6 February 2023

by Lukman Azis

IDC: Penjualan Tablet Turun 3,3% Pada Tahun 2022, Chromebook Terjun 48%

Apple masih menjadi penguasa pasar tablet berkat ekosistem iPad yang sangat kuat yakni 49,2% pada periode Q4 2022

IDC telah menerbitkan laporan pengiriman tablet dan Chromebook secara global untuk sepanjang tahun 2022 dan Q4 2022. Secara keseluruhan, pasar tablet mengalami penurunan sebesar 3,3% pada tahun 2022, tetapi mencatatkan pertumbuhan datar sebesar 0,3% untuk Q4 2022 dibandingkan pada kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Namun angka yang mengejutkan adalah Chromebook. Setelah tahun 2021 yang kuat dengan pertumbuhan sebesar 180,5%, pasar Chromebook yang kembali normal mencatatkan penurunan 48% untuk tahun 2022 dan penurunan sebesar 24,3% pada Q4 2022.

Kembali ke tablet, kekuatan pendorong utama pasar tablet pada tahun 2022 masih Apple dan Samsung. Apple masih menjadi pemimpin dengan menguasai pangsa pasar hampir setengahnya, yakni 49,2% di Q4 2022 dengan pertumbuhan 28,8% dan 38% untuk sepanjang tahun 2022 dengan pertumbuhan 7,0%.

Portofolio tablet Apple atau iPad memang sangat kuat. Pada bulan Oktober 2022, Apple mengumumkan suksesor tablet paling terjangkaunya iPad 10.2 (2021) dengan iPad (2022) yang mengusung desain all-screen baru, meninggalkan port Lightning ke USB Type-C, membawa peningkatan kamera dan performa yang lebih kencang dengan Apple A14 Bionic (5 nm). Juga ada iPad Air (2022), serta tablet tahun sebelumnya iPad Mini (2021) dan iPad 10.2 (2021) yang juga masih sangat menarik dimiliki tahun ini.

Sementara, tablet flagship Apple kini memiliki performa yang sama seperti laptop MacBook Air dan MacBook Pro 13 inci generasi terbaru. Apple memperbarui iPad Pro 11 dan 12,9 generasi keenam (2022) dengan chip Apple M2. SoC ini mengemas CPU 8-core yang hingga 15% lebih cepat dari M1 dan GPU 10-core yang menyuguhkan pemrosesan grafis hingga 35% lebih cepat.

Beralih ke penguasa tablet nomor dua, Samsung menguasai pangsa pasar 16,8% pada Q4 2022 atau tumbuh sebesar 7,1% dan 18,6% untuk setahun penuh 2022 dengan catatan penurunan tipis 0,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Tahun lalu, Samsung punya tablet premium trio Galaxy Tab S8 Series yang dipimpin oleh Galaxy Tab S8 Ultra dengan layar Super AMOLED jumbo seukuran laptop yakni 14,6 inci dan beberapa model tablet kelas menengah. Sayangnya pada Galaxy Unpacked kemarin, kita tidak melihat suksesor Galaxy Tab S8 Series bersama Galaxy S23 Series.

Selanjutnya ada Amazon, Huawei, dan Lenovo yang juga cukup rajin menggelontorkan tablet baru ke pasar, namun ketiganya mencatat pertumbuhan negatif untuk kedua periode tersebut. Tahun 2022 sebetulnya menarik, karena di masa ekonomi yang sulit, OPPO dan Xiaomi mencoba masuk dengan tablet kelas menengah. Sebagai contoh, OPPO Pad Air dan Xiaomi Redmi Pad yang mana jika dibekali dengan keyboard Bluetooth juga dapat menggantikan fungsi laptop entry-level.

Untuk pasar Chromebook, IDC memperkirakan bahwa kemajuan apa pun yang dibuat oleh Chromebook di luar sektor pendidikan akan mereda di sepanjang tahun 2023. PC masih akan menguasai segmen selain pendidikan.

Sumber: GSMArena dan IDC