22 February 2023

by Glenn Kaonang

Gadget Champions 2022: Acer Aspire 5 Slim Raih Gelar Best for Student

Acer Aspire 5 Slim adalah laptop terbaik yang bisa didapatkan para pelajar tahun ini. Berikut 5 alasannya

Banyak orang berpendapat bahwa para pelajar harus mendapatkan porsi belajar, berkreasi, dan bermain yang seimbang. Di era modern seperti sekarang, ketiga aktivitas tersebut sering kali tidak luput dari sentuhan teknologi, dan itulah mengapa rutinitas harian seorang pelajar akan jadi lebih dimudahkan ketika didukung oleh gadget yang tepat.

Salah satu gadget paling esensial buat para pelajar generasi sekarang adalah laptop. Dengan begitu banyaknya laptop yang beredar di pasaran, sebagian konsumen mungkin akan mengalami kesulitan dalam memilih. Di sinilah ajang Gadget Champions 2022 mencoba untuk membantu. Ajang penghargaan tahunan ini kami hadirkan untuk membantu konsumen memilih perangkat yang paling pas buat kebutuhannya.

Dalam konteks ini, yang menjadi sorotan adalah laptop buat para pelajar. Pilihan kami jatuh pada Acer Aspire 5 Slim (A514-55G-53SH). Berikut 5 alasan mengapa laptop ini layak menjadi pemenang Gadget Champions 2022 untuk kategori "Best for Student".

1. Value for money yang luar biasa

Di pasar Indonesia, Acer Aspire 5 Slim (A514-55G-53SH) memiliki harga jual resmi Rp11.279.000. Sepintas kedengarannya cukup mahal, tapi tidak demikian jika kita meninjau spesifikasinya secara menyeluruh, yang ternyata mencakup prosesor Intel Core generasi ke-12 dan sebuah kartu grafis diskret besutan NVIDIA.

Pada kenyataannya, Acer Aspire 5 Slim merupakan salah satu laptop dengan kombinasi prosesor Intel generasi ke-12 dan kartu grafis diskret paling terjangkau yang ada di pasaran saat ini. Buat para pelajar yang kebutuhannya berpusat pada kegiatan belajar, berkreasi, dan bermain, value for money yang ditawarkan laptop ini benar-benar sangat baik.

2. Performa kelas laptop kreator konten

Model Acer Aspire 5 Slim yang kita bahas di sini hadir membawa prosesor Intel Core i5-1235U, dengan total 10 core (2P Core + 8E Core) dan 12 thread, serta kecepatan maksimum 4,4 GHz. Dipadukan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce MX550, performa yang dihasilkan pada dasarnya sudah masuk kelas laptop yang ditujukan untuk para kreator konten.

Dibuat dengan arsitektur NVIDIA Turing dan kecepatan memori yang lebih baik dari sebelumnya, GeForce MX550 memberikan kemampuan editing foto dan video, serta gaming yang lebih cepat, apalagi jika dibandingkan dengan integrated graphics generasi terbaru sekalipun. Kemampuannya turut didukung teknologi NVIDIA Optimus yang memberikan keseimbangan antara daya tahan baterai yang lama dan kinerja yang optimal.

3. RAM dan SSD upgradeable

Melengkapi dapur pacu Aspire 5 Slim adalah RAM DDR4 berkapasitas 8 GB dan SSD NVMe 512 GB. Istimewanya, kedua komponen ini dapat diekspansi menjadi lebih besar lagi. Untuk RAM-nya, pengguna bisa menambahkan modul lain dengan kapasitas 4 GB, 8 GB, atau 16 GB, memberikan total kapasitas RAM maksimum sebesar 24 GB. Sementara untuk penyimpanannya, ada satu slot SATA yang menanti untuk diisi dengan SSD atau HDD kapan pun pengguna membutuhkannya.

Buat para pelajar, sisi upgradeability ini cukup penting karena laptop pada dasarnya merupakan investasi jangka panjang bagi mereka. Jadi setelah menggunakan perangkat selama beberapa saat dan penyimpanannya sudah mulai penuh, mereka hanya perlu membeli SSD atau HDD baru dan memasangkannya ke perangkat. Begitu juga halnya dengan RAM. Andai kata 8 GB dirasa kurang, masih ada satu slot lain yang dapat diisi.

4. Layar IPS dan konektivitas melimpah

Acer Aspire 5 Slim mengemas layar 14 inci dengan panel IPS beresolusi Full HD dalam dimensi yang relatif ringkas. Terlepas dari itu, konektivitas yang dihadirkan tetap cukup melimpah, termasuk halnya port HDMI dan Thunderbolt 4 untuk kemudahan menyambungkan perangkat ke layar eksternal, semisal ketika hendak mempresentasikan sesuatu di depan kelas.

Juga tidak kalah krusial bagi para pelajar adalah kehadiran Wi-Fi 6E yang lebih kencang sekaligus lebih stabil ketimbang generasi sebelumnya. Di era seperti sekarang, koneksi internet yang cepat sekaligus stabil ibarat infrastruktur penunjang yang harus selalu ada, dan kehadiran chip Wi-Fi generasi terbaru setidaknya bisa mempermudah para pelajar mewujudkan hal tersebut.

5. Langsung siap digunakan usai unboxing

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, laptop ini memiliki value for money yang sangat baik. Namun ternyata Acer masih punya cara untuk semakin memperkuat aspek tersebut, yakni dengan menyertakan bundel perangkat lunak atau software secara cuma-cuma.

Jadi selain sudah terisi dengan sistem operasi Windows 11 Home, Acer Aspire 5 Slim juga sudah dibekali dengan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2021. Itu artinya perangkat ini siap dipakai mengerjakan tugas sesaat setelah selesai unboxing, dan kepraktisan semacam itu tentunya dapat menjadi nilai plus bagi para pelajar yang mungkin sehari-harinya selalu sibuk dengan berbagai macam kegiatan.