Dark
Light

YouTube Topics: Fitur Baru Yang Sedang Diuji Oleh YouTube

2 mins read
November 12, 2010

YouTube melakukan uji fitur yang memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian atas berbagai video di layanan mereka. Fitur ini masih dalam taraf beta dan dikembangkan di TestTube, semacam labs untuk menguji beberapa fitur dan layanan YouTube yang kemungkinan akan dirilis secara umum bagi para pengguna YouTube.

YouTube Topics adalah fasilitas tambahan yang diberikan YouTube untuk memudahkan pencarian. Pengguna YouTube biasanya mencari atau melakukan pencarian dengan mengetikkan kata/kalimat yang cukup spesifik, tetapi bagaimana jika para pengguna ini tidak mempunyai kata kunci tertentu atau hanya punya ide kasar atau samar atas sebuah video yang ingin mereka cari, maka YouTube Topics bisa digunakan untuk memberikan berbagai topik yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan, dan membantu atau memberikan pilihan hasil pencarian yang lebih lengkap.

Untuk menikmati fasilitas ini pengguna harus melakukan opt-in pilihan Topics on Search, yang bisa ditemukan pada tautan ini. Setelah melakukan klik untuk mengaktifkan fitur YouTube Topics, pengguna tinggal memasukan kata kunci, maka YouTube akan menampilkan berbagai topik yang berkaitan/relevan dengan video yang dicari oleh pengguna berdasarkan kata kunci yang diketikkan.

Topik-topik ini akan tampil pada bagian atas hasil pencarian, memanjang dan berisi berbagai topik video yang relevan dengan hasil pencarian, jika topik yang tersedia merupakan kata kunci dari video yang dimaksud, Anda bisa langsung mengklik tautan tersebut, maka hasil pencarian akan berubah sesuai dengan topik yang Anda pilih.

Ada beberapa pilihan lain yang disediakan YouTube atas fasilitas ini, seperti tombol + yang akan muncul ketika pengguna menggeser mouse di atas sebuah topik tertentu, tombol ini berfungsi untuk menambahkan topik video tertentu yang digabungkan ke hasil pencarian yang telah tersedia.

Salah satu contoh yang diberikan YouTube pada blog resmi mereka yaitu, ketika Anda melakukan pencarian atas kata kunci ‘Obama’ maka akan muncul juga beberapa topik yang barkaitan dengan Obama, seperti ‘michelle obama’ atau bahkan ‘john mccain’. Untuk kata kunci ‘samar’ seperti ‘funny’, YouTube Topics juga akan memberikan beberapa topik usulan yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

YouTube akan mengidentifikasi berbagai topik yang ada di YouTube dan mengasosiasikan berbagai video yang ada dengan topik-topik tersebut. YouTube menggunakan berbagai sumber untuk menemukan topik yang diberikan atas hasil pencarian tertentu, seperti kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna dalam proses mengunggah video, kata kunci pencarian yang umum digunakan, serta berbagai sumber di luar YouTube seperti artikel di Wikipedia.

Jadi, jika Anda tidak tahu secara pasti konten video yang Anda cari, Anda masih bisa ‘menebak’ dengan memasukkan kata kunci tertentu yang diperkirakan relevan dengan video yang Anda cari, meski tidak semua kata kunci akan memunculkan topik, namun untuk berbagai kata kunci tertentu, YouTube bisa memberikan berbagai topik yang berkaitan dengan kata kunci yang sedang Anda cari.

Saya mencoba dengan beberapa kata kunci, misalnya untuk judul lagu ‘every me every you’ (dengan asumsi saya melakukan kesalahan penulisan judul lagu) dari band Placebo, maka selain hasil pencarian dari video Placebo dengan judul lagu ‘every you every me’, YouTube juga akan menampilkan berbagai topik yang relevan dengan kata kunci tersebut, seperti Placebo Live, Placebo (Band), serta beberapa topik lain termasuk nama dari band lain dan tautan untuk lirik.

Pengguna juga bisa melakukan sortir topik berdasarkan relevansi, data unggah video, berdasarkan jumlah hitungan tampilan video serta berdasarkan rating. Ada pilihan ‘explore’ pada bagian ujung kiri untuk melihat daftar pembagian topik berdasarkan kategori, keterangan properti video serta nama pengguna.

Dengan jumlah video yang terus bertumbuh, fasilitas pencarian adalah salah satu fitur utama yang sangat berperan penting, bahkan ketika memasuki sebuah situs dengan fasilitas pencarian yang cukup lengkap seperti YouTube, pengguna, termasuk saya sendiri, masih suka kebingungan untuk mencari video yang pas dan sesuai dengan yang saya cari, fasilitas ini bisa jadi akan membantu, setidaknya memberi beberapa saran tambahan yang relevan dengan apa yang saya cari, tanpa harus mengetikkan kata kunci berulang kali.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Google Makin Serius Jual Chrome, Global Domination?

Next Story

Digg Luncurkan Fitur Baru: Breaking News

Latest from Blog

Don't Miss

Google pakai AI untuk hasilkan deskripsi YouTube Shorts

Google Pakai AI untuk Hasilkan Deskripsi YouTube Shorts Secara Otomatis

April lalu, Google melebur dua divisi artificial intelligence-nya, DeepMind dan
YouTube mulai cegah ad blocker

YouTube Mulai Cegah Penggunaan Ad Blocker di Platformnya

YouTube baru-baru ini diketahui sedang melakukan eksperimen terkait penggunaan ad