18 April 2023

by Glenn Kaonang

Indonesia Jadi Pasar Game Mobile Terbesar Ketiga di Dunia versi data.ai

Sepanjang tahun 2022, gamer Indonesia mengunduh total 3,45 miliar game mobile

Sudah bukan rahasia kalau Indonesia memiliki pasar game mobile yang besar. Sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia dan dengan penetrasi smartphone yang sudah menembus angka 80%, sudah sewajarnya Indonesia mempunyai andil besar di industri game mobile. Laporan terbaru dari data.ai bahkan menempatkan Indonesia sebagai pasar game mobile terbesar ketiga di dunia.

data.ai belum lama ini merilis State of Mobile 2023 Gaming Report. Berdasarkan data yang mereka kumpulkan, Indonesia mencatatkan jumlah unduhan game mobile sebanyak 3,45 miliar pada tahun 2022, naik sekitar 320 juta dari tahun sebelumnya. Spesifik untuk pasar game Android, Indonesia menempati urutan ketiga, di belakang Brasil dan India.

Di sepanjang tahun 2022, gamer Indonesia juga menghabiskan $370 juta untuk game mobile, meningkat $50 juta dari tahun 2021. Secara daya beli, Indonesia memang masih jauh di belakang negara-negara Asia lain macam Jepang, Korea Selatan, maupun Taiwan, yang masing-masing sudah mencatatkan angka miliaran dolar.

Menurut data.ai, total belanja konsumen untuk game mobile secara global turun -5% menjadi $110 miliar pada tahun 2022. Hal ini dapat dikaitkan dengan dua tren — resesi dan ketidakpastian ekonomi global, serta perubahan peraturan tentang user targeting yang berdampak pada pendapatan publisher game mobile.

Namun berdasarkan data selama kuartal pertama 2023, hal ini bisa menjadi koreksi jangka pendek dalam pola kenaikan jangka panjang, mengingat gamer mobile di dunia saat ini menghabiskan sekitar $1,64 miliar dan mengunduh hampir 1,2 miliar game setiap minggunya.

Meskipun angka-angka tersebut belum mampu menyamai tingkat belanja konsumen di masa puncak pandemi, gamer di seluruh dunia tampak cenderung mengikuti tren untuk terus mengeluarkan uang melampaui total nominal belanja mobile game pada kuartal pertama 2020, atau naik hampir 30% dari masa sebelum pandemi.

"Riset kami menunjukkan bahwa minat terhadap game mobile masih sangat tinggi. Sebagai salah satu pasar terbesar untuk industri game mobile dengan lebih dari 3 miliar unduhan tahun lalu, terdapat peluang untuk pertumbuhan yang signifikan bagi pasar game di Indonesia. Industri game di Indonesia yang dinamis ini akan terus mencetak pertumbuhan yang luar biasa di tahun-tahun mendatang," ucap Lexi Sydow, Head of Insights di data.ai, dalam siaran pers.

Game mobile terfavorit di Indonesia

Pada kuartal pertama 2023, Mobile Legends: Bang Bang menduduki posisi teratas dalam daftar game yang paling banyak diunduh di Indonesia, serta menjadi yang terdepan dalam hal belanja konsumen dan pengguna aktif bulanan. Sebelumnya game MOBA ini juga memimpin pertumbuhan belanja konsumen di Indonesia yang melonjak sebesar $9,9 juta dari tahun 2021 hingga 2022, diikuti oleh Higgs Domino Island yang tumbuh $7,6 juta.

Menariknya, dua game lokal rupanya berhasil masuk ke dalam daftar game yang paling banyak diunduh, yaitu Clackers Master: Latto Latto dari Own Games Indonesia di posisi ke-7 dan Aku si PETERNAK LELE dari KAJEWDEV di posisi ke-4.

Serupa dengan Clackers Master, game Latto-Latto juga mengalami pertumbuhan yang mengesankan, dengan kenaikan sebanyak 621 peringkat ke posisi 8. Popularitas game ini tentunya punya kaitan langsung dengan nostalgia para pemain terhadap mainan anak Indonesia zaman dahulu, yaitu bola kentongan yang biasa disebut latto-latto, yang kembali populer di kalangan anak-anak zaman sekarang.

Gambar header: Pandhuya Niking via Unsplash.