24 February 2024

by Wiku Baskoro

Jalan-Jalan ke Booth Hyundai di IIMS 2024, Lihat Teknologi EV Terbaru Mereka

Hadir upla Hyundai IONIQ 5 Batik yang belum lama dirilis

IIMS 2024 sebentar lagi berakhir, tetapi masih ada waktu untuk Anda yang ingin mengunjungi sampai tanggal 25 Februari nanti. Tim Hybrid kebetulan sempat mapir ke pameran ini dan berkunjung ke booth Hyundai.

Mobil yang dihadirkan Hyundai di booth-nya ini cukup menarik, karena memberikan ruang yang cukup menonjol untuk mobil EV atau mobil listrik. Pengunjung bisa melihat IONIQ 5, lalu IONIQ 6, ada pula IONIQ 5 BATIK yang belum lama diperkenalkan. Serta ada Hyundai SEVEN concept car serta KONA Electric.

Banyaknya pajangan mobil EV ini selaras dengan komitmen Hyundai dalam solusi mobilitas untuk pasar Indonesia. Juga atas niat untuk memperkuat kepemimpinan mereka di ekosistem kendaraan listrik dengan kampanye semangat 'Hyundai EX. Expect more'. 

Sebagai informasi, Hyundai sendiri telah menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia sejak 2020, sampai kini mereka telah mencoba untuk membangun ekosisten kendaraan listrik mulai dari pembangunan pabrik battery cell dan battery pack, produksi EV perdana dalam negeri sampai dengan 200 charging stasion di Indonesia. 

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan, “Hyundai memiliki visi Progress for Humanity untuk terus berinovasi menciptakan masa depan yang lebih baik, salah satunya melalui pengembangan berkelanjutan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk menjadi pemain penting di ASEAN. Hal ini selaras dengan salah satu misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai EV hub di Asia Tenggara. Sejalan dengan mimpi besar ini, Hyundai akan terus memimpin dan mengakselerasi elektrifikasi industri otomotif di Indonesia dengan mendorong penguatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepentingan secara luas, baik itu pemerintah maupun pelaku industri terkait.”

Kehadiran di IIMS 2024 juga menjadi jalan bagi Hyundai untuk menunjukkan pada konsumen tanah air tentang layanan yang diberikan, terutama untuk mengajak beralih ke kendaraan listrik. 

Kenyamanan worry- free, layanan after-sales andal, dan ekosistem teknologi terintegrasi. Beragam usaha ini memperkuat komitmen berkelanjutan dari Hyundai yang juga mendukung program pemerintah.

Hal menarik di booth Hyundai IIMS 2024

Ada beberapa hal menarik yang bisa dinikmati di booth Hyundai di IIMS 2024. Yang pertama adalah yang berhubungan dengan kendaraan listrik. 

Hyundai tidak tanggung-tanggung dalam mempromosikan mobil listrik mereka. Termasuk juga special display dan mobil listrik terbaru mereka. 

Kita bisa melihat jajaran mobil listrik yang sudah banyak beredar di jalanan Indonesia seperti Hyundai IONIQ 5. Tetapi kali ini ada yang spesial karena Hyundai menyediakan IONIQ 5 Batik yang bisa langsung dimiliki oleh pengunjung dengan harga Rp990,000,000 (OTR Jakarta) dalam jumlah terbatas. 

Mobil IONIQ Batik 5 ini hadir dengan pola Batik Kawung dari sisi ekterior mobil yang blending dengan desain IONIQ sendri, menjadikannya spesial karena terlihat dari luar. Pola Batik Kawung hadir dengan warna abu-abu pada eksterior hood, roof, sisi mobil, dan pintu belakang. Sedangkan di sisi interior mobil hadir pula pola Batik Kawung berwarna abu- abu muda dan ornamen metalik berpola Batik Kawung di jok, klakson, dan sandaran lengan. 

IONIQ 5 menawarkan pengalaman berkendara terdepan dengan jarak tempuh 451 km, laju dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,4 detik, serta fitur keamanan lengkap dari Hyundai SmartSense. IONIQ 5 juga menggunakan E-GMP yang memungkinkan hadirnya fitur inovatif seperti Vehicle-to-Load (V2L) untuk mengisi daya perangkat elektronik. 

Mobil elektrik lain yang menarik perhatian saya antara lain adalah IONIQ 6 serta All New KONA Electric serta mobil konsep SEVEN Concept. 

IONIQ 6 hadir dengan tampilan yang sangat berbeda dari sisi luar dari IONIQ 5. Apalagi bagian belakangnya yang hadir serasa mobil sport non elektrik. Selain itu, di pameran ini hadir pula IONIQ 6 dengan warna doff gelap yang menambah keran penampilannya. 

IONIC 6 merupakan mobil listrik all wheel drive, juga dilengkapi Vehicle to Load technology yang memungkinkan mobil ini menjadi sumber listrik 3.6 kW untuk perangkat elektronik. V2L di mobil ini hadir untuk penggunaan dalam mobil dan luar mobil. Memungkinkan Anda mengisi daya gadget di dalam mobil atau luar mobil  (misalnya ketika traveling). 

Untuk All New KONA Electric hadir sebagai EV SUV dengan eksterior yang sleek dan aerodinamik. Mobil EV yang juga menarik perhatian dari sisi desain adalah SEVEN Concept. 

Yang dipajang di IIMS 2024 adalah berwarna hijau, tampilan belakangnya transparan dengan desain keseluruhan mobil gabungan antara kegagahan dan elemen modern. 

Hyundai menjelaskan bahwa mereka memaksimalkan versatility platform E-GMP untuk menciptakan konsep lounge di interior SEVEN Concept yang memberi pengguna kebebasan untuk mengubah layout kabin sesuai kebutuhan. 

Hadir pula Vision Roof Display dan layar OLED panoramic untuk kesan futuristis pada mobil. 

Selain mobil secara fisik tentu saja layana lain diperlukan untuk mendukung sebuah ekosistem menyeluruh. Hyundai juga menghadirkab beberapa layanan terkait ini. Yaitu Hyundai Jaga, Hyundai Jamin yang ditujukan untuk memberikan layanan kepemilikan mobile listrik yang worry-free.

Dikutip dari rilis, layanan khusus lini kendaraan listrik ini, Hyundai menawarkan berbagai manfaat bagi pelanggan yang melakukan pembelian IONIQ 5 dan IONIQ 6 pada 2024 melalui Hyundai Jamin, yang mencakup: 

  • Jamin ganti mobil baru*, yaitu jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil Anda mengalami nilai kerusakan minimal 50%. Berlaku sampai dengan 1 tahun setelah mobil dikirim.
  • Jamin pelunasan cicilan*, yaitu jaminan pelunasan pembiayaan selama masa tenor bagi pemilik kendaraan apabila mengalami kecelakaan. Berlaku khusus bagi pelanggan Hyundai Finance.
  • Jamin biaya medis konsumen*, yaitu jaminan biaya perawatan medis bagi pengendara dan penumpang apabila mengalami kecelakaan. Jaminan ini berlaku untuk maksimal 5 orang dengan biaya hingga Rp100.000.000 per individu. Program ini berlaku hingga 1 tahun setelah mobil diterima oleh pelanggan.
  • Jamin penggantian biaya ban*, yaitu jaminan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama bagi pelanggan. Manfaat ini berlaku selama 1 tahun setelah serah terima kendaraan dan diberikan bila ban yang rusak akibat kecelakaan sudah tidak dapat digunakan lagi.

Anda masih bisa mengunjungi booth HMID di Hall D IIMS 2024, JIExpo Kemayoran selama 15–25 Februari 2024. Anda bisa melihat, mencoba (test drive) beragam mobil Hyundai baik EV maupun bukan. Anda juga bisa mempelajari ekosistem mobilitas terbarukan dari ekosistem kendaraan listrik Hyundai.

Ikuti juga informasi terkait kegiatan dan produk terkini dari Hyundai di situs resmi HMID di www.hyundai.com/id/id, atau lewat media sosial Instagram HyundaiMotorIndonesia, Youtube Hyundai Motors Indonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan X @HyundaiMotorID.