Esports Ecosystem

Indonesia Digital Motorsport Championship Buah Kerjasama Sim Racer Indonesia Dengan IMI

04 Oct 2019 | Akbar Priono
Merupakan kejurnas Sim Racing pertama di Indonesia, IDMC mempertandingkan 6 sirkuit dengan tiga kelas berbeda

Kordinasi antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) dengan Sim Racer Indonesia sepertinya jadi semakin erat. Baru-baru ini mereka mengumumkan akan menyelenggarakan IDMC, Indonesia Digital Motorsport Championship. Kompetisi ini sendiri merupakan kejuaraan nasional balap digital pertama yang ada di Indonesia.

Esports Sim Racing ini sendiri memang terbilang cukup unik jika diabandingkan dengan esports lain. Karena sifatnya yang simulasi, membuat hubungan antara balapan simulator dengan balapan dunia nyata jadi terasa menjadi sangat dekat. “Maka dari itu, Sim Racing sendiri sudah diakui oleh FIA Pusat dan masuk ke dalam klasifikasi baru yang disebut sebagai Digital Motor Sport” ujar Andika Rama “RamStig” Maulana, salah satu pembalap virtual yang kerap kali dianggap sebagai wajah komunitas.

IDMC #2
Sumber: Facebook Sim Racing Indonesia

Kompetisi ini sendiri akan diselenggarakan mulai dari 13 Oktober sampai Desember 2019 mendatang. Balapan terdiri dari 6 putaran, berikut rincian tanggal serta sirkuit yang digunakan.

  1. Silverstone GP Circuit – 13 Oktober -2019
  2. Circuit Zandvoort – 20 Oktober 2019
  3. Sepang International Circuit – 10 November
  4. Suzuka Circuit – 17 November 2019
  5. Atlanta Motorsports Park – 24 November 2019
  6. Autodromo Jose Carlos Pace – 1 Desember 2019

Kompetisi akan dilakukan dengan menggunakan platformrFactor 2. Pertandingan sendiri dibagi menjadi tiga seed. Seeded A akan menggunakan mobil Nissan GT 1 open setupseeded B akan menggunakan mobil Nissan GT 4 fix setup, non-seeded akan menggunakan 370Z GT 4 fix setup.

“Untuk penentuan seed tersebut akan dilakukan oleh komunitas, dengan approval dari IMI. Penentuan seed ini mempertimbangkan beberapa hal seperti Race Result, Laptime, termasuk juga attitude sang pembalap.” Rama menjelaskan.

Sumber: Facebook Pribadi Andika Rama
Sumber: Facebook Pribadi Andika Rama

Terkait kerjasama ini, Rama juga sedikit menceritakannya. “IMI dengan SRI (Sim Racing-ID sebenarnya sudah merencanakan ini semua sudah cukup lama, dari awal 2019. Awalnya pada saat Festival Racing Simulator yang diadakan di Mangga Dua Mall, lalu kami, SRI dan IMI kepikiran untuk membuat Kejurnas Sim Racing.” Rama menceritakan.

“Alhamdulillah, setelah perundingan panjang, akhirnya turnamen ini beneran terlaksana. Jadi kita juga kebetulan sesuai arahan dari IMI, target untuk tahun ini adalah melakukan pengkaderan juara atlet Digital Motorsport. Saya sendiri sangat senang dengan ini. Merupakan langkah awal untuk scene Digital Motorsport atau bisa dibilang esportsnya Sim Racing, di Indonesia.” Rama melanjutkan.

Ini tentu menjadi pembuka yang baik bagi kerjasama antara komunitas Sim Racing Indonesia dengan Ikatan Motor Indonesia. Banyaknya kompetisi tentu diharapkan bisa memunculkan bibit pembalap simulator Indonesia untuk turut berkompetisi di kancah Digital Motorsport internasional.