6 August 2022

by Adi Nawan

Belum Dirilis, Masa Depan GPU Intel Arc Sudah Terancam

Beberapa mitra Intel ragu untuk mengadopsi kartu grafis baru ini.

Intel Arc seharusnya menjadi penantang baru di pasar kartu grafis sekaligus menjadi sayap baru bagi Intel. Apalagi, Intel mengatakan bahwa mereka akan berfokus untuk menghadirkan GPU dengan harga yang menarik bagi para gamer.

Sayangnya, meskipun memiliki beragam janji manis, peluncuran kartu grafis desktop Intel Arc ini tidak semulus yang diinginkan. Karena bahkan sebelum dirilis, para mitra bisnis Intel sudah mundur duluan sebelum GPU terbaru Intel ini berhasil dilepas ke pasaran.

Informasi tersebut dikabarkan oleh salah satu sumber anonom dari Igorslab. Sumber yang dijaga kerahasiannya tersebut menyebutkan bahwa beberapa manufaktur kartu grafis kesulitan untuk mengadopsi penawaran dari Intel. Pihak manufaktur merasa produksi GPU Intel merupakan eksperimen yang beresiko.

Apalagi Intel meminta para manufaktur ini berfokus pada klien OEM dan system integrator. Yang berarti manufaktur tidak dapat menjual kartu grafis yang diproduksi nantinya langsung ke konsumen. Padahal pihak OEM yang telah resmi akan menjual GPU Intel Arc ini mayoritas hanya tersedia untuk pasar Asia saja.

Hal tersebut tentunya membawa masalah baru, terutama untuk wilayah-wilayah lain yang kesulitan membawa produk dari Asia. Beberapa calon manufaktur dan distributor potensial untuk Intel Arc di Eropa bahkan tidak menunjukkan ketertarikan terhadap produk baru mereka tersebut.

Banyak pihak yang tidak mau mengambil resiko membawa GPU baru Intel tersebut. Karena Intel disebut tidak mau memberikan garansi harga terhadap kualitas produknya tersebut. Intel juga disebut tidak memiliki pondasi kuat untuk layanan purna jual, yang membuat nilai produknya lebih buruk dari kedua rivalnya.

Image Credit: Asrock

Meskipun begitu, mitra produksi Intel lainnya sebenarnya telah menyelesaikan berbagai aktivitas marketing mereka, yang berarti permasalahan ini kelihatannya tidak akan mengganggu peluncuran perdana GPU Intel Arc. Mengingat pabrikan ASRock dan Gunnir telah memperkenalkan varian Intel Arc A380.

Intel sendiri disebut berencana untuk mulai meluncurkan GPU Intel Arc mereka kepada para konsumen yang diprediksi akan terjadi antara bulan ini hingga bulan depan. Meskipun sayangnya tidak dijelaskan apakah brand-brand besar GPU seperti Asus, Gigabyte, MSI, dkk juga akan ikut merilis varian Intel Arc-nya masing-masing.

Tak hanya itu, sejumlah review juga melaporkan kendala yang sangat menyebalkan terkait driver yang dirilis oleh Intel. Anda bisa melihat sendiri dari video Gamers Nexus di bawah ini.