Dark
Light

Google Luncurkan NotebookLM, Asisten AI untuk Riset dan Penulis

by
1 min read
June 11, 2024

Salah satu gebrakan asisten AI yang ditampilkan pada Google I/O pada Mei lalu adalah NotebookLM. Asisten AI ini dibuat dan diperuntukkan khusus untuk mendampingi para penulis dalam mengerjakan tulisannya atau bahkan saat melakukan riset.

Setelah beberapa bulan diluncurkan, Google kini menghadirkan NotebookLM versi terbaru yang telah menggunakan Gemini 1.5 Pro. Untuk dapat menjangkau pengguna yang lebih luas, Notebook LM juga kini telah disediakan ke lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia.

“Tujuan kami dengan NotebookLM adalah menciptakan alat untuk membantu memahami dan menjelajahi materi yang kompleks, membuat koneksi baru dari informasi, dan mencapai draft pertama lebih cepat.” Tulis Blog resmi Google.

Lebih lanjut, Google juga menjelaskan bagaimana pengunggah nantinya dapat langsung mengunggah berbagai sumber data yang mereka miliki. Seperti catatan penelitian, transkrip wawancara, dokumen perusahaan dan Notebook LM akan langsung menjadi ahli dalam materi tersebut.

Beberapa fitur baru yang diperkenalkan pada NotebookLM baru ini antara lain:

  • NotebookLM sekarang mendukung Google Slides dan URL web sebagai sumber, bersama dengan Google Docs, PDF, dan file teks.
  • Kutipan sebaris kini membawa langsung ke bagian pendukung di sumber Anda, sehingga dapat dengan mudah memeriksa fakta tanggapan oleh AI atau menggali lebih dalam pada teks aslinya.
  • Panduan Notebook memberi pemahaman tingkat tinggi tentang sumber dengan mengkonversinya ke format seperti FAQ, Dokumen Briefing, atau Panduan Belajar.
  • Dapat digunakan dalam Bahasa Indonesia.

Tidak berhenti di situ, berkat kemampuan multimoda asli Gemini 1.5 Pro, NotebookLM kini dapat ditanyai mengenai gambar, bagain, dan diagram yang berada di Slides atau Docs Anda. NotebookLM bahkan akan menyertakan kutipan untuk gambar sebagai bukti pendukung jika relevan.

Bila Anda penasaran, NotebookLM kini telah tersedia dan dapat digunakan secara gratis. Anda dapat mengaksesnya langsung melalui laman resmi NotebookLM. Nantinya, Anda akan mendapati antar muka berisi beberapa contoh yang dapat dipelajari.

Jika sudah siap, Anda dapat membuat buku catatan pertama Anda. Di sana Anda dapat membuat berbagai macam tulisan mulai dari daftar isi, panduan, dokumen arahan, dan lain-lain. Anda juga dapat mengunggah dokumen untuk proyek atau hasil akhir tertentu.

Ketika semua informasi telah dikumpulkan dan diolah sesuai keinginan, Anda dapat membaca, membuat catatan, mengajukan pertanyaan, mengatur ide, atau meminta NotebookLM membuat tinjauan otomatis semua sumber.

Ada banyak fungsi lain yang dapat dilakukan lewat NotebookLM ini yang berhubungan dengan tulisan. Anda juga tidak perlu khawatir karena Google telah memberikan jaminan bahwa data personal yang diunggah tidak akan diambil untuk melatih AI NotebookLM.

Galih

Video game writer who noob at almost every games. Work hard play harder!

Previous Story

5 Inovasi Komunikasi di Samsung Galaxy yang Harus Diketahui

Next Story

vivo Lengkapi v30e dengan Fitur Fotografi Canggih

Latest from Blog