9 June 2022

by Galih

Perempuan Menjadi Penggerak Baru bagi Industri Game di India

Jumlah gamer perempuan di India telah mencapai 43%

Video game memang menjadi salah satu topik yang memiliki stereotip didominasi oleh para laki-laki. Sedangkan perempuan masih dianggap sebagai pelengkap baik dari sisi pengembangan maupun target pasar.

Namun hal tersebut berbeda di India, karena ternyata industri video game di sana kini terpengaruh dengan tumbuhnya semakin banyak perempuan yang berkecimpung di dalam dunia video game.

Fakta ini disampaikan lewat laporan terbaru dari All-India Gaming Federation (AIGF). Dalam laporannya disebutkan bahwa India kini menjadi rumah lebih dari 400 juta gamer, dengan mayoritas penggunanya bermain menggunakan smartphone.

Yang menarik adalah 43% dari jumlah gamer mobile di India tersebut kini adalah gamer perempuan. Lebih lanjut laporan tersebut juga menunjukkan bahwa video game kini populer di kalangan perempuan di semua kelompok umur.

Image Credit: Firstpost

Hasil tersebut disebut sebagai pertanda baik yang menunjukkan bahwa semua perempuan di India kini memiliki kesamaan kesempatan untuk mengakses video game. Tanpa harus terhalang umur, tempat tinggal, dan status pernikahan.

Kemudian juga tercatat bahwa 77% dari gamer mobile perempuan di India bermain setidaknya satu kali dalam sehari. Rata-rata waktu bermain yang dimainkan oleh para gamer ini berkisar pada 53 menit per harinya.

Menariknya, para gamer perempuan ini memainkan cukup banyak variasi game. Tercatat bahwa genre yang populer di kalangan para gamer perempuan ini antara lain adventure,first-person shooter (FPS), multiplayer online battle arena (MOBA), survivalist horor, virtual sport, dan bahkan strategi.

Meskipun para gamer perempuan di India didominasi oleh mereka yang merupakan 'gamer kasual', tetapi beberapa gamer perempuan juga mampu membawa nama mereka menjadi "top name" di industri gaming profesional India.

Beberapa gamer profesional perempuan India tersebut antara lain ShaguftaXyaa Iqbal, Monika Sherlock Jeph, Saloni Panwar, dan juga Pooja Khatri. Para pemain profesional tersebut sendiri bahkan juga telah merepresentasikan India ke dalam berbagai turnamen esport internasional.

Selain sebagai gamer aktif, para perempuan di India ini juga masuk ke berbagai lini lain di dalam industri gaming India. Seperti developer game, ambassador, hingga pengusaha video game yang membantu tumbuhnya pasar video game di India secara signifikan.

Pada akhirnya, video game sebenarnya bukanlah sebuah industri yang eksklusif untuk kaum pria saja. Bahkan perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk menunjukkan keahlian, passion, dan juga kemampuan mereka. Dan ke depannya, diharapkan lebih banyak perempuan yang terlibat di dalam industri video game.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)