Dark
Light

Google Transliteration Update, Kini 17 Bahasa

1 min read
December 21, 2009

googletransliterationFungsi terjemahan bisa mejembatani jarak antar negara, terutama untuk blog atau web yang kontennya ditulis dalam bahasa lokal. Sepertinya juga DailySocial yang menambahkan fasilitas ini disetiap artikel, untuk memberikan kemudahan bagi para pembaca dari negara lain. 😀

Aplikasi Google translate juga terus berkembang, salah satunya dengan Google Toolbar kini anda bisa langsung menerjemahkan satu halaman web sekaligus dengan satu klik.

Kini, saudara Google translate hadir untuk para user internet yang bahasa asli mereka bukan berbentuk huruf romawi atau yang disini lebih dikenal huruf latin, seperti huruf Arab, India, Yunani dll. Aplikasi itu bernama Google Transliteration.

Dengan internet yang membuat jarak bukan lagi hambatan, aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk tidak lagi terhambat oleh kendala bahasa atau jenis huruf yang berbeda. Berlatar belakang para pekerja Google di India, yang merasa kesulitan dalam menuliskan huruf dalam bahasa mereka, karena default keyboard yang ada dikomputer toh menggunakan huruf romawi. Kemudian Google meluncurkan aplikasi transliteration ini untuk mempermudah dan melancarkan proses komunikasi, terutama tulis menulis.

Dan, tanggal 17 kemarin, Google memperbarui aplikasi ini dan menyediakan lebih banyak pilihan bahasa. Setidaknya ada 17 bahasa, termasuk Yunani, India, Serbia, Persia, Rusia dll. Aplikasi ini memang bukan Google Translation dan sangat berbeda dengan aplikasi itu. Transliteration hanya menconvert huruf-huruf yang anda ketik sesuai jenis huruf dari bahasa yang anda pilih. Seperti biasa, untuk produk-produk Goolgle, penggunaannya cukup mudah, anda bisa mencobanya dan memilih untuk bahasa apa teks akan diconvert, kemudian menuliskan kata dalam huruf romawi dan setelah anda mengetik spacebar maka, hopla, huruf akan berubah sesuai dengan bahasa yang anda pilih.

Google Transliteration ini juga menyediakan fasilitas tambahan lain, seperti fasilitas yang memungkinkan anda menyusun richly formatted text lengkap dengan aplikasi document yang mirip Google docs, lalu membantu anda mencari definisi kata dengan integrasi kamus dari Google. Aplikasi ini juga menyediakan API yang bisa digunakan untuk integrasi dengan web-web lain. Aplikasi ini juga diintegrasikan pada Blogger, tapi hanya terdapat beberapa bahasa saja.

transliterationblog

Aplikasi ini mungkin belum banyak berguna bagi kita disini, Saya juga tidak melihat huruf Chinesse tersedia dan jika anda mengcopy teks lalu menempelkannya di box Google Transliteration, teks itu tidak langsung berubah, anda harus menekan space bar di setiap ujung kata untuk merubah teks. Tapi dengan munculnya aplikasi ini, akan membuka peluang-peluang lain untuk kemajuan yang lebih luas.

Salah satu kelebihan mempunyai kantor cabang diberbagai negara adalah, Google akan punya resource masalah yang begitu luas, dan bagi sebuah perusahaan seperti Google, masalah bukanlah sebuah penghalang, tapi adalah sebuah batu loncatan untuk ide yang lebih besar. Satu masalah terselesaikan lagi, berawal dari satu cabang kantor di India, kini aplikasi ini telah bisa digunakan di seluruh dunia.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Guest Post : Statistik Sistem Operasi & Browser Pengguna Internet Indonesia November 2009

Next Story

Bitly.tv: Satu Langkah (Lagi) di Depan!

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan