Dark
Light

Guest Post : Statistik Sistem Operasi & Browser Pengguna Internet Indonesia November 2009

2 mins read
December 19, 2009

statsEditor : Postingan ini ditulis oleh Azwar Rosyadi, seorang engineer yang bekerja di TokoBagus.com, sebuah situs ecommerce lokal yang berbasis di Bali. TokoBagus melalui Azwar cukup berbaik hati untuk berbagi informasi mengenai statistik pengunjung yang semoga bisa menambah wawasan DS-wan dan DS-wati sekalian.

Data berikut kami peroleh dari pengumpulan data dari beberapa situs besar dan sedang di Indonesia yang telah kami seleksi dan telah terpasang widget Tokobagus dengan total8,2 juta pengunjung selama bulan November 2009.

Data kami olah dari beberapa sumber, salah satunya Google Analytics.

Trend Browser
Trend Browser paling populer di Indonesia

stat_1

Firefox tidak diragukan tetap menjadi raja di ranah browser pengguna internet Indonesia dengan 78.20%, disusul oleh Internet Explorer dengan 9.35%. Di peringkat ketiga ada Opera dengan meraih 5.81% pangsa pasar, dan Chrome dengan market share 3.74%.

Yang menarik disini adalah munculnya Opera Mini sebagai mobile browser paling populer di kalangan netter Indonesia dengan persentase sebanyak 1.61%. Bahkan di salah satu situs yang menyediakan versi mobile khusus untuk pengunjungnya, pencapaian Opera Mini sampai menduduki peringkat kedua, persis di bawah Firefox.

Sedangkan Safari sendiri mendapatkan kurang dari 1% market share, cukup wajar mengingat hanya sebagian kecil pengguna Macintosh dan sedikit pengguna aktif Safari versi Windows.

Statistik ini menjadi bukti bahwa kampanye Firefox di Indonesia boleh dibilang cukup sukses, banyak kita temui di situs lokal yang merekomendasikan penggunaan Firefox untuk tampilan terbaik. Di warnet maupun internet kafe juga paling sering kita temui anjuran untuk menggunakan Firefox.

Trend Browser Firefox
Menilik lebih lanjut mengenai versi Firefox yang digunakan, berikut pembagiannya:

stat_2Versi Firefox yang paling banyak dipakai adalah 3.5.5 dengan persentase 32.53%. Ini merupakan versi Firefox paling anyar untuk saat ini, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa netter Indonesia telah cukup sadar akan pentingnya memakai software yang up to date demi kenyamanan dan keamanan dalam berselancar di dunia maya.

Di bawahnya ada Firefox versi 3.0.15 dengan pengguna sebanyak 16.71%, versi ini tidak akan lagi di maintenance keamanan dan stabilitasya setelah Januari 2010. Jadi bagi Anda yang masih menggunakan versi ini silahkan melakukan update ke versi 3.5.5

Di peringkat nomer tiga muncul FireFox 3.5.3 dengan market share sebesar 8.28% dibanding semua versi Firefox.

Trend Browser IE
Bagaimana dengan Internet Explorer Sendiri? Berikut pengelompokannya:

stat_3Internet Explorer 6.0 tetap menjadi kampiun dengan total market share sebesar 44.46%, ini merupakan tugas yang cukup berat bagi para web developer, karena masalah kompatibilitas dengan browser yang satu ini biasanya paling banyak dikeluhkan oleh UI designer, dan mereka tidak mau mengambil resiko dengan meng-ignore para pengguna versi ini yang masih lumayan banyak.

Di bawahnya ada IE 7.0 dengan 28.56% persen dan IE 8.0 dengan 26.79%

Trend Browser Opera
Dengan market share yang lumayan besar di Asia, berikut pembagian versi Opera netter Indonesia

stat_4Trend Sistem Operasi
Setelah puas bermain-main dengan browser, sekarang kita beralih ke Sistem Operasi, tidak mengejutkan memang, Windows masih merajai dengan telak dengan angka yang cukup fantastis, yaitu 96.40%

Linux & Macintosh memperoleh persentase masing-masing di bawah 1%. Sedangkan untuk mobile Operating System dikuasai oleh Symbian OS dan Blackberry dengan persentase di bawah 0.5%

Pembagian Windows sendiri bisa dilihat di chart berikut:

stat_5Untuk detail persentase seperti di bawah:
– XP dengan 88.71%
– Vista dengan 7.69%
– NT dengan 2.29%
– 7 (Seven) dengan 0.84%
– Server 2003 dengan 0.21%
– 2000 dengan 0.19%
– 98 dengan 0.05%
– ME dengan 0.01%

Dengan statistik browser dan sistem operasi di atas, dan kalkulasi yang lebih mendetail, dapat disimpulkan beberapa fakta yang menarik, antara lain:

1) 8 dari 10 pengguna Internet Indonesia menggunakan sistem operasi Windows dan browser Firefox
2) 1 dari 10 pengguna Internet Indonesia menggunakan sistem operasi Windows dan browser Internet Explorer
3) 6 dari 100 netter Indonesia memakai sistem operasi Windows dan browser Opera
4) 4 dari 100 netter Indonesia menggunakan sistem operasi Windows dan browser Google Chrome
5) 2 dari 100 netter Indonesia merupakan pengguna aktif Opera Mini dari ponsel mereka.

Masuk kelompok yang manakah Anda? Saya sendiri lebih condong ke 1 dan 2


20 Comments

  1. Firefox rules! semenjak jaman modem dial-up 14kbps n TelkomNet Instan, FF selalu dpt loading web page lbh cepat dr pd IE 4 ataupun 5.
    Kalo IE 6 sekarang masih dipake, mungkin karena masih banyak kantor yg pake IE 6 sbg standar browser mereka (kayak kantor gue pastinya…)
    U/ pengguna mobile browser, akankah Fennec menggeser Opera Mini ? lihat saja nanti…

  2. BTW, ada bagian yang gue ga ngerti.
    Selama ini sebagian dari kita bisa bilang kalo browser mobile (jenis X ato Y)
    masuk sekian persen dari jumlah pengakses situs web atau mobile kita

    Sedangkan kenyataan yang ada,
    banyak browser mobile yang kemampuannya terbatas, terhadap Javascript, Cookie dan metode2 tracking yang dikenal secara umum.

    kalau sebagian sumber data dari sampling ini diambil dari Google Analytics,
    seberapa besar varian data yang mungkin dari Mobile Browser?

  3. Ini hanya data statistik di website Tokobagus dan widget Tokobagus saja, yah? Karena sepertinya data ini kurang merepresentasikan data netter Indonesia sesungguhnya. Website-website besar Indonesia lainnya mana? Kaskus? Detik? Kompas?

  4. Tolong bantu supaya web saya bisa diakses melalui opera mini, gimana caranya. Soalnya di web saya ada 50 top produk e-book master reseller right yang pastinya manfaat banget buat para netter. Tapi itu mungkin yang bikin berat n sulit di akses, selain itu judul (head atas web) pake flash, apakah itu juga jadi kendala untuk pengakses opera mini? http://brilianinvestasi.com/?ref=5. tolong bantuannya. Makacih 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

CEO Turun Gunung, Ubuntu Masukkan Menu Jejaring Sosial

Next Story

Google Transliteration Update, Kini 17 Bahasa

Latest from Blog