7 April 2024

by Galih

Hyundai Bagikan 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik dengan Mobil Listrik

Hyundai juga memperhatikan pengguna mereka yang punya mobil listrik dengan memberikan berbagai layanan untuk pemilik mobil listrik

Tahun ini kelihatannya menjadi salah satu gelombang mudik terbesar di Indonesia ini. Berbagai moda transportasi pun dipilih para pemudik, termasuk menggunakan kendaraan listrik (EV) untuk menuju kampung halaman.

Mudik menggunakan kendaraan listrik tentunya masih bukan menjadi hal yang lumrah, tetapi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah mengeluarkan beberapa hal yang harus diperhatikan para pemudik dengan mobil listrik ini.

1. Cek kondisi mobil listrik sebelum mudik

Pengecekan ke bengkel resmi sebelum mudik wajib dilakukan oleh para pemudik yang berencanan menggunakan kendaraan pribadinya. Pengecekan tersebut diperlukan baik itu kendaraan konvensional maupun kendaraan listrik.

Pengecekan tersebut penting dilakukan untuk memastikan seluruh bagian kendaraan dalam kondisi baik. Sehingga kendaraan berada dalam kondisi prima dan siap untuk menempuh perjalanan mudik yang rata-rata jauh.

2. Tentukan rute perjalanan dan pengecasan

Salah satu hal baru yang wajib diperhatikan oleh para pemudik menggunakan mobil listrik adalah travel management yang efektif. Travel management ini mencakup berbagai aspek, mulai dari persiapan fisik hingga penentuan rute perjalanan.

Penting bagi pengguna EV untuk memperhatikan kapasitas baterai mobil listrik dan memperkirakan jarak yang bisa ditempuh. Adapun, lini mobil listrik Hyundai memiliki jarak tempuh yang jauh sehingga memiliki kapasitas yang mumpuni untuk melakukan perjalanan mudik.

Berikut adalah rata-rata jarak tempuh dari mobil-mobil listrik Hyundai:

  •  IONIQ 5 Standard Range (Prime & Signature) : 384 km
  • IONIQ 5 Long Range (Signature) : 451 km
  • IONIQ 5 Long Range (Prime) : 481 km
  • IONIQ 6 : 519 km

3. Ketahui lokasi charging station Hyundai di rute mudik

Meskipun telah memiliki jarak tempuh yang cukup jauh, namun ada baiknya untuk tetap mengetahui lokasi charging station yang akan dilalui. Dengan begitu Anda bisa berkendara lebih tenang saat mudik.

Utamanya, Hyundai telah memiliki jaringan charging station di ratusan titik di seluruh Indonesia, termasuk di dealer-dealer yang siap jaga untuk melayani pemudik, sehingga pelanggan bisa mengisi daya dengan nyaman.

Untuk rute perjalanan mudik di Pulau Jawa, pemudik bisa menggunakan jaringan charging station Hyundai yang telah tersedia di kota-kota seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sedagkan untuk para pemudik di Pulau Sumatera, para pengguna mobil listrik Hyundai bisa menikmati manfaat dari jaringan charging station Hyundai di kota-kota seperti Tangerang, Serang, Lampung, Palembang, Jambi, Padang, Medan, hingga Aceh.

4. Tetap tenang hadapi kemacetan arus mudik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mudik tahun ini kelihatannya menjadi salah satu mobilisasi terbesar. Meskipun begitu, para pengguna mobil listrik tidak perlu khawatir ketika terjebak dalam kemacetan.

Perlu diketahui bahwa kondisi idle pada mobil listrik bekerja berbeda dari mobil bermesin bensin. Karena saat berhenti  motor penggerak mobil listrik bekerja minimal. Sehingga konsumsi daya listriknya rendah.

Namun, tetap penting bagi pengguna untuk memperhatikan daya baterai di tengah kemacetan. Jika dalam kondisi baterai yang menipis, pengguna bisa segera mencari tempat pengisian daya terdekat.

5. Manfaatkan layanan 'Hyundai Jaga perjalanan mudikmu'

Hyundai memahami bahwa para pemilik mobil listrik Hyundai akan memanfaatkan momen mudik 2024 ini. Maka dari itu HMID menyelenggarakan program Hyundai Jaga perjalanan mudikmu di berbagai titik.

Dengan layanan ini, para pemudik tidak perlu khawatir bila ada kendala pada mobil listrik mereka sewaktu-waktu.Maka dari itu, penting untuk mencatat lokasi-lokasi Hyundai Before Service ini.

  • Rest Area Cikampek KM 57 (5–12 April) 
  • Rest Area Semarang KM 429A (5–11 April) 
  • SPBU Utama Raya Situbondo (6–15 April)  
  • Rest Area Brebes KM 260B (12–15 April)

Seluruh lokasi Hyundai Before Service juga menyediakan AC charging untuk mobil listrik Hyundai dan ruang tunggu serta makanan ringan. Khusus di Rest Area Cikampek (KM 57), turut tersedia layanan pengisian nitrogen, kursi pijat, musala, dan kids area.

6. Hadapi kondisi darurat bersama Hyundai

Kondisi darurat selama perjalanan mudik memang tidak diinginkan. Tetapi bila terjadi, maka para pengguna Hyundai dapat menggunakan Layanan Darurat 24 Jam yang dapat diakses via aplikasi MyHyundai, Call Center resmi Hyundai di 0 800 1 878 878 (bebas pulsa), maupun via Bluelink.

Ada berbagai layanan darurat yang disediakan oleh Hyundai mulai dari layanan towing 'Roadside Assistance'. 'Hyundai Mobile Charging' yang tentunya penting bagi pemilik mobil listrik yang baterainya menipis.

Hingga layanan 'Hyundai Take Me Home' yang bisa mengantarkan para pemilik Hyundai sampai di tempat tujuan mudik bila mobil mereka mengalami kendala para di jalan dan harus menginap di bengkel resmi.

7. Bengkel Siaga Hyundai selalu siap meski libur lebaran

Terakhir, Hyundai juga menghadirkan Bengkel Siaga yang akan membantu pemudik untuk perbaikan dan perawatan meskipun saat libur Lebaran sekalipun.

Pelanggan juga dapat berkonsultasi dengan layanan bengkel ini. Bengkel Siaga Hyundai akan tetap buka pada 6–15 April 2024 sesuai jam operasional masing-masing. Khusus pada 10–11 April, bengkel hanya buka pukul 13.00–16.30 waktu setempat. Bengkel Siaga Hyundai akan hadir di beberapa titik berikut:

  •  Jabodetabek & Banten (Cilegon, Pluit, BSD City, DI Panjaitan, Simprug,  Kalimalang, Cibubur, Sholeh Iskandar) 
  • Jawa Barat (Karawang, Cirebon, Leuwipanjang, Ahmad Yani) 
  • Jawa Tengah dan Yogyakarta (Tegal, Purwokerto, Puri Anjasmoro, Solo Baru,  Mlati) 
  • Jawa Timur (Wiyung, Gubeng, Sutoyo, Kediri, Jember) 
  • Bali (Sunset Road) 
  • Sumatra (SM Raja, Panam, Khatib Sulaiman, Soetta, Jambi)

Untuk informasi lebih lanjut terkait Hyundai Jaga perjalanan mudikmu dapat mengunjungi website berikut.Para pemilik Hyundai juga bisa mendapatkan informasi mengenai produk dan layanan di berbagai kanal media sosial HyundaiMotorIndonesia.