Esports Ecosystem

Kompetisi Sengit Komunitas Smash Bros di Batavia Brawl: Pre-Season

14 Jan 2020 | Akbar Priono
Raelu, sosok pemain yang sebelumnya jarang muncul di kalangan komunitas, muncul sebagai juara Batavia Brawls: Pre-Season

Akhir pekan kemarin (Sabtu, 11 Januari 2020), gelaran Batavia Brawl telah selesai digelar. Raelu, keluar sebagai pemenang setelah berhasil mengalahkan Jesskiel di babak final. Walau pertandingan ini masih merupakan gelaran Pre-Season, namun persaingan ketat serta rivalitas amat kental terasa.

Dua pemain yang bertanding di babak Grand-Final ini sebenarnya bukanlah dua pemain yang aktif dan biasa menjadi juara dalam gelaran Batavia Brawls sebelumnya. “Jess dulu gue undang untuk datang ke dalam kompetisi lewat Discord. Lalu Raelu juga gue undang, karena dia dulu temannya teman kampus gue, yang pernah memenangkan turnamen Smash di kampus.” Cerita Abby Co-Founder BGLucky.

Saat Jess dan Raelu lolos ke babak top 16, komunitas yang hadir di Batavia Brawl pun terperanjat. “Bahkan komunitas berkelakar bahwa BGLucky mengundang ‘hidden bosses’ ke event Jakarta…hahaha.” Sebelumnya, pemain yang langganan masuk top-16 adalah nama-nama seperti Sir Samo, Azore, Random, Harunupil, Bento Argento, dan tapumelee. Azore dan Sir Samo bahkan sempat memenangkan Batavia Brawls seri sebelumnya, namun mereka berdua tersapu begitu saja oleh Raelu ataupun Jesskiel.

Pada babak final, pertarungan berlangsung dalam seri best of 5. Jesskiel berangkat dari Lower-Bracket, berusaha keras melakukan reset bracket terhadap Raelu. Ia lalu berhasil membuka kemenangan di pertarungan pertama, tapi Raelu tetap saja tidak semudah itu melenggang mulus setelahnya. Jesskiel berkali-kali membalasnya, sampai akhirnya bracket pun di-reset. Pada pertarungan penentuan, keduanya kembali bersaing keras. Raelu dengan menggunakan karakter Joker dari game Persona akhirnya berhasil menjadi juara setelah satu pukulan Smash mematikan ke arah Jess.

Sumber: Dokumentasi Hybrid
Sumber: Dokumentasi Hybrid

Berikut top 12 dari gelaran Batavia Brawl: Pre-Season

  • CHAMPION – Raelu
  • 2nd place – Jesskiel
  • 3rd place – TapuMelee
  • 4th place – Von
  • 5th – 6th – Sir Samo
  • 5th – 6th – azore
  • 7th – 8th – harunupil
  • 7th – 8th – Random
  • 9th – 12th place – BentoArgento
  • 9th – 12th – KEN
  • 9th – 12th – animusity
  • 9th – 12th – Dio

“Ini adalah awal langkah BGLucky di awal tahun 2020, dan kami masih punya perjalanan yang panjang di depan. Kerja sama dengan Hybrid untuk Batavia Brawl Pre-Season memberikan banyak pengalaman baru, bagi kami ataupun komunitas. Kami merasa beberapa hal seperti area menonton khusus, tempat yang nyaman, serta peralatan yang disajikan oleh Hybrid adalah pengalaman baru yang berkesan bagi BGLucky dan komunitas. Untuk selanjutnya, pertama-tama kami akan mengumumkan ranking untuk Season 1 yang berisikan top 32 pemain dari PreSeason. BGLucky berharap semua bagian ekosistem tetap mendukung kami seiring perjalanan dan jangan lupa untuk never getts tired of being a gamer.” Abby Savero Fuadin, Co-Founder Batavia Gamers Lucky, memberikan pendapatnya.

“Pendapat gue soal komunitas Smash Bros sih antusiasmenya keren, skill permainan para peserta juga sangat menghibur, membuat tontonan jadi sangat menarik. Cukup menarik melihat perkembangan FGC SmashBros. Terlebih, Nintendo Switch juga cukup populer di Indonesia, jadi kemungkinan besar komunitas ini akan tumbuh lebih besar lagi. Di masa depan, kita akan terus berkomunikasi dengan BGLucky sebagai penyelenggara. Besar peluangnya bagi Hybrid Dojo untuk kembali mengadakan kegiatan lain terkait Smash Bros.” Ucap Wiku Baskoro, Co-Founder Hybrid.co.id, memberikan pandangannya.

Batavia Brawls di Hybrid Dojo berhasil menyajikan ragam pertandingan yang bikin penonton bergidik. Ini menunjukkan, bahwa komunitas yang dianggap ‘kecil’ sekalipun, tetap bisa menyajikan semangat kompetitif yang tinggi.