15 Rekomendasi Game Terbaik buat Para Pecinta Anime

Hybrid memiliki beberapa rekomendasi game anime-style terbaik, dari berbagai genre dan platform.

Anime dan game merupakan dua industri hiburan yang memang sangat diminati dalam beberapa dekade terakhir. Keduanya sama-sama memanfaatkan audio & visual, untuk menyampaikan sebuah cerita kepada audiens mereka masing-masing.

Anime didefinisikan sebagai sebuah animasi asal Jepang yang memiliki ciri khas tersendiri. Bagi mereka yang sering menonton serial Anime, pasti bisa membedakan antara Anime dan kartun. Jika Anda gemar menonton Anime dan suka bermain game, terdapat banyak game yang sengaja mengambil tema Anime, untuk memikat pemain.

Berikut ini rekomendasi 15 anime-stylegame terbaik versi Hybrid:

1. Genshin Impact

Genshin Impact merupakan sebuah action-adventure RPG yang mengambil tema dunia open-world fantasi yang luas. Game yang terinspirasi dari The Legend of Zelda: Breath of the Wild ini merupakan salah satu game RPG yang memiliki popularitas yang sangat tinggi dari berbagai penjuru dunia.

Para pemain Genhsin Impact akan dimanjakan dengan pengalaman bertualang yang seru, musik yang berkesan, alur cerita yang kompleks, serta cara bertarung yang unik, yang menggunakan reaksi berbagai elemen. Game ini bahkan sempat menyabet penghargaan di The Game Award 2021 sebagai The Best Mobile Game

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, PlayStation 4 & 5, mobile.

Harga: Gratis.

2. Tower of Fantasy

Tower of Fantasy adalah action-adventure MMORPG yang memiliki sebuah dunia open-world futuristik. Game ini akan memberikan pemain sebuah petualangan dan pertarungan yang seru. Salah satu fitur andalan Tower of Fantasy adalah kebebasan pemain untuk melakukan kostumisasi penampilan karakter mereka masing-masing. Opsi yang diberikan pun sangatlah banyak, sampai-sampai pemain bisa merias karakter mereka menyerupai karakter dari franchise game lain.

Sempat digadang-gadang sebagai pesaing berat Genshin Impact, sayangnya Tower of Fantasy hanya dirilis untuk Tiongkok saja. Namun jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa mencarinya di Tap Tap. Sampai saat berita ini ditulis, belum ada konfirmasi mengenai perilisan global game ini.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, konsol, dan mobile.

Harga: Gratis.

3. Tales of Arise

Sebagai game terbaru untuk franchise Tales, Tales of Arise merupakan salah satu yang terbaik di franchise-nya. Di game garapan Bandai Namco ini, pemain akan menyaksikan dua tokoh protagonis, yaitu Alphen dan Shionne, yang lahir di dunia yang berbeda, namun keduanya berusaha untuk mengubah takdir dan menciptakan masa depan mereka yang baru.

Terlepas dari penundaan tanggal rilisnya, game ini menuai kesuksesan yang besar. Bahkan game ini berhasil terjual lebih dari satu juta kopi, hanya dalam kurun waktu seminggu setelah rilis. Ditambah lagi, Tales of Arise juga berhasil memenangkan penghargaan di The Game Awards 2021 sebagai The Best RPG.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, PlayStation 4 & 5, Xbox One & Xbox Series X | S.

Harga: Rp589 ribu via Steam.

4. Ni no Kuni II: Revenant Kingdom

Ni no Kuni II: Revenant Kingdoms merupakan sebuah open-worldaction JRPG, yang memiliki visual yang sangat khas, serta gameplay yang unik. Walaupun ber-genre RPG, namun game ini memiliki sedikit twist, yaitu building simulator dengan membangun kerajaan. Mulai dari mendirikan bangunan, menghasilkan sumber daya, menugaskan berbagai karakter, dan mengatur strategi dan taktik.

Membangun kerajaan di game ini bukanlah sebuah fitur tambahan, melainkan salah satu gameplay inti, yang dapat dicicil melalui pengerjaan sebuah Quest, yang merupakan ciri khas sebuah game RPG. Ni no Kuni 2 ini juga memiliki cerita yang sangat bagus, yang tak kalah seru dibandingkan hanya dengan menonton Anime saja.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, PlayStation 4, Nintendo Switch.

Harga: Rp680 ribu via Steam.

5. Dragon Quest XI: Echoes Of An Elusive Age

Game garapan Square Enix ini merupakan salah satu yang terbaik di franchise-nya. Walaupun game ini merupakan seri yang ke-11 di franchise Dragon Quest, namun Square Enix menjanjikan pengalaman bermain yang fresh, dengan berbagai karakter baru, di sebuah dunia yang indah. Awalnya game ini direncanakan sebagai game open-world, namun dikarenakan kesinambungan cerita yang tidak sesuai, Square Enix akhirnya mengurungkan niatnya tersebut.

Dengan mengambil tema single-player RPG, game ini memiliki mekanik pertarungan turn-based, serta dapat dimainkan secara 2D ataupun 3D. Dragon Quest 11 ini juga menawarkan sebuah cerita yang bagus dan mendalam, yang melibatkan berbagai karakter unik, yang akan menemani perjalanan pemain.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, PlayStation 4, Nintendo 3DS, Nintendo Switch, Xbox One, Google Stadia.

Harga: Rp579 ribu via Steam.

6. Persona 5 Royal

Persona merupakan salah satu franchise terkenal di dunia video game, yang sudah diakui oleh banyak pihak. Saking khasnya visual sebuah game Persona, bahkan orang yang belum pernah bermain pun tahu artstyle mereka ini.

Persona 5 Royal dirilis pada tanggal 31 Oktober 2019. Game ber-genre JRPG ini akan memberikan pengalaman bermain yang sangat unik dan spesial. Game ini cocok bagi Anda yang suka dengan cerita yang kompleks, karakterisasi yang bervariasi, dan ditambah dengan sistem pertarungan yang unik serta cutscene yang apik.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PlayStation 4.

Harga: USD60 (sekitar Rp860 ribu).

7. NieR:Automata

Walau memiliki tokoh protagonis yang terlihat lugu, namun jangan terkecoh dengan isi dari game ini. Banyak adegan yang cukup brutal di game dengan kombinasi antara RPG dan pertarungan hack-and-slash. NieR: Automata memiliki narasi yang cukup berat dan gelap, namun dibalut dengan penyampaian yang rapi.

Game ini menuai berbagai ulasan positif, baik dari segi cerita, musik, sampai gameplay. Game ini bahkan sempat menjadi salah satu nominasi untuk Game of the Year pada Game Developers Choice Awards di tahun 2018.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PlayStation 4, Xbox One, PC.

Harga: Rp579 ribu via Steam.

8. Guilty Gear -Strive-

Berbeda dengan game lain di daftar rekomendasi ini, Guilty Gear -Strive- merupakan game fighting, dengan visual Hybrid antara 2D dan 3D. Salah satu daya tarik darik sekaligus yang menjadikan game ini berbeda dengan game fighting lainnya adalah dengan adanya cutscene pendek bergaya Anime saat sebuah karakter akan melakukan jurus tertentu.

Arc System Works sebagai Developer menjanjikan sebuah pengalaman bermain yang mudah dimengerti bagi para pemula di genre ini, namun juga memuaskan bagi para veteran game fighting. Dengan berbagai kombinasi serangan yang bervariasi, game ini juga dibalut dengan musik yang upbeat, pertarungan yang intens, serta cerita yang menarik.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, PlayStation 4 & 5.

Harga: Rp749 ribu via Steam.

9. Atelier Ryza: Ever Darkness & the Secret Hideout

Rekomendasi selanjutnya adalah salah satu game dari franchise Atalier, yaitu Atelier Ryza: Ever Darkness & the Secret Hideout. Game dari KOEI TECMO GAMES ini menganut genre JRPG single-player, dengan variasi fitur sampingan lainnya.

Pemain akan berperan sebagai seorang gadis biasa yang bernama Ryza. Karena bosan dengan kehidupannya di desa, ia akhirnya lari meninggalkan desa, untuk berkumpul bersama dengan teman-temannya di sebuah lokasi rahasia, untuk membincangkan mimpi-mimpi mereka, serta merencanakan sebuah petualangan yang hebat.

Sampai suatu saat, Ryza yang sudah memiliki tekad bulat, memutuskan untuk pergi bersama dengan teman-temannya ke suatu pulau terlarang, sebagai petualangan perdana mereka. Ditemani dengan seorang ahli alkemi dan teman lainnya yang ditemui di pulau tersebut, Ryza mengalami sebuah petualangan musim panas yang tak terlupakan.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, Nintendo Switch, PlayStation 4.

Harga: Rp871 ribu via Steam.

10. Astral Chain

Astral Chain merupakan sebuah game action adventure hack-and slash, yang dikembangkan oleh PlatinumGames dan dipublikasikan oleh Nintendo Switch. Game yang dirilis pada tahun 2019 ini memiliki cerita yang cukup mengundang intrik dan kompleks.

Untuk memastikan kualitas dari game ini, Nintendo bahkan menjadikan Takahisa Taura sebagai director. Takahisa sebelumnya terlibat di pembuatan Nier: Automata, sebagai Lead Game Designer. Game ini merupakan game eksklusif Nintendo Switch, namun tidak menutup kemungkinan, bahwa game ini bakal dirilis di platform lain.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: Nintendo Switch.

Harga: USD55 (sekitar Rp780 ribu).

11. Ys VIII: Lacrimosa of Dana

Sebuah game karya Falcom, yang sangat kental dengan unsur Anime, baik secara gameplay maupun cerita. Walaupun genre yang dianut adalah JRPG, namun Ys VIII: Lacrimosa of Dana menawarkan Objektif yang berbeda, yaitu dengan memasukkan unsur survival.

Pemain akan berperan sebagai Adol Christin, yang terbangun di suatu pulau. Setelah menyadari apa yang terjadi, Adol mengalami karam kapal dan terdampar di sebuah pulau terkutuk. Di pulau itu, Adol beserta penyintas lainnya, harus bertahan hidup dari banyak hewan buas. Ia juga menemukan sebuah reruntuhan misterius saat berkeliling pulau.

Di tengah-tengah situasi tersebut, Adol kerap kali bermimpi didatangi oleh seorang gadis berambut biru yang misterius, yang mengaku berasal dari dunia antah berantah. Siapakah gadis itu?

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, mobile, PlayStation 4, PlayStation Vita, Nintendo Switch, Google Stadia.

Harga: Rp389 ribu via Steam.

12. Gran saga

Gran Saga merupakan game MMORPG mobile, yang dikembangkan oleh Developer asal Korea, yaitu NPIXEL. Mirip seperti Genshin Impact, game ini memiliki fitur Cross-play antara mobile dan PC.

Sayangnya, Gran Saga untuk saat ini hanya bisa dimainkan untuk negara Korea dan Jepang. Jika Anda tertarik untuk bermain game ini, Anda bisa menggunakan VPN. Namun menurut rumor yang beredar, Gran Saga dikabarkan bakal rilis suatu waktu di tahun 2022 ini untuk versi globalnya.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PC, mobile.

Harga: Gratis.

13. Phantasy Star Online 2 New Genesis

Game ini awalnya memiliki perilisan yang kurang mulus, karena banyaknya masalah yang terjadi, baik secara teknis, maupun konten end-game yang sangat kurang. Namun karena SEGA sebagai pihak pengembang, terus menerus mendengarkan masukan serta memperbaiki game mereka, Phantasy Star Online 2 New Genesis merupakan salah satu game yang bisa bersaing di genre MMORPG.

Sama seperti game MMORPG kebanyakan, game ini juga memiliki fitur kostumisasi karakter yang cukup lengkap. Pemain juga dapat bertualang di sebuah dunia futuristik, dan bisa memuat hingga 32 pemain di waktu yang sama.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, Xbox Series X|S, PC, mobile, PlayStation Vita.

Harga: Gratis.

14. Pokémon Legends: Arceus

Game Pokemon satu ini merupakan salah satu yang paling unik di franchise-nya. Pokémon Legends: Arceus menjadi salah satu game Pokemon revolusioner, yang mencoba beberapa fitur baru, yang tidak dimiliki oleh pendahulunya, seperti cara bertemu dan bertarung melawan Pokemon liar.

Game ini cocok buat Anda, jika Anda suka mengkoleksi berbagai Pokemon yang unik dan menarik. Pokémon Legends: Arceus cocok untuk dimainkan, sembari menunggu game terbaru Pokemon, yaitu Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: Nintendo Switch.

Harga: USD60 (sekitar Rp860 ribu).

15.Yu-Gi-Oh! Master Duel

Yu-Gi-Oh! Master Duel merupakan rekomendasi game yang tergolong masih sangat baru. Game ini dirilis pertama kali pada tanggal 19 Januari 2022, namun langsung memikat para Duelist, yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Dengan campur tangan Konami langsung, Yu-Gi-Oh! Master Duel langsung memiliki pilihan kartu lebih dari 10 ribu kartu. Pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan pendahulunya, Yu-Gi-Oh! Duel Links. Bagi Anda yang suka dengan trading card game, atau familiar dengan seri legendaris Yu-Gi-Oh!, tidak ada salahnya mencoba game yang bisa dimainkan secara gratis ini.

Untuk informasi lengkapnya, Anda bisa periksa di sini.

Platform: PlayStation 4 & 5, Nintendo Switch, mobile, Xbox One, Xbox Series X|S, PC.

Harga: Gratis.