Dark
Light

Keunggulan Teknologi Ray Tracing Pada Exynos 2400, Bikin Grafis Game Tampak Nyata

1 min read
December 20, 2023
Ray-tracing

Bermain game bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai dan melepas diri dari dunia nyata. Baik di konsol dengan layar televisi yang besar, laptop gaming yang dipakai untuk bekerja, atau di mana saja dan kapan saja lewat smartphone, masing-masing platform menawarkan pengalaman uniknya tersendiri.

Sebelumnya hanya para gamer PC dan konsol yang bisa merasakan pengalaman bermain game dengan grafis yang realistis berkat teknologi ray tracing. Namun sebetulnya teknologi ray tracing juga sudah mulai diadopsi oleh beberapa smartphone flagship seperti Galaxy S23 Series.

Mendekati waktu peluncuran penerus Galaxy S23 Series, Samsung baru-baru ini membocorkan kehebatan Exynos 2400 yang akan menjadi ‘the next flagship chipset’ di tahun depan. SoC ini menjanjikan peningkatan performa yang signifikan dibanding model sebelumnya Exynos 2200, termasuk peningkatan kemampuan ray tracing-nya.

Samsung mengklaim bahwa performa CPU pada chipset Exynos 2400 ini meningkat 1,7x dan lebih tinggi 14,7x di sektor pengolahan kecerdasan buatan (AI). Untuk olah grafisnya, Exynos 2400 mengandalkan GPU Xclipse 940 yang berbasis arsitektur AMD RDNA 3. GPU ini memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan ray tracing secara real-time.

Secara sederhana, ray tracing sendiri adalah metode rendering grafis terbaru dan terbaik saat ini yang mewujudkan efek grafis secara real-time dengan menelusuri sinar cahaya. Sehingga dapat menampilkan bayangan, refleksi, dan pencahayaan yang jauh lebih realistis dan tampak nyata terlihat lebih alami.

Tentunya Samsung juga terus melakukan berbagai upaya untuk melakukan rendering yang lebih efisien, salah satunya dengan mengurangi jumlah komputasi tetapi mempertahankan tingkat kualitas yang sama. Serta, berkolaborasi secara terbuka dengan pengembang mesin game dan pengembang game.

Industri game mobile masih akan terus bertumbuh pesat di tahun depan. Dari segi perpustakaan game, walaupun tidak bisa dibandingkan langsung dengan game PC dan konsol, tetapi game mobile dengan grafis memukau dan cerita yang menarik juga terus bermunculan. Keuntungan lain, smartphone adalah perangkat utama yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Samsung belum mengungkap secara detail fitur dan spesifikasi yang akan dibawa oleh Exynos 2400. Sebenarnya bisa ditebak, chipset Exynos 2400 ini kemungkinan besar akan menenagai smartphone flagship Samsung mendatang yaitu Galaxy S24 Series yang akan diperkenalkan awal tahun depan.

Previous Story

Rengkuh Minat TV Layar Besar, Samsung Jelaskan Keunggulan TV Layar Besar Mereka

Next Story

OPPO Find N3 Flip, Bawa Fitur Unggulan yang Tidak Ada di Perangkat Sejenis

Latest from Blog

Don't Miss

Tips Streetphotography dengan Ponsel 

Kami berbincang dengan mentor dari acara workshop foto Hybrid tentang

Samsung Bagikan Life Hack Agar Gen Z Makin Produktif dengan Galaxy Tab S9 FE 

Sejak diperkenalkan pada kuartal keempat tahun 2023 silam, Galaxy Tab