Esports Ecosystem

Hybrid Cup x Drop the Cap Coba Jangkau FGC Luar Jabodetabek

23 Jan 2020 | Akbar Priono
Hybrid Cup yang satu ini akan mempertandingkan Tekken 7 dan Samurai Showdown di Surabaya!

Tahun baru 2020 menjadi momentum bagi Hybrid untuk melebarkan sayap. Dari awal Januari, kami sudah mulai terus mencoba melebarkan sayap lewat gelaran Hybrid Cup. Beberapa di antaranya adalah bekerja sama dengan Batavia Gamers untuk menyelenggarakan turnamen Smash pertama di Hybrid Dojo yang bertajuk Batavia Brawl: Pre Season. Lalu ada Hybrid Cup Rainbow Six Siege sebagai bentuk persembahan kami terhadap komunitas R6 IDN. Dan yang terbaru, ada Hybrid Cup Series – Play on PC: Fighting Game Tournament yang mempertandingkan Tekken 7 Rookie, Street Fighter V, dan Soul Calibur VI.

Tak hanya menghadirkan cabang game baru, Hybrid Cup juga kini mencoba untuk menjangkau komunitas fighting game di luar Jabodetabek lewat gelaran Hybrid Cup x Drop the Cap yang akan diadakan di Surabaya! Tak hanya itu, Hybrid Cup x Drop the Cap juga menghadirkan satu cabang yang belum pernah ada di Hybrid Cup sebelumnya, yaitu Samurai Showdown.

Drop the Cap sendiri merupakan komunitas fighting game yang berdiri sejak 2017 di Surabaya. Nama komunitas ini terinspirasi dari game Fatal Fury, yang mengacu kepada pose kemenangan Terry Bogard saat ia melempar topinya setelah memenangkan pertarungan.

Sumber: Drop the Cap Official Page
Sumber: Drop the Cap Official Page

“Komunitas ini bermula sebagai grup pecinta card gameForce of Will yang cuma berisikan 5 orang saja. Setelah melihat EVO 2015-2016, saya akhirnya mulai mencoba fighting game dan membawanya ke dalam grup tersebut. Karena kami punya ketertarikan yang sama, akhirnya kami memulai komunitas ini di tahun 2017, dan mulai aktif mengadakan berbagai acara di tahun 2018-2019.” cerita Dwiky Armand Sucahyo, founder pertama Drop the Cap.

Walau diadakan di luar kota, antusiasme komunitas terhadap Hybrid Cup x DTC ini ternyata cukup tinggi. “Sejauh ini sudah ada 23 pemain terdaftar untuk Tekken 7, sementara untuk Samurai Showdown sudah ada 14 pemain.” Ucap Anthony Febrianto Yusran selaku ketua penyelenggara Hybrid Cup x Drop the Cap.

“Kehadiran event ini disambut dengan sangat baik oleh komunitas di Surabaya. Pemain besar seperti MishimaBoy serta M45T4Z ikut turun di dalam turnamen. Selain itu, kompetisi ini banyak didatangi oleh pemain baru, bahkan pemain dari Jember juga turut mengikutinya. Ada satu peserta lagi, namanya mas Unggul (USH), dia bahkan datang jauh-jauh dari Bandung untuk mengikuti turnamen ini.” Anthony menceritakan antusiasime komunitas di Surabaya.

Pendaftaran Hybrid Cup x DTC masih dibuka sampai 27 Januari 2020 mendatang. Bagi Anda yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, Anda dapat turut meramaikan dan mengikuti turnamen ini dengan mendaftar pada tautan berikut: smash.gg/tournament/hybrid-idn-x-dropthecap-major-tournament. Acara ini akan diadakan pada 2 Februari 2020 mendatang di BOBER Cafe, Jl. Raya Jemursari, Kota Surabaya.

Sumber: CityMagz
BOBER Cafe, tempat yang menjadi venu gelaran Hybrid Cup x Drop the Cap. Sumber: CityMagz

“Kerja sama dengan DTC adalah salah satu bentuk dukungan Hybrid ke komunitas FG. Ini sesuai dengan rencana Hybrid yang ingin ikut serta dalam perkembangan Tekken dan game fighthing yang kini sedang naik daun. Harapannya, hal ini bisa menjadi katalis untuk komunitas FG di berbagai kota lain agar menjadi aktif juga. Semoga saja nanti kalau ada kejuaraan yang berskala nasional, peserta luar jabodetabek bisa semakin banyak turut hadir.” Wiku Baskoro Co-Founder Hybrid.co.id memberikan komentarnya.

“Harapan kerja sama ini bisa mempererat hubungan kami (DTC) dengan Hybrid. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Hybrid karena merangkul pemain Tekken di Surabaya. Komunitas sendiri merespon positif dengan kehadiran Hybrid Cup ini. Harapan jangka panjang untuk DTC ataupun Hybrid, semoga di masa depan kita bisa menayangkan berbagai fighting game lain dan mendorong perkembangan FGC di Indonesia.” tutup Anthony dari Drop the Cap.

Bagi Anda petarung yang ada di Surabaya, jangan lupa daftar dan unjukkan kemampuan terbaik Anda di Hybrid Cup x Drop the Cup Surabaya!