Dark
Light

Google Makin Serius Jual Chrome, Global Domination?

1 min read
November 12, 2010

Tidak seperti biasanya, Google kali ini benar-benar serius untuk memasarkan produk browsernya, Google Chrome. Biasanya Google tidak pernah mengiklankan produk-produknya seperti Google mengiklankan Google Chrome. Chrome merupakan produk pertama Google yang sampai diiklankan di televisi di Jepang, sampai ke beberapa billboard di jalan raya di San Fransisco.

Bahkan sekarang Google sudah mulai merambah masuk ke Facebook Ads untuk mengiklankan Google Chrome seperti tampak di gambar disamping. Terlihat bahwa Google benar-benar memiliki sebuah tujuan besar yang bisa dicapai dengan menyebarkan Chrome ke seluruh pengguna internet. Sampai bulan Oktober 2010 menurut W3School, Google Chrome memiliki 19.2% market share di urutan ketiga setelah Firefox dan Internet Explorer (??).

Bisnis model dari Google Chrome sendiri masih belum jelas, namun jika Google berhasil memimpin market share browser secara global maka  Google bisa melakukan banyak hal. Banyak spekulasi mengenai hal ini, namun saya pikir strategy yang sama akan diterapkan Google dengan produk unggulannya Google Search : get people to use it, monetize later. Bayangkan jika Google Chrome menjadi browser nomor satu di pasaran, maka Google akan dengan mudah menyetir arahan teknologi internet dan juga standarisasinya. Mirip seperti Google Search sekarang, apapun fitur yang dirilis Google Search langsung menjadi standarisasi untuk search engine lainnya.

Seluruh core bisnis Google berada di internet, sangat masuk akal jika Google harus “memegang” pasar browser agar mereka bisa terus menggerakkan industri internet sesuai dengan visi dan misi mereka. So, mungkinkah Google mendominasi dunia internet dan berada di kursi paling depan dan menyetir teknologi internet? Mungkinkah Google menyatukan dunia aplikasi web dan desktop dengan ChromeOS?

Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net.

Contact me : [email protected]

6 Comments

  1. A good product is always a GREAT MARKETING factor and in this case Google feel that they have to do something to market it because Google want more people use it. [ Pinjem kalimat lu dan gue modifikasi yak, Ram.. #Digampar ]

  2. Waw anda sepikiran dengan saya mas. Open Source lebih mendidik dan bisa mengarahkan bangsa Indonesia ke arah yg lebih baik pastinya 🙂

  3. Sangat mungkin Chrome Browser akan melampaui FF, tapi utk melewati IE sepertinya perlu usaha extra, pasalnya pengguna Win OS masih banyak yg pake IE bawaan. Mungkin nantinya Google akan meng-engage user-nya utk selalu terkoneksi dengan akun google ketika berselancar menggunakan Chrome, dari situ maka arah monetisasi bisa kemana saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Gantibaju.com Sediakan Fasilitas Sign In Dengan Akun Facebook dan Beberapa Fitur Baru (Updated)

Next Story

YouTube Topics: Fitur Baru Yang Sedang Diuji Oleh YouTube

Latest from Blog