Dark
Light

Whatsapp Bakal Bisa Kirim Gambar Tanpa Kompresi?

1 min read
January 27, 2023

Siapa yang saat ini masih menggunakan Whatsapp untuk mengirim gambar? Mengirim gambar dengan menggunakan aplikasi yang digunakan oleh banyak orang di Indonesia ini memang cukup memudahkan. Tinggal memilih gambar yang diinginkan, melakukan sedikit editing dasar, dan klik kirim. Sang penerima pun juga akan mendapatkan gambar tersebut dengan cepat.

Namun kita semua tahu bahwa kualitas gambar yang terkirim akan menurun cukup drastis sehingga kurang pas untuk kebutuhan tertentu. Jika kita melakukan zoom pada gambar yang dikirim, akan sangat terlihat gambar menjadi lebih buram dari aslinya. Hal tersebut pun bahkan terjadi walaupun kita menggunakan pilihan Best Quality yang ada pada setting Whatsapp Beta.

Untuk mengirimkan gambar dengan resolusi penuh, pengguna bisa melakukannya dengan memilih opsi Documents. Namun hal tersebut membuat kita harus mencari nama file gambar tersebut. Untuk orang yang sudah berpengalaman, hal ini mungkin akan cukup mudah. Namun untuk orang yang awam, sepertinya hal ini malah menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Untuk mengatasi hal ini, Whatsapp sepertinya akan meluncurkan sebuah fitur yang akan memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar tanpa kompresi. Hal tersebut diungkapkan oleh WABetaInfo, sebuah situs yang selalu mengikuti perkembangan dari aplikasi tukar pesan Whatsapp, di mana pada aplikasi beta versi 2.23.2.11 terdapat fitur tersebut.

Pengguna hanya harus melakukan pengiriman gambar seperti biasa. Namun nantinya bakal ada icon roda gerigi baru untuk membuka setting di samping icon untuk melakukan cropping. Pada setting tersebut, pengguna nantinya bakal bisa memilih kualitas foto yang bakal dikirim. WABetaInfo mengatakan bahwa nantinya kualitas asli dari foto yang akan kita kirim bisa dipilih.

Pada aplikasi Whatsapp Beta yang sedang beredar sekarang (terakhir pada penulisan artikel ini ada pada 2.23.3.5), pilihan tersebut belum muncul. Namun WABetaInfo sudah bisa menampilkan seperti apa pilihan kualitas gambar tersebut nantinya. Hal ini akan sangat berguna jika kita ingin mencetak sebuah gambar dengan kualitas aslinya.

Hal ini tentu saja untuk mengejar ketertinggalan Whatsapp dari sang pesaingnya, Telegram, yang memang hadir penuh dengan banyak fitur. Untuk pilihan pengiriman gambar tanpa kompresi, Telegram memang sudah bisa menggunakannya semenjak lama. Bahkan gambar yang kita kirim nantinya akan tersimpan pada server Telegram.

Semoga saja Whatsapp mengeluarkan fitur ini untuk semua penggunanya dalam waktu dekat. Untuk sementara, gunakan saja dulu pilihan best quality untuk mengirim foto Anda dengan menggunakan Whatsapp Beta. Aplikasi Whatsapp Beta bisa langsung di-download dari website resmi mereka.

Sumber: WABetaInfo

Fractal ekspansi ke Polygon
Previous Story

Marketplace NFT Khusus Gaming Fractal Ekspansi ke Polygon

apa itu AI
Next Story

Mengenal 2 Tipe Artificial Intelligence: AGI dan ANI

Latest from Blog

Don't Miss

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia

realme Rilis C63, Punya Kamera 50MP dan Fitur Pengisian Daya Cepat

realme meluncurkan smartphone baru, yaitu realme C63. Salah satu fitur