23 September 2022

by Dimas Galih W.

Game Fighting Web3 Pertama di Indonesia, Battle of Guardians Resmi Diluncurkan

Walaupun saat ini masih berstatus beta, game web 3 Battle of Guardians sudah bisa dimainkan saat ini

Game dengan genre fighting saat ini memang tidak bisa dipungkiri sedang naik daun. Banyak orang bertanding secara langsung dan online untuk menjadi yang terbaik. Ternyata, saat ini sudah ada sebuah game fighting lokal yang cukup seru untuk bisa dimainkan semua orang secara langsung dan realtimeGame tersebut memiliki judul Battle of Guardians.

Battle of Guardians (BOG) adalah game pertarungan NFT multipemain yang real-time, yang dikembangkan di Unreal Engine dan dibangun di jaringan Solana dan berbasis Web3. Pemain terlibat dalam pertempuran multi bidang yang sengit dan menegangkan di dunia game yang luas. Game ini dikembangkan untuk permainan di PC, dengan iOS dan Android yang sedang dalam proses pengembangan dengan multipemain lintas platform nantinya.

Latar belakang dari game ini sendiri cukup menarik. Ada 3 faksi yang akan bertarung pada game fighting ini, yaitu Guardians, Manusia, dan Demons. Nantinya game ini akan memiliki lebih dari 40 karakter yang bisa dimainkan secara gratis.

Co-founder Battle of Guardians, Alexander Lim menyampaikan pesan khusus, "Cita-cita besar kami menjadikan Battle of Guardians sebagai franchise game yang sustainable, yang akan memimpin industri game NFT Fighting di mana pengembang, investor, dan seluruh pemain dapat berkontribusi bersama untuk mengeksplorasi peluang tanpa akhir dalam dunia metaverse game fighting."

Karakter dari game ini sendiri terinspirasi dari beberapa karakter yang sudah ada di Indonesia. Misalkan saja karakter bernama Mata yang memiliki desain seperti karakter utama sinetron kerajaan yang ada pada TV. Selain itu ada pula karakter bernama Kinga yang terinspirasi dari maskot Prabu Siliwangi. Dan karakter Sofia yang terinspirasi dari Nyi Roro Kidul.

Game ini merupakan permainan satu lawan satu di mana pemain berada dalam pertempuran yang konstan untuk mengalahkan para pemain lain, dan meraih reward. Tidak ada rekan tim untuk berkoordinasi dan tidak ada suara dalam sistem. Di dunia game ini, hanya ada seorang petarung dan lawannya.

Keterampilan pemain akan menentukan siapa yang menjadi predator dan siapa yang menjadi mangsa. Ini adalah lingkungan yang seimbang namun kompetitif. Battle of Guardians merupakan game play-to-earn yang memiliki aspek "bermain" seimbang dan juga membuat "penghasilan" para pemainnya.

Game ini sendiri sudah bisa di-download pada Itch.io. Versi yang bisa diunduh saat ini adalah sebesar 2,8 GB. Setelah di-extract akan menjadi sebesar 5,72 GB. Jadi, siapkan ruang penyimpanan internal Anda untuk bermain game ini.

Mencoba BoG

Terus terang, saya adalah pecinta game fighting 2D. Oleh karena genre yang dibawa oleh BoG ini cukup mirip dengan kebanyakan game fighting tersebut, saya langsung tertarik untuk mencobanya pada saat acara peluncuran yang diadakan pada Kemang Icon pada tanggal 22 September 2022 tersebut.

Dari sisi grafisnya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa game ini memiliki desain karakter dan stage yang apik. Saya tidak sabar ingin melihat semua karakter saat sudah terbuka nantinya. Detail gambar setiap karakter memang terlihat sangat bagus. Apalagi, banyak karakter yang didesain menurut karakter Indonesia yang membuat saya merasa lebih excited.

Namun memang, BoG masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dirampungkan. Hal pertama tentu saja adalah animasi dan frame pada saat bermain. Game ini membutuhkan penyelesaian animasi jika ingin bergerak seperti memukul atau menendang. Jadi, saat sedang memukul lawan kita harus menunggu agar animasi tersebut selesai dengan waktu yang cukup lama... no combo...

Yang kedua, game ini belum memiliki special move. Anda belum akan menemukan karakter dengan jurus bola api atau uppercut pada saat ini. Game ini masih mengandalkan adu jotos dengan pukulan dan tendangan. Untungnya, BoG sudah memiliki Ultimate Move yang bisa mengurangi banyak HP (healthpoint) musuh.

Yang ketiga adalah hit box yang harus dibenahi. Terus terang saja pada saat mencoba, saya beberapa kali terkena pukulan pada saat melompat. Pukulan tersebut bukanlah sebuah pukulan atas, melainkan pukulan dengan menekan tombol bawah + pukul. Selain itu beberapa kali tendangan yang dilakukan tidak ter-register sehingga tidak kena, padahal secara visual mengenai anggota tubuh lawan.

Terakhir adalah bug. Beberapa kali pada saat mencoba bermain, kontrol game ini langsung freeze tanpa bisa bergerak. Alhasil, walaupun game tidak hang, membutuhkan task manager untuk mem-force close permainan dan mengulanginya. Semoga saja bug ini bisa diselesaikan dengan cepat.