Game Horor STALKER 2 Diundur Hingga 2023 Karena Agresi Militer

Sang developer hingga harus mengevakuasi kantor mereka.

Butuh waktu yang sangat lama bagi judul STALKER atau S.T.A.L.K.E.R. untuk hidup kembali. Dan 13 tahun setelah game terakhirnya dirilis, game buatan GSC Game World, STALKER 2 ini kelihatannya harus mundur kembali ke tahun depan.

STALKER 2 sebenarnya muncul pada acara Xbox Extended Games Showcase yang baru diadakan Microsoft kemari. Namun kemunculannya tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa game FPS horor-simulasi ini kini akan dirilis pada 2023 mendatang.

Alasan Diundurnya Rilis Game STALKER 2

Padahal sebelumnya game ini direncanakan untuk dirilis pada Desember 2022 mendatang. Tetapi kelihatannya keadaan perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina ternyata berdampak pada pengembangan game tersebut.

Hal tersebut dapat dipahami mengingat sang developer, GSC Game World beroperasi di Ibukota Ukraina, Kyiv. Bahkan mereka juga mengunggah bagaimana kondisi mereka melalui video development diary yang diunggah di Youtube.

Dalam video dokumenter berdurasi 3 menit tersebut GSC Game World menjelaskan bagaimana mereka "Mengembangkan Game Selama Perang". Mereka juga menunjukkan bagaimana kondisi lingkungan di sekitar kantor mereka yang terdampak perang.

Kondisi yang semakin tidak terkendali tersebut membuat developer harus mengevakuasi seluruh kantor mereka ke Praha. Namun sayangnya tidak semua anggota dari GSC Game World dapat ikut pindah ke Praha.

Diperlihatkan bahwa beberapa anggota tim mereka harus tinggal dan bertahan di Kiev dengan berbagai alasan. Mulai dari menjadi anggota sukarelawan, hingga harus bergabung dengan militer dan ikut berperang untuk mengadapi Rusia.

Beberapa anggota tim bahkan diperlihatkan masih terus ikut mengembangkan game-nya di tengah kondisi tempat tinggal mereka yang terancam oleh perang. Dan mereka yang harus bergabung ke militer juga berjanji bahwa mereka akan kembali ikut mengembangkan game-nya setelah semua ini selesai.

Meskipun begitu, GSC Game World juga akhirnya merilis trailer baru untuk STALKER 2 yang berjudul "Heart of Chernobyl - Enter the Zone". Trailer tersebut kelihatannya menunjukkan bagian awal dari game keduanya tersebut.

Tidak banyak yang ditampilkan dalam trailer tersebut, kecuali sebuah adegan sinematik yang menunjukkan sebuah truk tengah melaju diantara hutan-hutan Ukraina. Di belakang truk tersebut terlihat seorang Stalker tengah tidak sadarkan diri.

STALKER 2 awalnya direncanakan untuk dirilis 8 Desember 2022 mendatang. Namun dengan kondisi sekarang, para gamer hanya bisa berharap bahwa semua anggota developer GSC Game World dapat tetap aman untuk nantinya menyelesaikan game-nya.

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)