Zelda: Tears of the Kingdom Terjual 10 Juta Kopi Dalam 3 Hari

Berkat rekor ini, sekuel Breath of the Wild ini menjadi kandidat terkuat untuk memenangkan Game of the Year tahun ini

Hanya dalam waktu tiga hari setelah dirilis, Zelda: Tears of the Kingdom berhasil menembus total penjualan lebih dari 10 juta kopi. Penjualan ini merupakan akumulasi dari penjualan global, dan menjadi game terlaris dari seri Zelda dalam sejarah Nintendo.

?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1658819667492851713%7Ctwgr%5E92a00c4df08f4ca25a612faace4331d51a7692bf%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fsea.ign.com%2Fthe-legend-of-zelda-tears-of-the-kingdom%2F199167%2Fnews%2Ftears-of-the-kingdom-sells-10-million-copies-in-3-days

Sekuel dari Breath of the Wild yang laku keras ini juga tidak bisa dilepaskan dari para reviewer game yang kebanyakan memberikan angka dan pujian yang tinggi kepada game ini.

Banyak aspek yang menjadi daya tarik utamanya, mulai dari gameplay yang inovatif, teka-teki, mekanik-mekanik baru, dan dunia open-world yang sangat memukau. Tears of the Kingdom memberikan sebuah makna baru untuk game open-world selama ini, karena verticality dunianya yang sangat dipikirkan dan dikembangkan dengan baik, menjadikan daratan, lautan, dan angkasa menjadi sebuah tempat yang bisa dijelajahi.

Mekanik dan gameplay yang inovatif juga benar-benar terasa di dalam game ini. Dalam Tears of the Kingdom, pemain bisa membuat benda apa saja dari bahan apa saja. Dengan begitu, pemain benar-benar dibebaskan untuk berkreasi sesuka hati mereka, yang hanya bisa dibatasi oleh imajinasi masing-masing pemain.

Perlu diingat bahwa Tears of the Kingdom menjadi game Nintendo pertama yang dijual seharga $70, sehingga angka 10 juta ini benar-benar menjadi rekor yang sangat luar biasa.

Sebagai perbandingan, God of War: Ragnarok membutuhkan waktu tiga bulan untuk menembus angka 11 juta kopi. Sedangkan Elden Ring membutuhkan waktu selama 1 bulan sejak dirilis untuk menyentuh 12 juta kopi pertamanya. Kabarnya, Elden Ring akan mempersiapkan DLC pertamanya untuk rilis di tahun ini.

Kedua game tersebut merupakan kandidat terkuat yang bersaing pada nominasi Game of the Year tahun lalu, dan The Legend of Zelda; Tears of the Kingdom berhasil melampauinya dengan sangat cepat. Apalagi, mengingat game ini merupakan game eksklusif Nintendo, hal ini menambah satu lagi faktor yang membuat mengapa angka 10 juta kopi dalam 3 hari ini sungguh memukau.

Dari rekor di atas, banyak yang menggadang-gadang Tears of the Kingdom sebagai kandidat terkuat untuk menyabet nominasi Game of the Year untuk tahun ini. Kandidat lainnya yang berpotensi menjadi saingan dari Tears of the Kingdom adalah Resident Evil 4 Remake yang rilis pada Maret lalu dan Final Fantasy 16 yang akan rilis di bulan Juni mendatang.