Dark
Light

Ini Dia Brand Smartphone Pilihan Konsumen untuk Dibeli 

1 min read
June 22, 2024

Setiap tahun berbagai pabrikan dan brand smartphone berlomba untuk merilis perangkat mereka untuk konsumen umum. Masing-masing hadir dengan fitur yang menggoda orang untuk membeli. 

Lalu, dari sisi konsuen, kira-kira brand smartphone apa saja yang menjadi pilihan mereka jika ingin membeli perangkat dalam 6 bulan ke depan?

Riset terbaru dari Reasance, sebuah divisi riset dari SEQARA Communications, menyebutkan ada 4 brand yang paling dipilih oleh konsumen untuk dipertimbangkan dibeli dalam waktu 6 bulan ke depan. 

Harga smartphone favorit

OPPO, Samsung, Apple, dan Vivo adalah nama brand yang paling dipertimbangkan untuk dibeli oleh konsumen Indonesia dalam 6 bulan mendatang. Dikutip dari keterangan resmi, survei ini dilakukan terhadap responden yang berada di wilayah Jabodetabek dengan usia antara 30 hingga 35 tahun, dan mayoritas (77,7%) memiliki penghasilan di bawah 10 juta rupiah.

Selera konsumen atas merek yang ingin dibeli dan juga harga dari perangkat jadi bagian penting ditengah kenaikan harga rupiah saat ini. Brand harus pintar mengatur strategi dan juga mengetahui kemauan pasar dalam merilis perangkat mereka. 

Aryo Meidianto, Analis Pasar Smartphone & Senior Consultant di SEQARA Communications, mengatakan, “Riset ini menunjukkan bahwa meskipun daya beli masyarakat masih belum pulih sepenuhnya, pasar smartphone di Indonesia masih menunjukkan potensi yang besar. Dominasi merek-merek seperti OPPO, Samsung, Apple, dan Vivo menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan layanan purna jual yang ditawarkan oleh merek-merek tersebut.”

Dalam survei ini, responden juga diperbolehkan untuk memilih lebih dari satu merek. dan data survei menyebutkan bahwa 35% konsumen  mempertimbangkan untuk membeli perangkat dalam rentang harga 5 sampai 8 juta rupiah. Di sisi lain ada 29% dari responden yang menyatakan niatnya untuk membeli smartphone di atas harga 10 juta rupiah. 

Untuk median lain, hanya 8% yang memilih kisaran harga 1 juta – 3 juta sebagai rentang harga favorit mereka dan untuk rentang harga 3 juta – 5 juta rupiah ada 12% responden. 

Harga favorit dari konsumen ini menjadi menarik juga, karena data menunjukan bahwa perangkat kelas mid range paling diminati, tetapi harga di atas 10 juta (yang masuk ke segmen premium to flagship) menjadi rentang harga favorit kedua yang dipilih konsumen. 

Aryo menambahkan, “…tren kenaikan minat terhadap smartphone dengan harga di atas 10 juta rupiah menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen yang menginginkan smartphone dengan fitur dan performa yang lebih tinggi.”

Reasance akan segera merilis survei ini dalam waktu dekat. Hybrid secara eksklusif mempublikasikan awal beberapa bagian dari hasil survei. Tunggu informasi hasil survei lain hanya di Hybrid.co.id.

Header image: AI via Copilot.

Previous Story

Realme GT 6 Resmi Meluncur di Indonesia, Bawa Jargon “AI Flagship Killer”

Next Story

Photowalk Malam Bersama Galaxy A35 5G, Ini Beberapa Hasil Fotonya

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Racing Edition, Desain Eksklusif Racikan BMW Designworks

Review Infinix Note 40 Racing Edition, Desain Eksklusif Racikan BMW Designworks

Bagi yang menyukai gadget unik, varian spesial dari Infinix Note

Updated: AI di Smartphone Makin Populer, Apa Komentar Pengguna?

Update: Ada perubahan data dari hasil survei sesuai rilis yang