Dulu Heboh, Inilah 4 Game Mobile Viral yang Hilang Seperti Ditelan Bumi

Game mobile yang sempat viral pada masanya dan sekarang mulai ditinggal oleh pemainnya

Seiring berjalannya waktu, game mobile terus bermunculan dan berkembang. Jika nantinya disukai oleh para penggemarnya, game mobile akan banyak dimainkan dan bisa jadi viral. Nah, mungkin ini yang menjadi beban tersendiri untuk developer, yakni merawat viralitas atau jumlah pemain yang bermain game buatannya.

Tidak jarang game mobile yang sempat viral tiba-tiba redup seperti ditelan bumi. Apakah Anda tahu game apa saja yang dulunya viral hingga buat bahan perbincangan orang di mana-mana, namun seolah menghilang sekarang?

Sambil bernostalgia, saya akan sajikan 4 game mobile viral yang kini hilang seperti ditelan bumi. Ayo simak apa saja game mobile viral tersebut dan apakah kalian pernah memainkannya?

 

1. Flappy Bird

Apakah Anda pernah mendengar Flappy Bird? Atau malah pernah memainkan game-nya? Ya, Flappy Bird merupakan game yang pernah viral pada 2014. Dengan popularitasnya, dalam setahun, Flappy Bird diunduh sebanyak 50 juta orang.

Game offline yang dibuat oleh developer asal Vietnam bernama Dong Nguyen ini memiliki grafis dan cara bermain yang sederhana. Tapi di balik kesederhanaanya, terdapat tingkat kesulitan yang membuat gemas dan penasaran gamer yang mencobanya.

Gameplay Flappy Bird tidaklah sulit. Anda hanya harus menggerakkan burung melewati pipa dengan bermacam ukuran celah dengan tap atau ketuk pada layar gadget.

Puncak popularitas Flappy Bird tidak bertahan cukup lama. Hal itu bukanlah karena game tersebut tidak laku, tetapi sang developer yaitu Dong Nguyen menghapus Flappy Bird.

Diketahui, Dong Nguyen mengambil keputusan itu karena muak dengan popularitas yang dia dan game tersebut dapatkan.

 

2. Line Let’s Get Rich

Pada awal 2014, Line sempat gencar-gencarnya mengeluarkan game mobile, salah satunya yaitu Line Let’s Get Rich. Game ini sempat digilai gamer pada 2014-2016. Game yang mengadaptasi permainan klasik monopoli ini memiliki daya tarik pada karakter, stiker, dan peta atau tempat bermainnya. Game Line Let's Get Rich sangat nge-tren di Indonesia pada zamannya, karena itu developer membuatkan peta dengan tema daerah Indonesia.

Jika Anda sering bermain monopoli, tentunya tidak bakal bingung dengan game ini. Tidak ada bedanya, cara memainkan Line Let’s Get Rich ini tinggal memutar dadu dan menjalankan karakter. Jika Anda berhenti di daerah yang masih kosong, Anda bisa membangun gedung dan me-landmark sehingga menjadi mahal.

Jika nantinya ada orang lain berhenti di gedung Anda, mereka harus membayar. Line Let’s Getrich bisa dimainkan sendiri atau solo, bekerja sama dengan teman untuk melawan orang lain, atau bermain empat orang dengan teman.

Let’s Get Rich pernah menjadi permainan yang banyak diunduh di Indonesia dengan lebih dari 9 juta jumlah unduhan per akhir Januari 2015. Walaupun sempat menjadi gamemobile yang merajai peringkat di App Store, Line Let’s Getrich kini sudah tidak terlihat seperti dulu. 

Selain itu, di Playstore, para pemain banyak yang memberi ulasan kurang baik -- seperti memprotes mendapatkan lawan yang dianggap tidak adil. Sehingga, ulasan Get Rich di Playstore hanya sebesar 3.9, saat artikel ini ditulis.

 

3. Among Us

Among Us menjadi pilihan banyak orang khusunya anak muda untuk menemani kebiasaan baru yang mengharuskan masyarakat Indonesia berdiam diri di rumah karena munculnya pandemic COVID-19.

Among Us menghadirkan game yang simple tapi menarik karena dapat dimainkan dengan banyak teman. Selain menghibur,game ini juga dapat mengobati kerinduan dengan teman. Sebab, game mobile satu ini dapat dimainkan oleh 4-10 orang. Jadi, kuota pemain tersebut bisa dimainkan oleh teman-teman yang sudah lama tidak bertemu karena pandemi.

Cara bermain Among Us cukup gampang. Game online ini sejenis dengan permainan werewolf. Jadim Among Us mengisahkan tentang perjalanan 10 kru pesawat yang terjebak dengan satu sampai tiga pengkhianat atau dijuluki Impostor.

Biasanya, biar tambah seru dan bisa berbincang dengan teman, para pemain membuat room Discord. Sebab, jika menjadi impostor, Anda memiliki tugas membunuh seluruh kru tanpa ketahuan hingga akhir permaianan. Oleh karena itu, taktik kemampuan komunikasi yang baik alias berbohong jadi penting.

4. Angry Birds

Siapa yang dulu tidak kenal dengan burung pemarah berwarna merah “Angry Birds”?  Angry Birds dulu sangat viral di perangkat mobile. Memainkan game satu ini sangatlah gampang dan bisa mengasah otak. Kenapa begitu? Karena Anda hanya cukup menekan layar sentuh ponsel dan menariknya ibarat peluru dari ketapel dan melepaskannya ke target.

Selain game tersebut simpel dimainkan, Angry Birds juga mempunyai ciri khas suara yaitu suara yang lucu dan berbagai jenis serta warna-warna burung yang menggemaskan.

Seperti menempatkan strategi yang tepat, meledaknya game rilisan Rovio ini bermula ketika awal populernya ponsel layar sentuh Android pada 2019. Tapi sayang, pendapatan Rovio di 2013 yang mencapai €173,5 juta turun jadi sebesar €158,3 juta hanya dalam waktu setahun. Bukan hanya itu, keuntungan mereka juga turun 73% menjadi €10 juta.

--

Itu dia game-game mobile viral yang kini bak hilang seperti ditelan bumi. Dari lima game yang telah disebutkan, ada berapa game yang pernah Anda mainkan?