil penggunanya, kini raksasa media sosial Meta juga ingin melakukan hal yang serupa. Lebih tepatnya, Instagram akan menjadi aplikasi pertama yang akan mendapat fitur integrasi dengan NFT ini.

Dalam pengumuman resminya, Meta mengumumkan bahwa Instagram nantinya akan terintegrasi dengan jaringan Ethereum, Polygon, Solana, dan juga Flow. Ethereum sendiri menjadi pimpinan di pasar NFT dunia lewat koleksi Bored Apes-nya.

Keempat jaringan tersebut juga dipilih oleh Instagram karena merupakan jaringan paling atas dengan komunitas paling besar yang sudah cukup sering memimpin perdangan koleksi aset digital NFT dalam beberapa waktu terakhir.

Instagram dikabarkan akan memulai integrasi NFT ini melalui kelompok kecil para penggemar NFT yang berbasis di Amerika Serikat. Mirip dengan Twitter, para 'influencer NFT' tersebut nantinya akan mendapatkan beberapa fitur eksklusif baru sebagai perkenalan.

Integrasi antara para pengguna Instagram dan aset NFT mereka akan dijembatani oleh dompet crypto MetaMask yang tentunya sudah banyak dikenal para pengguna crypto.

Setelah tersambung, para pengguna Instagram nantinya dapat membuktikan kepemilikan aset NFT mereka, dan nantinya dapat memamerkannya di profil Instagram-nya. Bahkan para pemilik NFT ini juga dapat menandai para kreator yang membuat karya yang mereka pajang tersebut.

Berbeda dengan Twitter, Instagram disebut tidak akan mengenakan biaya untuk para penggunanya untuk memposting atau membagikan NFT di Instagram. Setidaknya CoinDesk mengkonfirmasi hal tersebut untuk di awal peluncuran fitur ini.

Proyek ini sebenarnya telah lama direncanakan oleh CEO Meta, Marck Zuckerberg. Dan proses inisiasi proyeknya telah dimulai sejak konferensi South by Southwest di Austin, Texas pada bulan Maret lalu. Meskipun saat itu Zuckerberg hanya memberikan teaser dari proyek ini.

Dalam prakteknya nanti, NFT dari blockhain Ethereum dan Polygon akan menjadi yang pertama didukung di Instagram. Sedangkan NFT dari Solana dan Flow akan menyusul di kemudian hari.