Esports Ecosystem

FunPlus Phoenix Akuisisi Roster VALORANT di Region Eropa

12 Aug 2020 | Narendra Soejoedi
Di tengah situasi pandemi, organisasi esports asal Tiongkok melakukan akuisisi tim VALORANT dan berekspansi ke region Eropa

Organisasi esports asal Tiongkok, FunPlus Phoenix, secara resmi memperkenalkan deretan roster VALORANT mereka. Dalam sebuah pengumuman yang dirilis di lini masa mereka, tim FPX menyatakan telah merekrut satu tim VALORANT berisikan 5 roster sekaligus.

Sebagai debutnya, tim VALORANT yang membawa bendera FPX akan berlaga di gelaran turnamen IGNITION SERIES yang dihelat oleh Allied Esports. Di beberapa waktu sebelumnya tim yang sekarang menjadi bagian dari organisasi esports FPX bersama dengan organisasi esports asal Turki, BBL Esports, mengamankan masing-masing 1 slot fase grup dengan menyisihkan beberapa tim lainnya di fase kualifikasi.

Dengan berlaga di fase grup, tim FPX akan berhadapan dengan tim-tim dengan predikat powerhouse di skena kompetitif game FPS di region Eropa seperti G2 Esports, Team Liquid yang sebelumnya mengakuisisi seluruh roster tim Fish 123,  dan tim Ninjas in Pyjamas.

Adapaun di gelaran turnamen disiplin game League of Legends tim FPX tampil unggul dan membuat namanya diingat oleh tim-tim dari region Eropa. Doinb bersama rekan-rekannya di tim FPX menaklukkan gelaran turnamen League of Legends World Championship dengan menundukkan tim G2 Esports dan merebut gelar juara dunia.

Sedangkan dengan roster yang terdiri dari campuran pemain berkebangsaan Swedia, Ukraina dan Rusia, hal ini juga mendatangkan komentar dan respon dari komunitas gamers internasional. Langkah organisasi esports FPX mengambil roster dari region Eropa bisa saja menandakan rencana ekspansi FunPlus Phoenix untuk menjadi organissasi esports bertaraf global. Pertemuan antara tim FPX dan tim G2 Esports diperkirakan akan mengulang kembali rivalitas kedua tim seperti pada disiplin game League of Legends.

Berikut adalah jajaran roster VALORANT dari tim FunPlus Phoenix;

  • Pontus “Zyppan” Eek,
  • Andrey “Shao” Kiprsky,
  • Kirill “ANGE1” Karasiow,
  • Johan “Meddo” Renbjörk
  • Tobias “shadow” Flodström
  • Erik “d00mbr0s” Sandgren (coach)

Lebih jauh lagi, selain Zyppan, seluruh roster VALORANT tim FPX adalah pemain veteran pada disiplin game CS:GO. Di matchday pertama di tanggal 11 Agustus 2020 kemarin, tim FPX tampil menghadapi Team Liquid dan berakhir imbang. Setidaknya hasil kemarin bisa memberikan sedikit gambaran akan potensi yang menjanjikan dari tim FPX di skena kompetitif region Eropa.