Elden Ring Tamat? Cek 10 Game yang Tak Kalah Susah Ini

Game-game ini mungkin cocok bagi Anda yang menikmati game menantang dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Tingkat kesulitan di game merupakan salah satu faktor penentu yang membuat game tersebut menarik atau tidak. Jika tidak ada tantangan atau tingkat kesulitan di dalam video game, maka game tersebut tak ubahnya seperti sebuah video saja. Bahkan ada orang yang merasa bangga, jika ia berhasil menaklukan atau menguasai sebuah game yang sangat susah.

Elden Ring merupakan salah satu game yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Walaupun tidak semua orang menyukai game yang terlampau susah, namun hasil penjualan game karya FromSoftware ini mencapai 12 juta kopi.

Jika Anda doyan memainkan game yang sangat susah seperti Elden Ring, Anda mungkin bisa mencoba game-game ini:

Daftar Game Susah

1. Dark Souls 3

Rekomendasi diawali dengan Dark Souls, sebuah franchise yang mempelopori genre game Soulslike. Game ini memiliki banyak sekali kemiripan gameplay dan visual dengan Elden Ring. Hal ini dikarenakan kedua game ini memiliki pengembang yang sama, yaitu FromSoftware. Game terbaru di franchise ini adalah Dark Souls 3.

Yang membuat game Soulslike susah adalah pemain diharuskan mengalahkan musuh yang sangat kuat, namun dengan karakter yang terkesan lamban dan lemah, dan tentu memerlukan waktu untuk mengalahkan satu jenis musuh saja. Kemampuan beradaptasi yang cepat dan reflek yang gesit merupakan salah satu kunci menaklukan game semacam ini.

Platform: PC, PlayStation 4, dan Xbox One.

2. Sekiro: Shadows Die Twice

Masih dari FromSoftware, game selanjutnya adalah Sekiro: Shadows Die Twice. Game ini memiliki kemiripan dengan Elden Ring, namun dengan suasana pada era Sengoku (sekitar abad ke-16) di Jepang.

Walaupun dari Developer yang sama, gameplay Sekiro memiliki sedikit perbedaan dengan Dark Souls. Sekiro dapat diibaratkan seperti game dengan perpaduan antara Dark Souls yang sulit, Nioh dengan gameplay yang dinamis dan cepat, dan Tenchu dengan elemen stealth-nya.

Gameplay Sekiro lebih luwes dan lebih sederhana, jika dibandingkan dengan Dark Souls, namun Sekiro tidak memiliki unsur RPG di dalamnya, tidak ada pemilihan senjata, baju zirah, dlsb., sehingga pemain harus benar-benar mempelajari cara bertarung yang disuguhkan di game ini.

Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One dan Google Stadia.

3. Sifu

Sifu merupakan sebuah game yang mengangkat tema seni bela diri yang sangat unik dan menantang. Tingkat kesulitan Sifu agak sulit untuk dideskripsikan, karena ia tidak mengadopsi game progression yang sama dengan game pada umumnya.

Bahkan game ini memaksa pemainnya untuk "gagal", demi mendapatkan progress. Yang nyelenehnya lagi, game ini juga memaksa pemain untuk menguasai playstyle yang ditentukan, ketimbang membebaskan pemainnya untuk memilih playstyle yang pemain sukai.

Platform: PC, PlayStation 4 dan PlayStation 5.

4. Ninja Gaiden 3

Ninja Gaiden 3 memang dirilis pada tahun 2012, namun jangan biarkan visual-nya yang jadul, mengecoh Anda. Game ini memiliki tingkat kesulitan yang lumayan menantang.

Berbeda dengan rekomendasi game sebelumnya, Ninja Gaiden memiliki gameplay Hack-n-Slash. Tingkat kesulitannya tidaklah terletak pada satu musuh yang sangat tebal dan kuat, melainkan kombinasi antara kerumunan musuh yang banyak, yang menuntut reflek dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat untuk menaklukan game ini.

Belum lagi aksi dan reaksi randomdari musuh yang dihadapi, antara menyerang atau bertahan, antara melompat atau mendekat, membuat pemain sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya. Ninja Gaiden memaksa pemain untuk memutuskan aksi terbaik dari sekian banyak aksi, dan apa yang harus dilakukan berdasarkan kondisi pertempuran yang sedang dihadapi.

Platform: PlayStation 3 dan Xbox 360.

5. Starcraft 2

Starcraft 2 merupakan salah satu game legendaris, yang masuk ke dalam daftar rekomendasi ini. Game Real Time Strategy (RTS) tertua ini sebenarnya masih memiliki peminat hingga saat ini, walaupun angkanya sudah menurun drastis jika dibandingkan dengan masa kejayaannya dulu.

Melihat gameplay-nya saja, mungkin Anda sudah cukup pusing. Tingkat kesulitan game ini terletak pada Micromanagement-nya yang sangat rumit. Belum lagi selain mengontrol banyak sekali unit, pemain juga dituntut untuk membaca kondisi lawan, dan menentukan strategi untuk memenangkan permainan.

Walaupun terkenal dengan mode PvP-nya, Starcraft 2 memiliki mode Co-Op yang cukup populer, yang dapat dimainkan hingga 2 orang. Di mode ini, pemain tidak hanya sekedar melawan komputer, namun pemain juga akan menerima misi yang beragam. Pemain juga bisa memilih sebuah karakter dari berbagai pilihan karakter, yang memiliki kemampuan unik dan juga unit yang dimodifikasi dari 3 ras utama di Starcraft 2, yaitu Terran, Protoss, dan Zerg.

Platform: PC.

6. Cuphead

Cuphead merupakan salah satu game yang meledak saat pertama kali dirilis. Dengan mengangkat tema kartun tempo doeloe saja, game ini sanggup menggugah rasa penasaran para pemain. Namun di balik artstyle-nya yang lucu dan polos, tersimpan sebuah game dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Gameplay dari game ini sebenarnya cukup mudah. Pemain hanya perlu mengalahkan musuh yang menghalangi pemain, dengan tembakan dari tangan. Dengan sistem platform 2D, permainan Cuphead terkesan cukup sederhana.

Yang menjadikan game ini susah adalah banyaknya ragam musuh boss, yang masing-masing memiliki serangan yang sangat rapat, yang tentunya sulit dihindari. Belum lagi plarform yang dipijak juga bisa berubah, tergantung dari tema pertarungan bertempat.

Platform: PC, Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Xbox One.

7. Super Meat Boy Forever

Ada satu rekomendasi game platformer menantang, yaitu Super Meat Boy Forever. Pemain akan bermain sebagai Meat Boy, sebuah karakter berwujud kubus merah, yang ingin menyelamatkan pacarnya yang diculik. Pemain harus melewati berbagai rintangan yang ada secara cepat dan presisi.

Tingkat kesulitan game ini terletak pada timing-nya. Game ini memiliki tempo yang cepat, sehingga mengharuskan pemain untuk mengasah reaksi dan timing mereka. Celah antar rintangan di game ini juga sangat rapat, sehingga keterlambatan sepersekian detik saja akan berakibat fatal.

Platform: PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Nintendo Switch, Xbox Series X|S, Xbox One, dan mobile.

8. Getting Over It with Bennett Foddy

Getting over it sudah menjadi salah satu game ikonik di dunia game. Pemain akan memainkan Bennet Foddy, yang sedang terperangkap di kuali besar. Pemain hanya perlu mencapai titik tertinggi di game ini, dengan berbekal sebuah tongkat.

Yang menyulitkan pemain di game ini adalah perpaduan antara kesabaran, presisi, dan sedikit keberuntungan. Hukum gravitasi dan fisika di game ini cukup menyebalkan, jika pemain tidak terbiasa dengannya. Apalagi jika pemain terpeleset sedikit, pemain bisa saja terjatuh ke titik terendah dan harus mengulangi dari awal.

Platform: PC dan mobile.

9. Duet

Game HP satu ini mungkin yang memiliki gameplay dan cara bermain yang paling mudah di antara game dalam rekomendasi ini. Pemain hanya perlu mengarahkan bola agar tidak terbentur dengan rintangan yang datang.

Yang menjadikan game ini sukar adalah pemain harus terbiasa dengan pergerakan bola yang bersifat rotasional. Kedua bola ini juga memiliki kecepatan tertentu, agar posisinya sesuai dengan yang pemain inginkan. Itu hanya dari segi kontrol saja, dan belum termasuk bentuk rintangan yang cukup unik dan tricky untuk dilampaui.

Platform: mobile.

10. Dead Cells

Game terakhir di daftar rekomendasi game ini adalah Dead Cells. Game dengan artstyle yang cukup unik ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, Dead Cells merupakan game Rogue-lite action-platformer, yang terinspirasi dari Castlevania.

Kehati-hatian dan kejelian bisa dibilang sebagai salah satu kunci untuk menaklukan game ini. Saat karakter pemain mati saat bermain, maka pemain akan kehilangan semua item dan upgrade yang telah diperoleh sebelumnya. Namun dengan mempelajari dan terbiasa dengan pattern gerakan musuh, game ini tidaklah mustahil untuk diselesaikan.

Platform: PC, Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, dan mobile.

Itulah tadi 10 game yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Jika Anda menyukai gameplay dari Elden Ring, Hybrid juga memiliki rekomendasi game serupa di sini.