10 August 2023

by Galih

IGN Luncurkan Chatbot AI untuk Panduan Video Game

Era baru dalam panduan video game dimulai

Penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terus berkembang ke berbagai ranah industri. Salah satu yang menarik perhatian adalah penggunaan chatbot AI oleh salah satu media gaming terbesar, IGN.

Anda tidak salah dengar, IGN baru saja memperkenalkan salah satu eksperimen terbarunya, IGN Guides Chatbot Alpha. Sesuai namanya, chatbot AI ini dilatih untuk nantinya membantu memberikan panduan bagi mereka yang kesulitan dalam bermain game.

Tidak hanya sekadar menyajikan artikel, namun kehadirn chatbot ini akan memberikan tips dan bahkan menuntun para gamer di dalam level game yang tengah menghambat mereka secara spesifik.

Untuk percobaan pertamanya, IGN menggunakan panduan untuk gameThe Legend of Zelda: Tears of Kingdom. Gamer yang ingin mencoba dapat masuk dengan menggunakan akun IGN dan akan menemukan jendela chat baru di bawah laman panduannya.

Image credit: IGN

IGN melatih chatbot milik mereka dengan berbagai pengetahuan mengenai Tears of Kindom dan mengombinasikannya dengan menggunakan pemrosesan bahasa natural untuk menjawab pertanyaan para gamer.

"Kami memimpikan panduan ini dapat bertindak sebagai solusi pencarian komprehesif untuk para gamer yang mencari jawaban cepat untuk masalah rumit mereka," ungkap Peer Schneider, salah satu founder dari IGN, dalam pengumuman resminya.

Peer menjelaskan bahwa inovasi ini akan membantu para gamer mendapatkan solusi yang dibutuhkan tanpa harus mengecek banyak halaman satu per satu. Meski begitu, IGN akan tetap menyediakan sistem pencarian konvensional.

Untuk saat ini, IGN memang memperbolehkan siapapun untuk menjajal chatbot barunya tersebut. Namun IGN juga mengingatkan bahwa saat ini mereka masih dalam tahap pengetesan alpha.

Image credit: IGN

Ke depannya, IGN akan membuat akses chatbot milik mereka ini eksklusif untuk anggota IGN saja. Namun di sisi lain, IGN memastikan bahwa tim pengembang mereka akan terus meningkatkan interaksi yang dapat dilakukan.

IGN sendiri menyadari bahwa salah satu daya tarik unik yang mereka miliki adalah adanya panduan, penelusuran, dan bahkan kode cheat dari berbagai game lintas generasi. Maka dari itu mereka ingin terus melanjutkan tradisi tersebut.

Implementasi chatbot untuk panduan game ini memang bukan suatu hal yang rumit, namun berpotensi besar untuk mengubah cara interaksi para gamer yang mencari solusi tentang masalah dalam video game yang tengah mereka hadapi.