5 July 2022

by Glenn Kaonang

Fokus Kembalikan Reputasi, Axie Infinity Luncurkan Fitur Land Staking

Land Staking memungkinkan pemain untuk menyimpan dan mengunci aset Land guna mendapatkan imbalan dalam bentuk token AXS

Popularitas Axie Infinity sudah tidak seheboh tahun lalu, apalagi mengingat game play-to-earn (P2E) tersebut sempat jadi korban insiden peretasan di bulan Maret yang mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta dolar. Buntut perkaranya, Sky Mavis (pengembang Axie Infinity) terpaksa harus menutup sementara Ronin Bridge, layanan untuk memindah-mindah aset di antara blockchain Ethereum dan Ronin, yang kala itu berhasil dieksploitasi celahnya oleh hacker.

Ronin Bridge belum lama ini sudah resmi beroperasi kembali, dan Sky Mavis pun telah mengganti rugi semua pengguna yang menjadi korban peretasan. Namun Sky Mavis masih punya taktik lain untuk membantu 'memulihkan' reputasi Axie Infinity, yakni sebuah fitur baru yang bernama Land Staking.

Sesuai namanya, Land Staking memungkinkan para pemain Axie Infinity untuk menyimpan dan mengunci aset Land-nya masing-masing guna mendapatkan imbalan dalam bentuk governance token AXS. Secara total, ada 11.194,62 token AXS yang bakal dihadiahkan setiap harinya, namun besaran upah yang diterima masing-masing pemain bakal bergantung pada tingkat rarity dari aset Land yang dikuncinya.

Untuk aset Land dengan tingkat rarity terendah yang bernama Savannah, pemain bisa mendapatkan upah sebesar 0,08 AXS per lahan per harinya. Sementara untuk aset yang paling langka yang masuk tier Genesis, pemain bisa mendapatkan upah sebesar 32,7 AXS per lahan per hari. Dalam setiap transaksi, pemain bisa melakukan staking hingga 30 lahan yang berbeda.

Tidak seperti aset Axie, aset Land di Axie Infinity sejauh ini memang belum punya peran yang kuat dalam hal gameplay. Kendati demikian, Sky Mavis sendiri sebenarnya tengah mengembangkan semacam mini-game bernama Project K yang akan menjadikan aset Land sebagai kunci dari mekanisme gameplay-nya, mirip seperti yang dilakukan oleh game NFT lain berjudul Illuvium.

Saat Project K ini sudah dirilis nantinya, atau saat sudah ada gameplay dalam bentuk apapun yang disiapkan untuk aset Land, upah yang diterima dari fitur Land Staking akan diberikan melalui gameplay aktif demi meningkatkan engagement pemain. Sekali lagi, harapannya tentu adalah untuk meningkatkan kembali reputasi Axie Infinity yang jatuh belakangan ini.

Sumber: NFT Plazas dan Sky Mavis.