Ingin Lebih Efisien dalam Produktivitas dengan Ponsel? Yuk Simak Fitur Unggulan Galaxy Z Fold5 Berikut Ini

Galaxy Z Fold5 menawarkan ruang kerja yang lebih lapang, sehingga ada cukup ruang untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus

Saat ini, Galaxy Z Fold Series adalah satu-satunya smartphone foldable berlayar besar yang bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia. Di generasi kelima, Galaxy Z Fold5 menyuguhkan Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci yang lebih besar daripada smartphone konvensional.

Berkat form factor inovatif, layar utama Dynamic AMOLED 2X 7,6 inci yang dapat dibuka jadi memberikan ruang kerja lebih lapang. Ini berarti lebih banyak informasi yang dapat ditampilkan, serta lebih leluasa mengerjakan berbagai tugas produktif dengan nyaman, bahkan saat perlu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Dengan Flex Hinge terbaru, layar dalamGalaxy Z Fold5 dapat dilipat tanpa celah sehingga membuatnya lebih ramping. Di sisi lain, skenario layar seperti ini memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak hal saat dilipat lewat Cover Screen Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,2 inci.

Lebih jauh, mari kita bahas beberapa fitur pendukung produktivitas yang hadir di Galaxy Z Fold5.

Keleluasaan Multitasking

Selama bertahun-tahun, Samsung terus mematangkan inovasi teknologi pada smartphone lipatnya. Termasuk meningkatkan pengalaman layar sebesar tablet untuk menangani tugas-tugas produktivitas secara lebih efisien, ada cukup ruang untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Mari mulai dari fitur Multi Window, fitur yang memungkinkan pengguna membuka tiga aplikasi secara berdampingan. Anggap saja, layar utama Galaxy Z Fold5 terdiri dari dua bagian ruang kerja seperti memiliki dua smartphone.

Salah satu skenario ruang kerja Multi Window yang bisa dilakukan, Anda dapat memaksimalkan membuka tiga aplikasi, tata letaknya satu aplikasi di separuh layar dan dua aplikasi di bagian layar lainnya. Skenario seperti ini memudahkan bagi mereka yang butuh untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus, sehingga akses akan aplikasi ini jadi lebih cepat. 

Misalnya saja Anda sedang meng-edit foto untuk keperluan artikel. Di sisi lain Anda membutuhkan untuk mencari informasi terkait artikel tersebut via browser dan secara bersamaan Anda juga harus melihat catatan Anda di aplikasi Notes Samsung. Dengan Galaxy Z Fold5 semua hal di atas bisa dilakukan dalam satu layar sekaligus. Memudahkan karena Anda tidak perlu buka tutup aplikasi, semua bisa diakses secara bersamaan. 

Ketika Anda sedang rapat, Galaxy Z Fold5 juga bisa membantu Anda bekerja lebih efisien. Anda bisa membuka aplikasi catatan untuk mencatat hal penting di rapat. Di window lain Anda bisa melihat aplikasi kalender untuk melihat jadwal dan di sisi lain, Anda juga bisa membuka browser untuk mencari informasi penting yang bisa digunakan dalam rapat. 

Dengan kemampuan ponsel lipat yang bisa dalam beragam sudut, ini juga memudahkan Anda dalam menjalankan produktivitas. Dengan posisi Z Fold5 yang ditekuk, Anda bisa presentasi produk via video atau Youtube, sambil melakukan pencatatan dengan  S Pen di layar lain. 

Jika tidak sedang multitasking, Anda juga dapat menjalankan satu aplikasi secara penuh dalam tampilan tunggal yang lapang. Fitur yang memungkinkan hal ini adalah fitur floating window. Dengan fitur ini misalnya Anda bisa membuka dokumen, sambil membuka file presentasi sebagai floating window di sisi layar. Jadi pekerjaan yang utama tidak akan terganggu. Dan jika dibutuhkan, Anda bisa dengan mudah langsung membuka aplikasi yang ada di floating window.

Fitur lainnya adalah fiturDrag and Drop dua tangan dan fitur pop-up tersembunyi. Dua fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan banyak tugas dan men-transferfile di antara beberapa aplikasi dengan mudah.

Misalkan Anda sedang membuat catatan perjalanan dan memerlukan beberapa foto untuk dimasukan di catatan ini, Anda bisa dengan mudah melakukan drag n drop foto dari galeri ke aplikasi Notes Samsung.  

Fitur lain yang juga berguna untuk mempermudah dalam kegiatan produktivitas adalah fitur Taskbar. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu yang memerlukan beralih ke antar aplikasi yang sering digunakan dengan cepat.

Lewat fitur Taskbar seperti yang ada di layar PC, Galaxy Fold5 dapat menampung beberapa aplikasi favorit dan mengingat hingga empat recent apps, proses multitasking dengan kondisi ini dapat berjalan lebih seamless.

Jadi jika Anda sering membuka aplikasi email, browser, aplikasi pencatatan dan kalender, maka empat aplikasi ini bisa Anda tempatkan di aplikasi favorit. Jadi saat bekerja, Anda dengan mudah membuka aplikasi email, lalu berganti ke browser, kemudian ke aplikasi kalender untuk menambahkan agenda Anda.

Flex Mode dan S Pen

Keunggulan utama lainnya yang ditawarkan perangkat dengan form factor lipat yang revolusioner seperti Galaxy Z Fold5 adalah memberikan pengalaman baru yang sangat unik bagi pengguna. Salah satunya berkat Flex Mode, layar utamanya dapat ditekuk pada sudut pelipatan antara 75 derajat hingga 115 derajat.

Dengan fitur ini Anda dapat menggunakan Galaxy Z Fold5 benar-benar layaknya laptop mini, lengkap dengan tampilan trackpad di salah satu layar ketika ponsel dilipat. 

Saat menggunakan Galaxy Fold5 dengan fitur ini, bagian layar yang aktif terbagi menjadi dua bagian. Anda dapat menggunakan bagian atas sebagai ruang kerja dan bagian bawah khusus untuk keyboard. Ini membuka skenario penggunaan baru yang tidak ditemukan di perangkat konvensional.

Fitur ini memudahkan ketika Anda sedang membuat dokumen di aplikasi pengolah dokumen. Menjadikan proses mengetik bisa lebih natural dan lebih cepat, layaknya mengetik di laptop. Menjelajah internet juga jadi lebih mudah dengan fitur Flex Mode, terutama ketika kita sedang mencari informasi tertentu. 

Letakan Galaxy Z Fold5 di meja, lalu tekuk dan buka aplikasi browser. Layar utama akan menampilkan peramban dan layar yang lain menampilkan papan ketik. Pengalaman layaknya laptop atau tablet dengan keyboard ini akan menjadikan pekerjaan bisa lebih efisien. 

Selain itu, Galaxy Z Fold5 merupakan satu dari segelintir perangkat Samsung yang dibekali S Pen terbaru yang kaya fitur. Teman pelengkap untuk merasakan pengalaman Galaxy Z Flip5 secara penuh. 

S Pen terbaru pada Galaxy Z Fold5 hadir dengan ukuran 41% lebih ramping. Ditunjang dengan hadirnya S Pen Case terbaru yang juga memiliki ukuran lebih tipis, membuat permukaan belakang Galaxy Z Fold5 menjadi lebih flat.

S Pen Fold Edition hadir dengan ujung pena berukuran 1,5mm dengan tingkat tekanan 4.096 dan dilengkapi bermacam-macam fitur yang berguna untuk menunjang produktivitas. Termasuk kemampuan untuk mengedit dokumen Samsung Notes saat meeting online di Google Meet secara real-time.

Selain itu, ada pula fitur S Pen to Text yang memungkinkan hasil coretan saat meeting diubah menjadi teks digital. Fitur ini memudahkan ketika kita membutuhkan untuk mengubah catatan rapat ke dokumen yang nantinya akan dibagikan ke peserta rapat. 

Misalnya Anda ditugaskan untuk menjadi notulen dalam rapat, dan hasil rapat ini nantinya akan dibagikan ke rekan Anda. Maka Anda bisa melakukan pencatatan rapat dengan S Pen layaknya menulis di kertas. Setelah itu, Galaxy Z Fold5 bisa mengubahkan menjadi tulisan teks. Dari teks ini bisa dengan mudah Anda susun dan rapikan, lalu pindahkan ke email untuk dikirimkan.

Proses pencatatan saat meeting ini jadi lebih cepat berkat dukungan S Pen terbaru untuk Galaxy Z Fold5 serta kemampuan Flex Mode.

Lewat fitur lain yaitu Air Command, Anda juga dapat membuat shortcut ke tindakan S Pen favorit. Kemudahan yang ditawarkan meliputi create note, view all notes, smart select, screen write, live messages, AR doodle, translate, PENUP, dan banyak lagi.

Kemudahan ini bisa dirasakan dalam keseharian dalam bekerja. Misalnya saja ketika sedang brainstorming bersama rekan, ada ide penting yang harus dicatat. Anda tidak perlu membuka aplikasi di layar, cukup menekan tombol di S Pen untuk perintah create note yang sebelumnya telah Anda atur. Prosesnya jadi lebih cepat, dan ide yang ada bisa langsung direkam dalam aplikasi Notes yang Anda gunakan.

Sebagai smartphone yang menitikberatkan pada produktivitas, Samsung sudah menenagai Galaxy Z Fold5 dengan chipset paling kencang dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Perangkat yang begitu serbaguna ini juga memiliki daya baterai yang teroptimalisasi, kapasitasnya 4.400 mAh yang dapat mengisi hingga 50% dalam waktu sekitar 30 menit dengan daya 25W.

Dengan segala fitur serta dukungan spesifikasi yang handal untuk sebuah ponsel lipat, Samsung Galaxy Z Fol5 bisa memiliki peran yang penting dalam kegiatan produktivitas penggunanya. Sebuah perangkat yang cocok bagi mereka yang mengidamkan portabilitas tanpa mengorbankan fungsionalitas.

Informasi harga dan pembelian

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba atau memiliki perangkat ini, sejak 18 Agustus 2023 lalu Anda sudah dapat membeli langsung Galaxy Z Fold5 yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp24.999.000 di toko daring ataupun gerai retail terdekat.

Samsung juga memberikan berbagai manfaat dan promo khusus buat konsumen yang datang ke Galaxy Studio di berbagai kota besar di Indonesia. Salah satunya di mall Central Park Jakarta dari tanggal 6-10 September 2023.