29 December 2022

by Glenn Kaonang

Inilah Pemenang Gadget Champions 2022 untuk Kategori Best Innovation

Deretan inovasi teknologi terbaik yang dapat dinikmati konsumen Indonesia di tahun 2022

Pandemi COVID–19 boleh menghambat banyak hal, tapi inovasi teknologi tidak termasuk salah satunya. Di tahun 2022 ini, kita telah menyaksikan cukup banyak teknologi inovatif yang bermunculan dalam bentuk produk yang beragam. Sebagian ada yang sangat menarik sekaligus bermanfaat, sementara sebagian lain masih dalam tahap awal dan belum sepenuhnya matang.

Untuk itu, kami ingin memberikan apresiasi terhadap sederet produk dengan teknologi baru terdepan yang muncul di sepanjang tahun 2022 dengan kategori Best Innovation di Gadget Champions 2022.

Berikut deretan produk teknologi dengan inovasi terbaik di tahun 2022.

Acer Predator Helios 300 3D SpatialLabs Edition

Dahulu, tampilan tiga dimensi (3D) hanya bisa dilihat dengan mengenakan kacamata khusus. Hal itu sama sekali tidak berlaku di laptop yang satu ini, sebab Anda bisa menikmati tampilan 3D-nya tanpa harus menggunakan kacamata apa-apa. Rahasianya terletak pada webcam yang sanggup mengenali mata pengguna untuk menampilkan efek 3D.

Di samping menampilkan efek 3D di beberapa game, laptop ini juga dapat menyajikan efek 3D pada hasil desain CAD dan lain sebagainya. Ini jelas sangat berguna bagi para arsitek maupun desainer yang memerlukan visualisasi ekstra.

ASUS Zenbook 17 Fold OLED UX9702

Sesuai namanya, ASUS Zenbook 17 Fold OLED merupakan laptop dengan layar 17 inci yang dapat dilipat. ASUS boleh berbangga karena ini merupakan laptop pertama di dunia yang mampu menorehkan prestasi tersebut selagi mengemas panel OLED berukuran 17 inci.

Dalam kondisi terlipat dan ditutup keyboard, laptop ini akan tampak layaknya sebuah laptop biasa dengan layar berukuran 12,5 inci. Alternatifnya, laptop ini juga dapat digunakan seperti sebuah tablet Windows berukuran 17 inci.

Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan keyboard eksternal, baik dalam posisi layarnya terbentang atau terlipat, sehingga pada akhirnya tidak ada satu pun bagian dari layarnya yang tersia-siakan. Ibarat sebuah komputer all-in-one (AIO), tapi yang wujudnya portabel dan muat di dalam tas.

Samsung Odyssey Ark

Belum ada produsen monitor lain yang cukup berani membuat monitor dengan ukuran layar ekstra besar dan desain melengkung yang dapat diputar orientasinya. Tanpa stand yang amat kuat, mustahil layar sebesar ini dapat diputar-putar sesuai keinginan. Pun begitu, Samsung tetap memperhatikan cara penggunaannya, utamanya lewat unit controller yang bisa mengatur berbagai fungsi monitor dengan mudah.

Dikombinasikan dengan speaker yang sangat berkualitas untuk ukuran monitor gaming, Samsung Odyssey Ark mampu menghadirkan pengalaman audio-visual terbaik saat bermain game PC atau ketika bekerja dan multitasking tanpa monitor tambahan.

Infinix Zero Ultra

Smartphone yang satu ini boleh masuk kelas menengah, akan tetapi ia mengemas satu inovasi menarik yang belum pernah ada di smartphone kelas flagship sekalipun. Infinix Zero Ultra adalah smartphone pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi pengisian daya cepat 180 W.

Pada praktiknya, output daya sebesar itu berarti baterai perangkat dapat terisi penuh dalam waktu 15 menit saja. Bagi yang khawatir ini bisa berpengaruh buruk terhadap ketahanan jangka panjang baterai, mereka bisa mematikan fitur tersebut, sehingga waktu pengisian baterai akan menurun menjadi 30 menit. Inovasi pengisian daya ekstra cepat ini tentunya cocok bagi konsumen yang pola penggunaannya sangat intens, semisal para gamer maupun yang gemar melancong.

Acer Swift Edge

Laptop dengan layar berukuran 16 inci semakin populer di tahun 2022. Tren baru ini bukanlah tanpa konsekuensi buruk, sebab pada umumnya laptop 16 inci akan terasa sedikit kurang portabel akibat bobotnya yang cukup berat. Kalau mau dirata-rata, laptop 16 inci biasanya memiliki bobot di atas 1,5 kg.

Tidak demikian untuk Acer Swift Edge. Meskipun ia mengemas layar OLED 16 inci, bobotnya ternyata tidak lebih dari 1,1 kg. Singkat cerita, produk ini bisa menjadi jawaban bagi pengguna laptop yang mendambakan layar besar tapi tidak mau terlalu dibebani ketika membawanya.

Samsung BeSpoke Airdresser

Jauh dari kata konvensional, lemari pakaian yang satu ini mampu membersihkan pakaian dengan uap. Namun inovasinya tidak berhenti sampai di situ saja, sebab Samsung juga merancangnya agar dapat diatur melalui aplikasi. Anda bisa memilih jenis pakaian yang ingin dibersihkan sehingga keawetannya bisa lebih terjaga, bahkan ada pula pilihan untuk membersihkan pakaian batik demi menjaga kualitas warnanya.

Inovasi dan kepraktisan yang Samsung BeSpoke Airdresser hadirkan ini sangat ideal untuk membersihkan baju yang baru sebentar dipakai.

ASUS Zenbook 14x Space Edition

Nama laptop edisi khusus ini bukan sembarang nama, sebab ASUS memang spesifik merancangnya agar dapat bertahan seandainya dibawa menuju ke luar angkasa. Jadi selain lulus standar uji ketahanan MIL-STD 810H, laptop ini juga telah memenuhi standar US Space Systems Command Standard SMS-S–016A untuk ketahanan terhadap getaran ekstrem dan suhu operasional tinggi maupun rendah.

Inovasi lainnya bisa kita temukan pada bagian cover-nya, persisnya layar 3,5 inci yang dapat menampilkan notifikasi dan beragam animasi. Sepintas ini memang hanya terkesan untuk keperluan estetika semata, akan tetapi ASUS tentu punya peluang untuk mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih berguna di masa depan.

Mekanisme pemilihan Gadget Champions 2022:

Sama seperti tahun lalu, Gadget Champions 2022 dipilih dengan mekanisme tertutup. Pertama-tama, tim redaksi Hybrid.co.id, YANGCANGGIH.com, dan Gizmologi.id menentukan nominasi dari perangkat dan layanan teknologi terbaik yang keluar di tahun 2022. Setelah menentukan nominasi, kami kemudian memilih pemenangnya berdasarkan kategori yang telah ditentukan.

Syarat menjadi salah satu nominasi Gadget Champions adalah gadget tersebut harus resmi dijual di Indonesia melalui distributor resmi yang ditunjuk oleh merek yang bersangkutan.