1 September 2022

by Galih

Berbagai Game Android Kini Bisa Dimainkan di PC Tanpa Emulator

Semoga Indonesia segera kebagian akses untuk open beta-nya nanti

Memainkan game-game mobile di PC memang bukan hal yang baru dan sulit. Kehadiran emulator android pihak ketiga memang telah dapat menjalankan game-game mobile tersebut di PC dengan baik.

Sebagai induk dari Android, Google melihat bahwa smartphone bukanlah satu-satunya platform potensial untuk game-gamemobile mereka. Maka dari itu sejak tahun lalu Google mengumumkan hadirnya Google Play Games untuk platform PC.

Seperti namanya, aplikasi ini dirilis resmi oleh Google agar para gamer PC dapat memainkan game-game Android langsung tanpa perlu menggunakan emulator. Sesi beta untuk Google Play Games ini sendiri telah dilaksanakan pada awal tahun ini.

Dan setelah 8 bulan berlalu, Google akhirnya secara resmi merilis Google Play Games tersebut untuk PC. Namun di awal peluncurannya ini tidak semua negara mendapatkan akses, melainkan hanya ada 5 negara yang mendapat hak eksklusif terhadap aplikasi tersebut.

Gamer yang berada di negara Korea Selatan, Hong Kong, Taiwan, Thailand, dan Australia kini sudah dapat menjajal Google Play Games PC melalui sesi open beta. Yang berarti semua orang yang memiliki akun Google dan memiliki PC dengan spesifikasi mumpuni dapat mencobanya.

Untuk spesifikasi yang dibutuhkan sendiri masih mirip dengan apa yang dicantumkan pada sesi beta tertutupnya awal tahun ini. Namun Google kini sedikit meringankan kebutuhan prosesor yang awalnya mewajibkan prosesor 8-core kini turun menjadi 4-core.

Image Credit: Google

Selain itu, kebutuhan ruang penyimpanan yang awalnya mencapai 20 GB sekarang juga sudah diturunkan menjadi hanya 10 GB saja. Membuat Google Play Games ini kini bisa dimainkan oleh lebih banyak gamer.

Berikut adalah spesifikasi minimum baru untuk Google Play Games:

  • OS :Windows 10 (v2004)
  • Penyimpanan:Solid state drive (SSD) minimal 10 GB
  • GPU: Intel UHD Graphics 630 atau di atasnya
  • CPU: prosesor dengan 4 physical cores
  • RAM: 8 GB
  • Tambahan: Akun admin Windows Hardware virtualization harus menyala Konfigurasi perangkat PC yang kompatibel

Image Credit: Google

Dalam pengumumannya, Google membeberkan bahwa mereka telah menyiapkan lebih dari 50 game yang dapat dimainkan secara native di PC. Jumlah tersebut bertambah lebih dari dua kali lipat daripada beberapa bulan yang lalu.

Katalog game mobile yang dibawa oleh Google antara lain adalah Summoners War, Cookie Run: Kingdom, Last Fortress: Underground, dan Top War. Dan masih ada puluhangame populer pilihan Google lainnya yang tersedia.

Google menyebut bahwa mereka akan memperluas pasar yang mendapat hak akses terhadap Google Play Games for PC ini. Namun hal tersebut akan diumumkan oleh Google lebih lanjut di masa depan.