Dark
Light

IM-ku: Instant Messenger Serba Lokal

1 min read
July 22, 2010

Aplikasi untuk chatting menjadi salah satu primadona di penggunaan ponsel tanah air, baik itu aplikasi terpisah yang harus di-download terlebih dahulu, maupun yang telah tersedia secara langsung di ponsel. Bahkan beberapa provider lokal juga meluncurkan aplikasi messenger sebagai salah satu unggulan mereka.

Pengguna Indonesia yang senang mengobrol memang pangsa pasar yang sangat besar, pertumbuhan pengguna ponsel juga terus meningkat, salah satu produk aplikasi yang diminati banyak pengguna adalah aplikasi chatting, dan salah satu yang memanfaatkan peluang ini adalah PT. inTouch Innovate Indonesia yang meluncurkan aplikasi instant messenger yang diklaim serba lokal: IM-ku.

Seperti yang dituliskan oleh VIVAnews, IM-ku merupakan aplikasi chatting yang serba lokal, menggunakan bandwith lokal, server lokal serta konten lokal. Aplikasi chatting ini memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi chat lain seperti, misalnya eBuddy.

Pengguna bisa men-download aplikasi IM-ku dari ponsel melalui link http://get.im-ku.com atau lewat SMS dengan mengetikkan IMKU dan mengrimkan ke 9800, nanti akan ada SMS balasan berupa alamat url untuk melakukan download.

Seperti yang dituliskan di situs mereka, IM-ku bisa digunakan di semua ponsel berbasis Java dari berbagai merek dan tipe, yang penting sudah ada fitur GPRS/3G. Seperti aplikasi messenger lain, selain fitur chatting, di aplikasi ini terdapat berbagai fitur seperti mengganti avatar, mengirimkan gambar, membuat group, conference, send audio, serta penggunaan ikon smiley.

Selain itu salah satu kemudahan yang, mungkin bisa menjadi keunggulan IM-ku adalah pengguna bisa menambahkan atau mengundang teman dari nomor ponsel mereka. Jika teman anda belum terdaftar, maka anda bisa mengirimkan SMS yang berisi alamat url agar teman tersebut bisa melakukan download.

Saya mencoba menggunakan IM-ku ini, dengan melakukan download dari ponsel. Mungkin dikarenakan masih dalam taraf beta, saya masih tidak nyaman dengan cara pengorganisasian yang ada di IM-ku, bisa jadi karena saya juga telah terbiasa dengan aplikasi chatting lain, yang mungkin juga akan dirasakan pengguna lain. Selain itu saya mencobanya di ponsel layar sentuh dan masih ada beberapa fitur yang tidak berjalan sempurna, seperti daftar kontak tidak bisa di scroll ke bawah.

Saat ini IM-ku telah bisa digunakan di berbagai jenis ponsel, sebagian besar adalah ponsel menengah bawah sesuai target market mereka, antara lain Elzio, HT Mobile, Ivio, KTouch, Lexus, Nokia, Skybee Mobile, Blackberry, SPC Mobile, Taxco, Vitell, XP Mobile serta pilihan untuk Java Signed Version serta Java Unsigned Version.

Kalau melihat dari visi-misi di situs mereka, yaitu untuk membangun aplikasi chat lokal, memang patut diacungi jempol, tapi sayang, sepertinya mereka masih menggunakan model yang bukan berasal dari Indonesia untuk situs mereka.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Senjata ‘Lain’ Google Buzz: The Google Buzz Firehose

Next Story

Silahkan Dicoba, Fitur Frame Bar Dari LintasBerita

Latest from Blog

Don't Miss

Whatsapp Bakal Bisa Kirim Gambar Tanpa Kompresi?

Siapa yang saat ini masih menggunakan Whatsapp untuk mengirim gambar?

Whatsapp Bakal Bisa Digunakan pada 2 Smartphone, Kodenya sudah Tertulis pada Aplikasinya

Pengguna Whatsapp saat ini tentu sudah senang dengan hadirnya fiturĀ multidevice.