27 July 2022

by Glenn Kaonang

Grup Musik Duo Humania Akan Rilis Proyek NFT Musik di Blockchain Cardano

Sempat vakum selama 16 tahun, Humania akhirnya kembali berkarya sejak 2018, dan kini siap terjun langsung ke ranah NFT musik

Tren NFT terus bertambah populer di belantika musik tanah air. Semakin hari semakin banyak musisi lokal yang memanfaatkan NFT sebagai medium baru dalam berkarya, baik secara pribadi maupun dengan menggandeng platform seperti Netra. Menariknya, meski NFT lebih sering diasosiasikan dengan generasi muda, nyatanya tidak sedikit musisi veteran yang ikut meramaikan tren ini.

Salah satu yang terbaru adalah Humania, grup musik duo yang digawangi oleh Eq Puradiredja dan Heru Singgih. Sempat vakum selama sekitar 16 tahun, Humania akhirnya kembali aktif berkarya sejak tahun 2018. Tahun ini, mereka rupanya juga ingin merasakan langsung demam NFT dengan meluncurkan proyek NFT-nya sendiri.

Melalui Twitter, Humania mengumumkan rencananya untuk merilis proyek NFT musik pertamanya di blockchain Cardano. Mereka juga memaparkan beberapa alasan yang mendorong mereka untuk terjun langsung ke ranah NFT, utamanya keinginan untuk menginspirasi dan mempersatukan dunia melalui musik dan NFT.

Humania belum merincikan secara detail proyek NFT musiknya bakal seperti apa; apakah akan melibatkan lagu-lagu baru, atau versi alternatif dari koleksi lagu lamanya. Satu hal yang pasti, NFT musik Humania akan didampingi oleh karya seni yang memiliki konsep senada dan mengemas pesan yang kuat mengenai berbagai perubahan yang sedang terjadi di dunia.

Tentu saja, pembahasan mengenai proyek NFT tidak akan lengkap tanpa menyinggung soal utilitas. Terkait hal ini, para pemilik NFT musik Humania nantinya bakal dimanjakan dengan merchandise, event online, maupun sejumlah keuntungan lainnya. Lebih lengkapnya akan dibeberkan saat proyek NFT musik Humania resmi dirilis pada tanggal 9 Agustus nanti.

Pemilihan blockchain-nya cukup menarik karena buat sebagian orang, nama Cardano mungkin kalah tenar dibanding Ethereum maupun Solana. Kendati demikian, Cardano sebenarnya sudah cukup sering menjadi pilihan para musisi kelas dunia. Mulai dari frontman ZZ Top, Billy Gibbons, sampai rapper sekaligus Web3 enthusiastSnoop Dogg, semuanya pernah merilis proyek NFT musik di blockchain Cardano.