Featured Article

[Guide] Tiga Cara untuk Melawan Invoker Dota 2

27 Jan 2020 | Yudi Anggi
Hanya ada dua jenis pemain Invoker, dia yang memiliki set Dark Artistry dan yang tidak

Invoker adalah hero yang digemari oleh banyak pemain. Dari pemain baru sampai ‘joki MMR’ sekalipun akan memakai hero ini. Invoker sangat menyebalkan untuk dilawan dari awal sampai akhir game.

Di awal game ia bisa membantu temannya tanpa berpindah lane dengan skill Sun Strike-nya. Invoker juga memiliki kemampuan farming yang bagus. Ia mempunyai base damage yang besar, sehingga akan mudah untuk mengadu last hit dengan musuhnya. Dengan Forged Spirit dan Alacrity membuatnya mudah untuk menghabiskan jungle camp sendirian. Di late game, Invoker sangat kuat dengan combo skill yang ia miliki. Tornado, Meteor, Cataclysm, dan Deafening blast adalah combo yang paling banyak digunakan. Apabila musuhnya tidak memiliki Black King Bar, sudah pasti invoker bisa membunuh targetnya dengan mudah.

Jadi bagaimana caranya untuk melawan Invoker? Saya akan menekankan 3 cara yang dapat Anda pilih untuk mengalahkan Invoker.

Memiliki gold yang lebih banyak dibandingkan Invoker

Sumber: Polygon
Sumber: Polygon

Yang pertama adalah memenangkan adu farming melawan Invoker. Saya sempat mengatakan bahwa Invoker sangat cepat untuk melakukan farming. Rekor milik saya sendiri adalah menyelesaikan Hand of Midas dalam waktu 3 menit. Guna memenangkan adu farming melawan Invoker, Anda harus menggunakan hero-hero yang jauh lebih mudah untuk memenangkan adu last hit dan lebih cepat untuk menghabiskan jungle camp. 

Ada dua hero yang menurut saya cocok yaitu Shadow Fiend dan Templar Assassin. Shadow Fiend bisa menang melawan hampir semua hero midlane (kecuali melee hero) dengan damage Necromastery yang ia miliki. Shadowraze miliknya dapat melahap jungle camp dengan cepat. Tetapi ada satu kelemahan yang dimiliki Shadow Fiend ketika melawan Invoker. Shadow Fiend sangat mudah untuk dibunuh. Combo yang dibuka dengan Tornado dan disusul dengan Meteor Strike akan langsung membunuh Shadow Fiend. Combo ini bisa Invoker lakukan di awal game. Maka dari karena itu, Shadow Fiend harus menjaga jaraknya dengan Invoker.

Templar Assassin juga memiliki kemampuan adu last hit yang bagus. Tambahan damage dari Refraction sangat membantunya untuk mendapatkan setiap last hit dan deny. Invoker juga sulit untuk melancarkan harassment kepada Templar Assassin karena Refraction dapat menahan damage yang masuk. Bisa dibilang Templar Assassin lebih baik dibandingkan Shadow Fiend dalam menghabiskan jungle camp. Dengan Psi Blades, Templar Assassin memungkinkan dirinya untuk mengambil ancient jungle camp di awal game. 

Kenapa harus lebih kaya dibandingkan Invoker? Tujuannya adalah mengejar item BKB lebih cepat. Jadi ketika Invoker memutuskan untuk menyudahi farming-nya,  Anda sudah memiliki item untuk melawannya.

Buat dia menderita di laning phase

Sumber: tiltreport
Sumber: tiltreport

Hanya ada segelintir hero yang bisa melawan Invoker di laning phase. Tidak heran apabila Kuro “Kuroky” Salehi Takhasomi beberapa kali mengambil Invoker di pick phase pertama. Biasa disebut dengan lane bully, hero-hero ini bisa menekan siapapun yang dia lawan.

Pertama, Broodmother merupakan hero yang sangat menyebalkan untuk Invoker. Bagaimana ia bisa menang melawan Invoker? Spiderling dapat memberikan damage yang besar. Dibantu dengan Medallion of Courage, Broodmother bisa membunuh Invoker dengan cepat. Invoker sendiri tidak dapat mengusir Broodmother dengan mudah. Broodmother memiliki Insatiable Hunger yang memungkinkan dirinya mendapatkan lifesteal yang sangat besar. Walaupun damage dari Invoker memang besar, hit point dari Broodmother pun akan terisi kembali sampai-sampai berani menabrak tower tier 1.

Ada beberapa hero lagi yang berpotensi untuk menekan Invoker di laning phase. Yaitu Kunkka dengan sustainability dan damage besar di Tidebringer nya. Invoker pun akan sulit mengadu last hit dengan hero melee seperti Kunkka.

Patahkan combo-nya

Sumber: DeviantArt

Mungkin ini adalah cara melawan Invoker yang paling mudah. Jangan sampai termakan combo-nya. Kekuatan paling mematikan Invoker adalah di setiap combo skill-nya. Pilihlah hero-hero yang dapat mematahkan combo dari Invoker. Hero dengan escape ability seperti Anti Mage atau Puck tentu akan sangat sulit diincar oleh Invoker. Hero-hero yang memiliki spell immune seperti Lifestealer dan Juggernaut sangat berguna untuk mendekati Invoker ketika berperang.