10 April 2022

by Adi Nawan

GPU Tertinggi Intel Arc Kemungkinan akan Butuh Daya Sebesar RTX 3090 Ti

Kartu grafis Intel kelihatannya akan menyedot banyak daya listrik.

Setelah Intel mengumumkan secara resmi jajaran GPU mobile-nya beberapa waktu lalu, kini perhatian para fans tertuju pada menu utamanya yaitu GPU desktop Intel Arc yang akan rencananya akan diluncurkan pada Bulan Juni mendatang.

Meskipun masih tersisa 2 bulan lagi, namun beberapa informasi mengenai GPU Intel Arc ini akhirnya muncul ke permukaan. Salah satunya adalah yang terkuat lewat wawancara HotHardware terhadap Intel Fellow, Tom Petersen.

Dalam video wawancara yang diunggah ke YouTube tersebut Petersen membagikan berbagai informasi mengenai kartu GPU desktop yang akan dirilis tersebut. Mulai dari berbagi detail fitur yang akan diusung oleh GPU-nya, hingga bagaimana performanya nanti saat digunakan untuk bermain game.

Salah satu hal menarik yang muncul dalam wawancara tersebut adalah ketika Petersen memberikan intipan terhadap produk asli GPU Intel Arc yang tengah dia bawa (pada titik waktu sekitar 01:03:50).

Meskipun tampak sangat sedikit di bagian bawah layar, namun mata tajam dari VideoCardz berhasil menemukan bahwa unit yang ditunjukkan memiliki 3 buah konektor PCIe 8-pin. Yang berarti unit yang ditunjukkan tersebut mampu mengirimkan daya hingga 450W untuk memberi tenaga kepada GPU tersebut.

GPU yang ditunjukkan pada wawancara tersebut memang jelas merupakan prototipe. Bahkan, karena terlihat bahwa adanya ruang jeda antar konektor juga mengindikasikan bahwa unit yang ditunjukkan tersebut adalah "engineering board" yang digunakan untuk mengevaluasi produk.

Namun bila memang nanti Intel merilis produk yang memaksimalkan daya dari ketiga konektor PCIe ditambah dengan daya dari slot motherboard, maka ada kemungkinan GPU Intel Arc tersebut akan mampu menyedot daya maksimal hingga 525W.

Image Credit: Intel

Daya sebesar itu memang bukan tidak mungkin karena GPU flaghsip terbaru dari NVIDIA yaitu RTX 3090 Ti juga memiliki konsumsi daya yang menyentuh 450 Watt. Fakta tersebut membuat banyak pihak meragukan bahwa Intel akan langsung bermain di level tinggi seperti RTX 3090 Ti di awal kemunculannya.

Dengan Intel yang masih merahasiakan lineup lengkap GPU--nya, kita memang tidak dapat mengetahui sejauh apa Intel akan menyediakan pilihan GPU desktop Intel Arc nantinya.

Dan bila Intel nantinya mampu menghadirkan sebuah GPU flagship dengan daya dan tenaga setinggi NVIDIA RTX 3080 ataupun AMD 6800 XT, hal tersebut akan menjadi prestasi tersendiri bagi Intel yang baru masuk ke industri GPU desktop.