15 December 2022

by Galih

Babylon's Fall dan Crossfire X Masuk Daftar Game Terburuk 2022

Ada 10 game yang masuk kategori ini akibat skor yang rendah di Metacritic

Elden Ring dan God of War Ragnarok bisa dibilang merupakan dua dari beberapa game terbaik yang dirilis pada tahun 2022 ini. Berhasil mendapat review yang positif dan memenangkan berbagai penghargaan cukup untuk mematenkan kedua game tersebut.

Lalu bagaimana dengan game terburuk tahun ini? Sayangnya, kategori tersebut tidak pernah diadakan dalam ajang penghargaan. Namun untungnya situs agregator Metacritic dapat memberikan sedikit gambaran mengenai game terburuk tahun 2022.

Melalui daftar terbarunya, Metacritic mengumumkan 10 game terburuk selama 2022 ini. Daftar tersebut dihuni oleh game-game dengan skor review terendah di semua platform. Game yang masuk merupakan game yang dirilis sejak 1 Januari 2022 hingga sekarang.

Dan ternyata, game yang mendapat takhta sebagai game terburuk sepanjang 2022 ini adalah POSTAL 4: No Regrets. Dengan total Metascore 30/100, game ini memang dibenci baik dari reviewer maupun pemain karena berbagai masalah yang dimilikinya.

Game ini sebenarnya telah memasuki masa alpha test selama lebih dari 2 tahun. Namun sayangnya ketika dirilis game-nya masih tidak optimal di PC, sering mengalami crash, dan juga masih memiliki banyak bug dan glitch di dalamnya.

Di posisi runner-up, status game terburuk ini ternyata ditempati oleh CrossfireX dengan Metascore 38/100. Usaha untuk membuat game FPS klasik ini menjadi sebuah pengalaman single-player ternyata berakhir tidak sesuai harapan.

Image Credit: SmilesGate

Campaign yang dihadirkan oleh CrossfireX sangat singkat dan juga tidak berkesan. Sementara pengalaman multiplayer yang dimiliki juga tidak mampu menarik perhatian gamer dari game-game FPS lain yang lebih berkualitas.

Selanjutnya, game ambisius dari PlatinumGames dan Square Enix yaitu Babylon's Fall menempati posisi ketiga dengan Metascore 41/100. Game hack-and-slash yang digabung dengan elemen RPG ini bahkan akan segera ditutup pada Februari tahun depan.

Permasalahan utama dari Babylon's Fall terdapat pada visual game yang diusung. Banyak fans yang memprotes bahwa visual dari game ini sudah sangat ketinggalan zaman. Namun tidak adanya respons dari PlatinumGames membuat banyak gamer meninggalkannya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar lengkap dari 10 game terburuk 2022 versi Metacritic:

  1. POSTAL 4: No Regerts (PC) – 30
  2. CrossfireX (Xbox Series X) – 38
  3. Babylon’s Fall (PS5) – 41
  4. XEL (Switch) – 43
  5. Arc of Alchemist (Switch) – 46
  6. Zorro: The Chronicles (PS5) – 49
  7. The Last Oricru (Xbox Series X) – 50
  8. The Waylanders (PC) – 51
  9. Kamiwaza: Way of the Thief (PS4) – 52
  10. Blade Runner: Enhanced Edition (Switch) – 52