Dark
Light

Google I/O 2013: Google Play Games, Google Play Music All Access, dan Pembaruan Google Maps

1 min read
May 16, 2013

Hari ini kami sudah sempat mengulas beberapa layanan yang dipresentasikan Google pada perhelatan Google I/O 2013 seperti Google+ Hangouts serta pembaruan tampilan antarmuka Google+. Kali ini kami akan membahas mengenai beberapa layanan lain yang juga sudah diperkenalkan Google secara resmi di perhelatan tersebut.

Pertama, mengkonfirmasi rumor yang beredar sebelumnya, Google akhirnya secara resmi memperkenalkan layanan Google Play Games. Seperti yang sudah dirumorkan, layanan ini memiliki fitur penyimpanan progress permainan pengguna di layanan cloud, fitur Achievement, serta fitur Leaderboard. Satu hal yang cukup baru dibandingkan rumor yang beredar adalah fitur Multiplayer. Dengan fitur ini, pengguna bisa memainkan sebuah permainan secara bersamaan dan real time dengan pemain lain.

Bersamaan dengan dirilisnya Google Play Games, Google juga memperkenalkan judul-judul game yang dikembangkan oleh mitranya yang sudah memanfaatkan fitur Google Play Games. Judul-judul game tersebut diantaranya adalah World of Goo, Super Stickman Golf 2, Kingdom Rush, Beach Buggy Blitz, Eternity Warriors 2, dan Osmos.

Selanjutnya, Google juga merilis Google Play Music All Access. Layanan ini merupakan layanan berlangganan bulanan yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan berbagai macam musik secara live stream. Bisa dibilang, layanan ini menjadi kompetitor bagi beberapa layanan streaming musik yang sudah ada sebelumnya seperti Rdio dan Spotify.

Dengan biaya berlangganan sebesar $9,99 per bulan, pengguna bisa mengunggah hingga 20.000 lagu ke layanan cloud milik Google dan mendengarkan lagu-lagu tersebut bersama dengan jutaan lagu lainnya di katalog Google Play Music All Access dari perangkatnya di mana saja.

Terakhir, Google juga mengumumkan pembaruan terhadap layanan Google Maps miliknya. Dengan pembaruan ini, pengguna bisa melihat gambar 3D dari bangunan-bangunan yang ada di peta jika pengguna melakukan zoom in pada level tertentu. Selain itu, pengguna juga bisa melihat pada peta tempat-tempat yang diberi rating oleh teman-teman pengguna di jejaring sosial Google+. Tidak berhenti di sana, Google juga mengintegrasikan layanan Google Offers dengan Google Maps untuk memungkinkan pengguna melihat penawaran diskon di tempat-tempat yang dilihatnya di Google Maps.

Tentunya masih akan ada kabar lain dari acara yang masih akan berlangsung hingga tanggal 17 Mei ini. Pastikan Anda simak terus Trenologi untuk kabar terbaru dari Google I/O 2013.

Previous Story

Pemesanan Handheld Gaming Nvidia Shield Akan Dimulai Tanggal 20 Mei (Updated)

Next Story

Tiga Operator Lokal Umumkan Kerja Sama Transaksi Uang Elektronik

Latest from Blog

Don't Miss

Chromebook Makin Cerdas dengan Sentuhan AI dari Google

Google tengah gencar mengintegrasikan fitur-fitur berbasis Artificial Intelligence (AI) ke
5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi