Dark
Light

Ide Kegiatan Fotografi di Masa Liburan dengan Galaxy S23 Series

4 mins read
April 7, 2024

Momen liburan akan segera tiba. Salah satu kegiatan yang tidak akan lepas dari kegiatan liburan di era smartphone ini adalah fotografi. Beragam aktivitas saat liburan baik bareng teman atau keluarga tidak lengkap jika tanpa foto-foto yang epic. 

Kegiatan liburan seperti jalan-jalan atau saat pulang ke kampung halaman akan menarik untuk diabadikan lewat fotografi. Penggunaan ponsel yang mudah dibawa ke mana saja menjadi alat yang paling tepat untuk kegiatan ini. 

Salah satu perangkat yang mumpuni untuk menghasilkan foto epic adalah Samsung Galaxy S23 Series. Kemampuan kamera untuk fotografi yang dibawanya bisa menghasilkan foto yang diambil seperti dari kamera profesional. 

Buat yang masih belum terbayang ingin memfoto apa, salah satu content creator yang juga fotografer, Mada Riyandi punya tips untuk Anda yang ingin menghasilkakan foto epic saat liburan. 

Camping atau piknik untuk ambil foto alam 

Anda yang ingin meng-capture foto alam bisa mulai merencakana untuk piknik atau camping. Selain menikmati suasana alam bisa juga mencari foto yang berhubungan dengan alam seperti foto-foto scenery. 

Mada menuturkan bahwa Anda bisa explore angle dan objek foto dengan lebih seru dengan menambahkan aspek humanis dari kegiatan yang dilakukan bersama teman dan keluarga. 

Bisa juga rencana camping ini jadi tambah seru dengan road trip menggunakan camper van. Dengan ini Anda juga bisa membuat foto dengan camper van agar lebih unik. 

Dari sisi fitur yang ada di Galaxy S23 Series sendiri, Mada menuturkan bahwa untuk mendapatkan hasil foto dengan hasil dan angle yang unik, Anda bisa meng-explore lensa dan mode resolusi yang ada di Galaxy S23 Series. 

Salah satu contohnya adalah menggunakan lensa ultra wide untuk capture momen bareng teman dan keluarga seperti membangun tenda sambil tetap mendapat scenery yang utuh sebagai latar belakangnya. 

Atau bisa bisa pilih mode resolusi 200MP atau 50MP untuk mendapatkan detail yang real dari setiap scenery yang kita foto. 

Ambil foto street dengan keliling kota 

Saat mudik ke kampung halaman, Anda juga bisa mengeksplorasi kota untuk mendapatkan foto yang epic. Salah tipsnya adalah berkunjung ke tempat atau lokasi ikonis dan historis untuk mengambil foto. 

Tips dari Mada adalah perhatikan komposisi dari tiap foto yang diambil. Untuk memastikan komposisi gambar dari foto, kita bisa menggunakan grid lines sebagai panduan, di mana fitur tersebut bisa ditemukan pada bagian settings dari kamera Galaxy S23 Series. 

Selain itu, bisa juga memanfaatkan objek-objek seperti jajaran bangunan, jalan raya, trotoar, hingga pepohonan untuk mendapatkan komposisi gambar yang ideal.

“Buat yang mau explore komposisi foto lebih jauh saat hunting street photography, kamu bisa pakai fitur zoom hingga 100x di Galaxy S23 Series. Dengan rentang zoom yang luas, kamu tidak hanya bisa ambil objek menarik dari kejauhan, tapi juga bisa mengatur proporsi foto yang akan diambil untuk menghindari objek yang mengganggu di sekitar. Kamu pun tidak perlu khawatir hasilnya akan blur karena kualitas foto zoom dari Galaxy S23 Series ini tetap jernih dan detail. Di samping itu, kamu juga bisa berkreasi dengan teknik portrait dan long exposure untuk membuat street photography kamu lebih bercerita,” ucap Mada.

Bisa juga explore sisi aesthetic di rumah

Nah, rumah juga bisa loh jadi tempat hunting foto epic. Anda bisa mencari sudut-sudut menarik di rumah untuk mendapatkan foto yang seru. Tips dari Mada adalah gunakan Expert RAW dan Pro Mode yang ada di Galaxy S23 Series. 

“Buat aku, kalau kita tidak bisa explore banyak objek saat memotret, kita perlu memperkuat ambience dari foto untuk memberikan kepuasan lebih dari hasil yang didapat. Karenanya, aku recommend banget untuk pakai Expert RAW dan Pro Mode di Galaxy S23 Series buat kamu yang mau dapet foto-foto aesthetic dari spot dan objek yang ada di rumah. Soalnya, dengan dua fitur itu, kita bisa atur tone warna hingga exposure secara manual, jadi kita bisa menghidupkan mood dari foto yang diambil. Apalagi, dengan Expert RAW kita bisa pakai format foto RAW yang bisa kita edit lebih jauh untuk memperkuat aspek-aspek tertentu sehingga hasilnya akan benar-benar sesuai keinginan,” tutur Mada.

Fitur AI yang kini hadir di Galaxy S23 Series

Galaxy AI yang merupakan fitur menarik untuk foto dengan bantuan AI kini juga telah hadir di Galaxy S23 Series. Fitur ini sebelumnya hanya hadir untuk perangkat Galaxy S24 Series. 

Dengan Galaxy AI, kegiatan foto bisa lebih seru karena fitur AI yang dibawanya bisa membantu untuk menghasilkan foto yang paling epic. 

Beberapa fitur yang berguna antara lain adalah Photo Assist. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan saran atas foto yang diambil untuk dioptimasi atau di-edit dengan bantuan AI. 

Pilihan yang bisa Anda coba adalah fitu Edit Suggestion untuk saran penyempurnaan foto dan video, Generative Edit untuk Background Filling atau penghapus objek (atau kombinasi) dengan bantuan AI.

Tips di atas bisa coba diterapkan untuk menghadapi momen liburan kali ini. Mendapatkan foto yang epic selama liburan kini tidak lagi sulit karena sudah bisa menggunakan ponsel seperti Galaxy S23 Series, yang kaya fitur dan handal untuk urusan fotografi. 

Mada mengatakan bahwa, “Galaxy S23 Series sangat cocok untuk siapa saja yang ingin mendalami fotografi, baik itu buat pemula maupun yang expert sekalipun. Soalnya, smartphone ini sudah punya banyak fitur yang bisa mendukung berbagai teknik pengambilan gambar. Galaxy S23 Series punya pilihan lensa yang bervariasi seperti lensa 200MP di Galaxy S23 Ultra, zoom sampai 100x untuk capture foto epic dari objek yang posisinya jauh sekalipun, hingga Expert RAW dan Pro Mode untuk menyesuaikan hasil gambar berdasarkan setting dari lokasi hunting foto, jadi kita bisa explore berbagai style foto cukup bermodal smartphone.”

Galaxy S23 Series sendiri hadir dengan fitur fotografi terdepan dan juga dukungan untuk membuat konten seperti memori internal luas dan baterai yang besar.

“Galaxy S23 Series merupakan pilihan terbaik bagi konsumen untuk mendalami fotografi dengan smartphone. Selain dibekali fitur fotografi terdepan, Galaxy S23 Series juga dilengkapi pilihan memori internal hingga 1TB sehingga pengguna bisa simpan berbagai foto tanpa khawatir memori akan cepat habis. Selain itu, Galaxy S23 Series  juga punya baterai besar hingga 5.000mAh yang tahan seharian untuk menemani pengguna hunting foto sepuasnya,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Informasi terkati produk Samsung Galaxy S23 Series bisa dilihat di Samsung.com/id.

Previous Story

Vivo Bagikan Tips Abadikan Aktivitas Libur Lebaran dengan V30 Series

Next Story

Hyundai Bagikan 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik dengan Mobil Listrik

Latest from Blog

Don't Miss

Sasar Gen Z yang Suka Olahraga, Samsung Unggulkan Fitur Kamera Galaxy Z Flip6

Pasca peluncuran pre-order-nya beberapa waktu silam, Samsung Galaxy Z Flip6

Blibli Buka Pre-Order Samsung Galaxy Z Series dengan Berbagai Benefit Menarik!

Kehadiran Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 tentu menjadi salah